PERAN PERAWAT DIMASA PANDEMI COVID-19

Dimasa pandemi sekarang ini, perawat memiliki peranan penting dalam mewujudkan derajat kesehatan yaitu baik yang sehat ataupun sakit. Perawat merupakan tenaga kesehatan yang berada paling terdepan pada saat pandemi covid-19 sekarang ini. Menurut WHO (World Health Organization) perawat merupakan tulang punggung di fasilitas pelayanan karena proporsi jumlah yang lebih banyak dibandingkan tenaga kesehatan lainnya. Banyak masyarakat yang masih berstigma negatif terhadap pandemi covid-19 saat ini,

dimana apabila ada pasien yang terkonfirmasi positif covid-19 masyarakat menolak untuk disebut bahwa dia terkonfirmasi covid-19 dan belum lagi diskriminasi dari masyarakat pada saat pasien sembuh terjadi banyak penolakan, maka kondisi seperti ini menjadi salah satu peran perawat dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan pasien khususnya. Sehingga saat ini peran perawat menjadi lebih luas pada aspek peningkatan kesehatan, pencegahan penyakit serta memandang klien secara komprehensif (Nurochmah, 2019).

Peran dan fungsi perawat menurut Berman et al (2016) adalah sebagai pemberi asuhan, komunikator, pendidik, advokat klien, konselor, agen pengubah, pemimpin, manajer, manajer kasus, serta konsumen penelitian dan pengembangan karier. Maka dari itu peran perawat dimasa pandemi sekarang ini sangat benar-benar dibutuhkan, salah satunya yaitu sebagai caregiver yang merupakan peran utama dimana perawat akan terlibat aktif secara 24 jam dalam memberikan asuhan keperawatan di layanan klinis seperti rumah sakit, kemudian juga sebagai edukator dimana berperan sebagai pendidik yang memberikan edukasi pada pasien, keluarga dan masyarakat.

Perawat berperan dalam memperkuat pemahaman masyarakat terkait dengan apa dan bagaimana covid-19, pencegahan dan penularan serta bagaimana meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang tanda dan gejala covid-19. Sehingga masyarakat menjadi waspada dan menerapkan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) dan tidak panik. Selain peran diatas, perawat juga berperan sebagai advokat dimana perawat akan membantu mengurangi stigma bagi pasien dan keluarga yang terindikasi atau terkonfirmasi covid-19. Secara umum, perawat mempunyai peran yang sangat penting baik dari segi promotif, preventif dan pelayanan asuhan keperawatan dalam kondisi wabah covid-19. “Salam Sehat Selalu dan Jayalah Perawat Indonesia”

DAFTAR PUSTAKA

Http://Fikes.almaata.ac.id>peran-dan-tenaga-medis-di-masa-pandemi-covid-19 diakses pada tanggal 16 Maret 2021

Http: //unusa. Ac.id/pentingnya-peran-perawat-di-pandemi-covid-19 diakses pada tanggal 16 Maret 2021

Http://www.kompasiana.com>peran perawat sebagai pemberi askep diakses pada tanggal 16 Maret 2021

Penulis: 
Seftia Lianti,Amk
Sumber: 
Perawat Rumah Sakit Jiwa Daerah

Artikel

05/05/2021 | Ns. Sari Anggun Feby Royanti, S. Kep
03/05/2021 | Enser Rovido, S. Kep, Ners
03/05/2021 | Mita Octarina, M.Psi., Psikolog
30/06/2016 | Wieke Erina Ariestya, S.Kep.Ners
02/02/2017 | Muhammad Isnaini.S.Kep
10/10/2018 | Emanuel Triwisnu Budi, AMK

ArtikelPer Kategori