Error message

Deprecated function: Array and string offset access syntax with curly braces is deprecated in include_once() (line 20 of /home/rsjbabe3provgo/public_html/includes/file.phar.inc).

TERAPI OKUPASI AKTIVITAS MENGGAMBAR UNTUK MENGATASI HARGA DIRI RENDAH

Harga diri rendah merupakan suatu perasaan tidak berharga, tidak berarti dan rendah diri yang berkepanjangan akibat evaluasi yang negative terhadap diri sendiri atau kemampuan diri. Dengan adanya perasaan hilang kepercayaan diri pada orang tersebut, merasa gagal karena tidak mampu melakukan keinginan sesuai dengan ideal diri. Gangguan harga diri rendah terjadi jika apabila orang tersebut kehilangan kasih sayang, perlakuan orang lain yang mengancam dan hubungan interpersonal yang buruk. Harga diri meningkat apabila orang tersebut diperhatikan / dicintai dan dihargai atau dibanggakan. Harga diri tinggi / positif ditandai dengan cemas yang rendah, efektif dalam kelompok, dan bisa diterima oleh orang lain. Seseorang yang mempunyai harga diri tinggi menghadapi lingkungan secara aktif dan mampu beradaptasi secara efektif untuk berubah serta cenderung merasa aman sedangkan individu yang memiliki harga diri rendah melihat kondi si lngkungan dengan cara negatif dan menganggap sebagai ancaman / permasalahan.

Adapun hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan untuk melakukan kegiatan pada orang tersebut yang mengalami harga diri rendah adalah dengan art terapi atau terapi menggambar ; menggambar adalah merupakan salah satu bagian dari terapi lingkungan, dimana terapi lingkungan ini dapat memberikan efek bagi kesembuhan klien baik dalam kondisi fisik maupun pada kondisi psikologis klien.

A. Jenis -Harga Diri Rendah

  1. Harga diri situsional merupakan keadaan dimana individu yang sebelumnya memiliki harga diri positif mengalami perasaan negative mengenai dalam berespon terhadap suatu kejadian ( kehilangan & perubahan).
  2. Harga diri rendah kronik adalah keadaan dimana individu mengalami evaluasi diri yang negative mengenai diri atau kemampuan dalam waktu lama.

B. Faktor Yang Mempengaruhi Harga Diri

  1. Ideal diri : harapan, tujuan nilai dan standar perilaku yang ditetapkan
  2. Interaksi dengan orang lain
  3. Norma social
  4. Harapan orang terhadap dirinya dan kemampuan dirinya untuk memenuhi harapan tersebut.
  5. Harga diri tinggi : seimbang antara ideal diri dengan konsep diri.
  6. Harga diri rendah : adanya kesenjangan antara ideal diri dengan konsep diri

C. Manfaat tujuan terapi menggambar pada dasarnya adalah salah satu penyembuhan. Terapi menggambar ini bermanfaat bagi pasien agar pasien dapat melepaskan emosi, mengekspresikan diri, mengurangi stress, media untuk membangun komunikasi serta meningkatkan aktivitas pada pasien gangguan jiwa

  1. Penyembuhan pribadi. Terapi seni bisa membantu memahami perasaan pribadi dengan mengenali dan mengatasi kemarahan, kekesalan dan emosi-emosi lainnya.
  2. Pencapaian pribadi. Dengan adanya hasil karya yang dihasilkan oleh klien tersebut maka bisa membangun rasa percaya diri dan memelihara rasa cinta dan menghargai diri sendiri.
  3. Menguatkan. Terapi seni bisa membantu menggambarkan emosi dan ketakutan yang tidak bisa klien ungkapkan dengan kata-kata.
  4. Relaksasi dan meredakan stres.Terapi menggambar bisa digunakan sebagai penanganan tunggal atau dipadukan dengan teknik relaksasi lainnya untuk meredakan stres dan kecemasan.

D. Intervensi Keperawatan Harga Diri Rendah

Salah bentuk Tindakan keperawatan yang diberikan pada pasien harga diri rendah tidak hanya terapi okupasi menggambar saja melainkan kegiatan promosi koping merupakan meningkatkan upaya kognitif dan perilaku untuk menilai dan merespon stressor atau kemampuan menggunakan sumber – sumber yang ada, diantaranya :

  1. Identifikasi kemampuan yang dimiliki
  2. Latih ketrampilann social sesuai kebutuhan
  3. Latih penggunaan tehnik relaksasi

 

Daftar Pustaka

Febriyanti rosida.2017. KONSEP DASAR HARGA DIRI RENDAH:Jenis Harga Diri, FaktorPenyebab Harga Diri. http://repository.ump.ac.id/8276/3/Lisva%20Dewi%20Marmono%20BAB%20II.pdf

PPN I( 2018 ).StandarIntervensiKeperawatan Indonesia: DefinisidanKriteriaHasil Keperawatan,Edisi1 .Jakarta:DPP PPNI

 

Penulis: 
Etriyuna, S.Kep,ners
Sumber: 
Perawat Rumah Sakit Jiwa Daerah

Artikel

31/12/2022 | Okta Verida Andriani, S.Kep Ners
31/12/2022 | Ns. NURHAYATI,S.Kep.
31/12/2022 | Ns. NURHAYATI,S.Kep.
18/06/2022 | Gita Riskika,S.Farm.,Apt
30/06/2016 | Wieke Erina Ariestya, S.Kep.Ners
18/06/2022 | Gita Riskika,S.Farm.,Apt

ArtikelPer Kategori