TETAP MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN PASCA VAKSIN

Beberapa kasus pada masyarakat yang sudah mendapatkan vaksin lengkap didapati masih terpapar covid-19. Banyak orang yang mempertanyakan keefektifan dari vaksin covid-19 yang sudah diberikan bagi masyarakat namun ternyata masih ada yang terpapar covid-19.  Banyak yang belum mengetahui vaksin ini bertujuan untuk mengurangi risiko infeksi virus corona dan mengurangi gejala perburukan dari gejala covid-19 serta bukan membuat tubuh kita kebal terhadap covid-19. Maka demi menjaga kesehatan tetap terjaga pasca dilakukannya vaksin adalah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dimanapun dan kapanpun kita berada. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dan kita lakukan setelah mendapatkan vaksin COVID-19 agar kesehatan tetap terjaga dengan baik, antara lain :

1. Memakai masker adalah tanda kekuatan

Menurut penelitian baru-baru ini, pria lebih mungkin terinfeksi daripada wanita karena banyak dari mereka percaya bahwa memakai masker itu tidak keren dan tanda kelemahan. Namun, ilmuwan riset terkemuka di University of San Francisco dan Jeremy Howard menegaskan bahwa memakai masker justru menunjukkan tanda kekuatan. "Karena dibutuhkan kekuatan untuk melakukan sesuatu yang canggung dan tidak nyaman untuk melindungi pekerjaan, melindungi ekonomi, dan melindungi kehidupan kita," lanjut dia. Jadi, hanya orang lemah saja yang terlalu takut untuk melakukan sesuatu yang baru atau berbeda, termasuk memakai masker

2. Mencuci Tangan

Rutin mencuci tangan hingga bersih adalah salah satu bentuk dari protokol kesehatan yang cukup efektif untuk mencegah penularan virus corona. Untuk hasil yang maksimal, kita disarankan untuk mencuci tangan setidaknya selama 20 detik beberapa kali sehari sebelum dan sehabis melakukan kegiatan.

3. Menjaga jarak

Minimal 1 meter dengan orang lain untuk menghindari terkena droplets dari orang yang bicara, batuk, atau bersin, serta menghindari kerumunan, keramaian, dan berdesakan. Bila tidak memungkinkan melakukan jaga jarak, maka dapat dilakukan berbagai rekayasa administrasi dan teknis lainnya.

4. Menjauhi Kerumunan

Menjauhi kerumunan merupakan protokol kesehatan yang juga harus dilakukan. Menurut Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes), masyarakat diminta untuk menjauhi kerumunan saat berada di luar rumah. Ingat, semakin banyak dan sering kamu bertemu orang, maka kemungkinan terinfeksi virus corona pun semakin tinggi.

5. Mengurangi Mobilitas

Virus penyebab corona bisa berada di mana saja. Jadi, semakin banyak dirimu menghabiskan waktu di luar rumah, maka semakin tinggi pula terpapar virus jahat ini. Oleh karena itu, bila tidak ada keperluan yang mendesak, tetaplah berada di rumah. Menurut Kemenkes, meski sehat dan tidak ada gejala penyakit, belum tentu dirimu pulang ke rumah dengan keadaan yang masih sama. Pasalnya, virus corona dapat menyebar dan menginfeksi seseorang dengan cepat.

6. Monitor Kondisi Kesehatan

Penting untuk mengetahui apa saja efek samping vaksin dan kapan harus mewaspadai gejala yang muncul. Meski normal terjadi, efek samping dan gejala yang muncul tetap harus kamu monitor. Jika kamu alami demam, kamu bisa mengonsumsi obat penurun demam yang diresepkan dokter

7. Bagikan Pengalaman

Mendapatkan vaksin COVID-19 bisa menjadi momen besar dan sangat melegakan. Oleh karena itu, nikmati dan syukuri momen ini. Selain itu, bicaralah dengan orang lain tentang pengalaman kamu. Dorong orang lain untuk mau melakukan vaksinasi dan bicarakan prosesnya dan bagaimana perasaan kamu setelahnya Tampaknya keinginan pemerintah Indonesia dalam membentuk kekebalan kelompok tidak akan terjadi dalam waktu dekat. Oleh karena itu, jangan menganggap dirimu sudah kebal virus corona setelah mendapatkan vaksin. Jadi, tetap patuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan rajin mencuci tangan.

 

DAFTAR PUSTAKA

  1. Flora, Maria. 2021. Diunduh 05 2021. Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19. https://www.liputan6.com/news/read/4680438/update-minggu-10-oktober-2021-4227932-positif-covid-19-sembuh-4060851-meninggal-142651
  2. Makarim, Fadli Rizal. 2021. Diunduh 06 Oktober 2021 . Apa yang Perlu Diperhatikan setelah Mendapatkan Vaksin COVID-19? . https://www.halodoc.com/artikel/apa-yang-perlu-diperhatikan-setelah-mendapatkan-vaksin-covid-19.
  3. Pratiwi, Ryan Sara. 2021. Diunduh 06 Oktober 2021.  "Terbukti, Manfaat Pakai Masker Saat Muncul Covid-19 Varian Baru”. https://lifestyle.kompas.com/read/2021/07/21/174244220/terbukti-manfaat-pakai-masker-saat-muncul-covid-19-varian-baru?page=all.
Penulis: 
Ns. Restha Firanda, S.Kep
Sumber: 
Perawat Rumah Sakit Jiwa Daerah

Artikel

27/11/2021 | Ns. Monalisa, AMK, S.Kep
27/11/2021 | Septia lianti, S.Kep, Ners
27/11/2021 | Tri Nurul Hidayati, S.Kep
27/11/2021 | Boifrida Butar-Butar, S.Kep,Ners
27/11/2021 | Ns.Kristianus Triaspodo, M.Kep, Sp.Kep.J
30/06/2016 | Wieke Erina Ariestya, S.Kep.Ners
10/10/2018 | Emanuel Triwisnu Budi, AMK
02/02/2017 | Muhammad Isnaini.S.Kep

ArtikelPer Kategori