WASPADA TERHADAP GEJALA PERCOBAAN BUNUH DIRI

Pada pertengahan bulan Oktober 2021 Bangka digemparkan oleh peristiwa  bunuh diri yang dilakukan oleh Calon Bintara Polri Polda di sebuah pondok di kebun milik orang tuanya. Kasus ini diduga terjadi karena depresi, dipicu oleh kisah asmara. Bunuh diri termasuk 10 penyebab kematian di setiap negara. Indonesia menduduki peringkat 159 di dunia dalam angka kejadian bunuh diri sekitar 3,7 %. Lebih dari 800.000 orang meninggal karena bunuh diri setiap tahun.

Bunuh diri merupakan tindakan seseorang untuk mengakhiri hidupnya. Kondisi ini berkaitan erat dengan masalah kesehatan mental, seperti depresi, dan bisa terjadi pada siapa pun. Berikut tanda-tanda seseorang yang memiliki keinginan bunuh diri; menarik diri dari teman atau keluarga, merasa kehilangan harapan, membicarakan kematian, kehilangan minat pada aktivitas kegemarannya, mengalami perubahan mood ekstrem, menunjukan tanda-tanda kecemasan, mudah kesal pada hal-hal kecil. Lalu, apa yang harus kita lakukan saat orang terdekat menunjukan tanda-tanda bunuh diri? Berikut langkah-langkah yang bisa kita lakukan:

1. Jangan remehkan perasaan mereka. Meski kita merasa masalah yang mereka alami bukanlah hal besar, jangan menyepelekan apa yang mereka rasakan. Hal terpenting yang harus kita perhatikan adalah seberapa serius mereka memandang persoalan hidup yang dialami. Selain itu, dengarkan apa yang mereka katakan tanpa memberikan penilaian pribadi. Jangan sampai kita meremehkan pengalaman atau emosi mereka.

2. Anggap tindakan bunuh diri sebagai tangisan meminta bantuan Ketika seseorang mencoba bunuh diri, belum tentu mereka ingin mati. Sebaliknya, perilaku bunuh diri adalah indikator bahwa mereka menderita secara emosional tanpa mengetahui bagaimana cara menghadapinya. Itu sebabnya, mereka memandang bunuh diri sebagai satu-satunya jalan untuk mengakhiri penderitaan yang mereka hadapi. Hal yang harus kita lakukan adalah berusaha mendekati mereka dan yakinkan mereka jika Anda selalu ada untuk memberi bantuan.

3. Jadi pendengar yang baik Menceritakan apa yang kita rasakan bisa membantu melepaskan sebagian beban, termasuk mencegah keinginan bunuh diri. Oleh karena itu, sebisa mungkin kita harusbisa menjadi pendengar yang baik ketika dipercaya oleh orang lain sebagai tempat mereka untuk menceritakan permasalahan hidupnya. Menjadi pendengar yang baik tidak memerlukan keahlian khusus. Kita hanya perlu mendengarkan ceritanya tanpa membrikan penilaian pribadi. Cukup hadir dan tunjukkan bahwa kita peduli padanya sudah mampu menyelamatkan nyawa mereka yang berniat mengakhiri hidup

4. Dorong mereka untuk mendapatkan bantuan profesional Meski keinginan kasus bunuh diri bisa muncul secara tiba-tiba, kemungkinan besar pemicunya telah ada dalam waktu yang lama. Itu sebabnya, mendapatkan bantuan profesional dengan segera bisa menjadi langkah yang penting dalam mencegah bunuh diri. Hilangkan stigma seputar bunuh diri dan beri semangat orang-orang yang sedang berjuang dengan tekanan emosional untuk mendapatkan bantuan profesional.

Bunuh diri merupakan tindakan seseorang untuk mengakhiri hidupnya. Oleh karena itu kita perlu mengenal dan mencegah kejadian bunuh diri. Selanjutnya peningkatan deteksi, rujukan dan pengelolaan gangguan mental dalam layanan kesehatan, merupakan langkah penting dalam pencegahan bunuh diri. Dalam hal ini adalah berkolaborasi dengan psikiater dan memastikan bahwa perawatan yang memadai dan tepat, telah diberikan oleh dokter umum ataupun dokter spesialis anak untuk pasien remaja. Cara terbaik untuk mencegah bunuh diri adalah dengan mengenali tanda-tandanya.

                                                

DAFTAR PUSTAKA

 

Irsad, Mohammad. 2020. Mengenal Perilaku Bunuh Diri. Diakses 23 November 2021 dari

https://rsjmenur.jatimprov.go.id

Wikan Indrarto, Wikan.2021. Bunuh Diri. Diakses 23 November 2021 dari https://www.bethesda.or.id  

Anggraini, Ariska Puspita. 2020. Hal yang Harus Dilakukan untuk Mencegah Tindakan Bunuh Diri. Diakses 26 November 2020 dari https://health.kompas.com

Penulis: 
Ns. Monalisa, AMK, S.Kep
Sumber: 
Perawat Rumah Sakit Jiwa Daerah

Artikel

13/01/2022 | Roesmala Dewi,AMK
29/12/2021 | Novariani, S.Si, Apt
29/12/2021 | Novariani, S.Si, Apt
30/06/2016 | Wieke Erina Ariestya, S.Kep.Ners
10/10/2018 | Emanuel Triwisnu Budi, AMK
02/02/2017 | Muhammad Isnaini.S.Kep

ArtikelPer Kategori