TUBUH SEHAT DENGAN POLA HIDUP SEDERHANA

Semua orang menginginkan dapat hidup sehat sepanjang umurnya,tapi usaha yang dilakukan untuk menjaga kesehatannya mungkin belum maksimal, atau mungkin juga karena pengetahuan tentang memelihara kesehatan belum sepenuhnya tau. Tidak sedikit juga orang yang sudah mengetahui cara memelihara kesehatan, namum belum mampu sepenuhnya melakukan atau menerapkannya dalam kehidupannya, hal ini dipengaruhi oleh gaya hidup yang tidak mendukung pola hidup sehat, gaya hidup modern yang kurang memperhatikan dampak jangka panjang bagi kesehatan.

Bahkan menurut penelitian, gaya hidup memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesehatan fisik dan mental manusia yang dapat menyebabkan berbagai penyakit, kecacatan, hingga kematian. Kehidupan di zaman modern ini sangat membuat keadaan tubuh manusia semakin merosot. Khususnya pada saat ini dimana banyak pekerja yang bekerja dari rumah. Bekerja dari rumah sepertinya tampak menyenangkan, namun ternyata dampak dibaliknya tidak semenyenangkan kelihatannya.

Bekerja dari rumah dapat menghabiskan waktu seharian, di depan layar computer, tanpa istirahat, makan tidak teratur, kekurangan cairan, dan tidak berolahraga. Gaya hidup seperti ini yang membuat kita rentan terhadap penyakit.

Kita harus merubah gaya hidup kita kearah yang lebih baik, hidup sehat bukan berarti mahal, karena pola hidup yang baik adalah pola hidup sehat sederhana, dimana ada delapan hal yang perlu diperhatikan dalam kehidupan sehar- hari, yaitu Nutrition (Nutrisi),  Exercise (olahraga), Water (air), Sunlight (sinar matahari), Temperance (bertarak), Air (udara), Rest (istirahat), dan Trust in God (percaya pada Tuhan). Pola ini biasa di sebut pola hidup sehat ala NEW START.

NUTRITION (Nutrisi)

Setiap makanan yang masuk kedalam tubuh kita akan memengaruhi bagaimana tubuh kita bekerja. Oleh sebabnya, penting bagi kita  untuk memerhatikan setiap makanan yang kita konsumsi setiap hari demi mewujudkan pola hidup sehat. Beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk menerapkan pola hidup sehat adalah menjaga asupan makanan sehat dengan diet dan nutrisi

Gizi seimbang, yang mencangkup karbohidrat, serat, protein, dan lemak baik. Jangan hanya bergantung dengan satu jenis makanan pokok saja. Anda bisa mengganti makanan pokok dengan jagung, mi, ubi, atau kentang. Jadi, tak harus nasi terus.

Nutrisi adalah zat dalam makanan yang dibutuhkan manusia untuk dapat tumbuh dan berkembang dengan baik sesuai dengan fungsinya. Nutrisi memiliki fungsi yaitu sebagai sumber energi, pendukung dan pengatur proses metabolisme, menjaga keseimbangan metabolisme, pembentuk sel-sel jaringan tubuh, memperbaiki sel-sel yang rusak, mempertahankan fungsi organ tubuh, dan masih banyak lagi.

Bahkan menurut penelitian, gaya hidup memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesehatan fisik dan mental manusia yang dapat menyebabkan berbagai penyakit, kecacatan, hingga kematian.

banyak dari kita sekarang ini tidak memiliki nutrisi yang cukup akibat pola makan yang tidak teratur dan makanan yang tidak sehat.Seringkali kita melewatkan waktu makan saat sedang bekerja seharian, memilih mengkonsumsi makanan cepat saji supaya praktis.Kebiasaan seperti ini yang membuat kekurangan nutrisi pada tubuh sehingga membahayakan kesehatan tubuh kita.

Oleh sebab itu ada baiknya kita lebih memperhatikan jenis makanan yang akan kita konsumsi. Ada beberapa contoh jenis makanan yang baik bagi tubuh kita :

  • Kalsium: Ikan dan susu
  • Potassium: Pisang, kentang, tomat, kacang-kacangan
  • Vitamin A:, Tomat, blewah atau sayuran seperti bayam, brokoli, wortel, labu kuning dan buah berwarna oranye
  • Vitamin C: Jeruk, jambu biji, kiwi, paprika merah, brokoli, kembang kol, tomat, ku
  • Zat besi: Bayam, kacang-kacangan seperti kacang kedelai, kacang polong, daging merah
  • Zinc: ikan salmon, bayam, tumbuhan polong, biji-bijian, jamur, dan lain sebagainya

Selain jenis makanan, kita juga harus memperhatikan waktu makan kita.Terkadang kita merasa kerepotan dengan mempersiapkan makanan kita setiap hari, sehingga memilih untuk melewatkan waktu makan.

EXERCISE (Olahraga)

 

Dengan berolahraga tubuh kita menjadi lebih sehat dan bugar. Tapi Kegiatan ini sayangnya sudah semakin dilewatkan oleh banyak orang yang tinggal di kota besar. Padahal, dengan olahraga yang benar dan dalam waktu yang tepat bisa membuat peredaran darah menjadi lancar, serta menguatkan otot dan tulang. Kita dianjurkan  untuk berolahraga dengan durasi minimal 150 menit setiap pekan. Mulai dari joging, renang, hingga senam aerobik, kamu bisa memilih jenis olahraga yang kamu sukai untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar.

 

WATER (Air)

Kita tau bahwa tubuh kita terdiri dari 60-70% air, karena itu tubuh kita sangat membutuhkan asupan air. Bila kita merasa haus bahwa tubuh kita kekurangan cairan dan harus segera minum untuk menghindari dehidrasi. Memang kita bisa menahan untuk tidak minum dalam waktu yang lama, tetapi jika kebiasaan ini dilakukan terus-menerus maka akan mengakibatkan dampak buruk pada tubuh, seperti penyakit radang sendi, infeksi saluran kencing, sakit kepala, dan lain sebagainya.

Tubuh kita butuh air yang jernih, bukan kopi, atau minuman soft drink yang lain Sering kali disaat kita merasa haus kita memilih minuman dingin dan manis yang malah membuat tambah haus. Kita butuh 7-8 gelas atau 1,5 – 2 liter sehari air jernih, namun bisa berubah sesuai kondisi tubuh dan aktivitas kita.

SUNSHINE (Sinar Matahari)

Tubuh kita butuh sinar matahari, sebaiknya sinar matahri pagi antara pukul 09.00-10.00, selama krang lebih 15 menit setiap hari. Manfaat dari sinar matahari bagi tubuh kita antara lain:

  • Meningkatkan system kekebalan tubuh, kandungan vitamin D yang terbentuk akibat paparan sinar matahari dapat membantu mencegah infeksi pada tubuh dan melawan penyakit.
  • Memperkuat kesehatan tulang, kandungan vitamin D3 dari sinar matahari memiliki peranan penting dalam membentuk kepadatan tulang kita.
  • Mengurangi depresi ringan, sinar matahari memicu otak kita untuk melepaskan hormon serotonin yaitu hormone yang dapat meningkatkan suasana hati dan memberikan perasaan tenang.
  • Meningkatkan kualitas tidur, dengan merangsang pembentukan hormon melatonin.

 

TEMPERANCE (Pengendalian Diri)

Pada prinsipnya pengendalian diri adalah menahan diri untuk segala sesuatu, termasuk pikiran, jika kita mengetahui sesuatu itu tidak baik, kita harus dapat menahan diri, misalnya rokok dan alkohol kita tahu dapat merusak kesehatan, itu harus dihindari sama sekali.

Mengatur waktu untuk tidak melakukan hal yang sama terus menerus juga adalah bentuk dari pengendalian diri, jangan sampai kita tidak tidur karena terus-terusan mengerjakan tugas. Intinya adalah tidak melakukan sesuatu secara berlebihan.

AIR (Udara)

Agar tubuh kita sehat kita butuh udara yang segar dan bersih,  Namun kenyataannya seringkali kita berada dalam ruangan yang tertutup rapat dan mengandalkan AC sepanjang hari, padahal ini adalah kondisi yang tidak baik.

Sirkulasi udara dalam rumah dan tempat kerja harus diperhatikan,, jendela harus sering terbuka dan bersihkan ruangan dari debu dan jamur.Menambah tanaman yang dapat memperbaiki kualitas udara dalam ruangan.

REST (Istirahat)

Kebiasaan bekerja sampai begadang, waktu tidur yang berantakan, dan kurangnya refreshing dapat menyebabkan otak tidak bisa berpikir dengan jernih, pertumbuhan dan regenerasi dalam tubuh melambat, stress, dan ini akan mengakibatkan penurunan daya tahan tubuh kita.

Sebaiknya kitatidur sebelum jam 10 dan jangan kurang dari 7 jam, serta jangan lebih dari 8 jam. Disaat tidur inilah tubuh akan melakukan perbaikan pada bagian yang rusak. Kita juga perlu menyediakan waktu untuk refreshing bersama teman-teman atau keluarga, agar tubuh menjadi lebih semangat, senang, dan bahagia, namun pada saat ini tetap dengan mematuhi protokol kesehatan.

TRUST IN GOD (Percaya pada Tuhan)

Percaya pada Tuhan, walaupun poin ini terletak di akhir bagian, tetapi sebenarnya inilah poin utama yang dapat menjadi rangkuman dari pembahasan diatas. Karena kita percaya bahwa apapun yang kita lakukan dan usahakan bisa terjadi hanya atas kehendakNya. Tanpa iman kepada Tuhan, kita pasti tidak mampu melakukan apa-apa, dan tubuh kita yang lemah ini akan mudah terserang oleh penyakit-penyakit.

Rasa percaya juga harus kita bagun dengan rekan kerja kita. Jangan kita terlalu egois mengerjakan semua sendirian, padahal ada rekan kerja kita yang mampu membantu dan menyelesaikannya. Dengan membangun relasi yang baik kepada Tuhan dan kepada rekan kerja, rasa percaya akan bertumbuh dan membuat diri kita semakin positif dan sehat.

 

Sumber:

https://rsgm.maranatha.edu/2020/10/20/cara-sederhana-menjaga-tubuh-tetap-sehat/

 

https://www.sehatq.com/artikel/berbagai-gaya-hidup-tidak-sehat-yang-bisa-mendatangkan-penyakit

 

https://www.halodoc.com/kesehatan/hidup-sehat

Penulis: 
Ns. Merlin Situmorang, S. Kep.
Sumber: 
Perawat Rumah Sakit Jiwa Daerah

Artikel

27/11/2021 | Ns. Monalisa, AMK, S.Kep
27/11/2021 | Septia lianti, S.Kep, Ners
27/11/2021 | Tri Nurul Hidayati, S.Kep
27/11/2021 | Boifrida Butar-Butar, S.Kep,Ners
27/11/2021 | Ns.Kristianus Triaspodo, M.Kep, Sp.Kep.J
30/06/2016 | Wieke Erina Ariestya, S.Kep.Ners
10/10/2018 | Emanuel Triwisnu Budi, AMK
02/02/2017 | Muhammad Isnaini.S.Kep

ArtikelPer Kategori