TERAPI ALTERNATIF( murottal dan musik )

Murottal merupakan kumpulan rekaman bacaan ayat ayat alquran dalam pita suara dengan memperhatikan tajwid, menjaga keluarnya huruf huruf dan waqaf (tanda berhenti) sebagai upaya untuk menguatkan (tahqiq) kelestarian alquran, serta menyebarkan alquran (Nirwana 2014).

Terapi murottal merupakan salah satu alternative dari sekian banyak terapi dalam mecapai tingkat kesehatan yang optimal.Definisi terapi murottal adalah menggunakan media al-Quran (baik dengan mendengarkan atau membaca) untuk membantu meningkatkan perubahan yang spesifik dalam tubuh baik secara fisiologis maupun psikologis.

Dalam sebuah tindakan / implementasi terhadap klien dilakukan observasi:

1. Identifikasi aspek yang akan diubah atau dipertahankan (ex. sikap, fisiologis dan psikologis)
2. Identifikasi aspek yang akan difokuskan dalam terapi(ex. stimulasi, relaksasi, konsentrasi, pengurangan nyeri)
3. Identifikasi jenis terapi yang digunakan berdasarkan keadaan dan kemampuan klien (mendengarkan atau membaca al-Quran)
4. Identifikasi media yang dipergunakan ( ex. speaker, earphone, handphone)
5. Identifikasi lama dan durasi pemberian terapi sesuai dengan kondisi klien
6. Monitor perubahan yang difokuskan

Dalam sebuah tindakan / implementasi terhadap klien dibuat terapeutik:

1. Posisikan dalam posisi dan lingkaran yang nyaman
2. Batasi rangsangan eksternal selama terapi dilakukan (ex.Lampu, suara, pengunjung, panggilan telepon)
3. Yakinkan volume yang digunakan sesuai dengan keinginan klien
4. Putar rekaman yang telah ditetapkan
5. Jika perlu, dampingi selama membaca al-Quran

Dalam sebuah tindakan / implementasi terhadap klien diberikan edukasi:

1. Jelaskan tujuan dan manfaat terapi
2. Anjurkan memusatkan perhatian / pikiran pada lantunan ayat Al-Quran

Dalam salah satu artikel pengaruh terapi murottal terhadap perubahan perilaku kekerasan klien skizofrenia oleh Rina Heryanti dkk di kota Padang Sumatra Barat september 2019.Secara umum gambaran dapat disimpulkan berdasarkan hasil uji statistik didapatkan bahwa usia dewasa awal, jenis kelamin laki- laki, pendidikan SLTP, tak bekerja dan status belum menikah terdapat perubahan yang signifikan antara perilaku kekerasan klien skizofrenia sebelum pemberian terapi murottal dengan setelah pemberian terapi murottal pada kelompok intervensi dan terdapat perubahannyang signifikan antara prilaku kekerasan skizofrenia sebelum dan setelah pada kelompok control.
Diantara manfaat /faedah murottal :
1. Termasuk bagi kesehatan sesuai yang ada pada alquran QS.Al isro ayat 82 yang artinya “Dan kami turunkan dari alquran suatu yang menjadi obat (penawar) dan rahmat bagi orang orang yang beriman dan alquran itu tidaklah menambah kepada orang yang dzolim selain kerugian.
2. Suara dapat menurunkan hormon stres
3. Mengaktifkan hormone endorphin alami
4. Meningkatkan rileks
5. Mengalihkan rasa takut, cemas dan tegang
6. Memperbaiki system kimia tubuh,sehingga menurunkan tekanan darah, serta memperlambat pernafasan, denyut nadi dan aktivitas gelombang otak (Heru,2008)
7. Sebagai terapi kecemasan bagi para lansia
8. Memnbantu otak dalam memproduksi zat kimia, yakni neuropeptide yang dapat mengutkan reseptor tubuh dan memberikan umpan balik berupa kenikmatan dan kenyamanan (Indrajati2013,Sholikah 2014)
9. Mendapatkan ketenangan jiwa
10. Baik untuk perkembangan otak kita,Menurut study 2012 dari universitas Teknologi MARA Malaysia menyimpulkan bahwa mendengarkan alquran menimbulkan respon otak lebih pesat daripada music klasik, Peneliti berasumsi bahwa ini terjadi karena ayat ayat kitab tersebut bisa membuat kita lebih rileks dibandingkan music klasik.

Menurut Ahmad al Qadhi direktur islamic medicine institute for education and research diFlorida,USA dalam Remolda Faradisi (2009) pada konfrensi tahunan ke XVII ikatan dokter Amerika mengungkapkan Bahwa mendengarkan bacaan al quran mempengaruhi arus listrik diotot, sirkulasi darah, detak jantung dan kadar darah dikulit sehingga mereksasi atau menurunkan ketegangan saraf dalam mendilatasi (melebarkan ) pembuluh darah dan perfusi darah, serta menurunkan frekuensi detak jantung (Pratiwi, Hasneli dan Ernawati 2015).

Dengan demikian hendaklah kita memperbanyak membaca, mendengarkan dan memaknai alquran karena terdapat banyak keutamaan dan faedah, seperti meningkatkan derajat kesehatan.
Terapi music merupakan salah satu terapi yang bisa digunakan secara universal untuk meningkatkan ke suatu kondisi yang lebih nyaman dan tenang. Difinisi terapi ini dengan menggunakan musik untuk membantu mengubah perilaku, perasaan atau fisiologis tubuh.

Dalam suatu perencanana dan implementasi diperlukan tindakan observasi:

a. Identifikasi perubahan perilaku atau fisiologis yang akan dicapai (ex.relaksasi, stimulasi, konsentrasi, pengurangan rasa sakit)
b. Identifikasi minat terhadap music
c. Identifikasi musik yang disukai

Dalam suatu perencanaan dan implementasi diusahakan kondisi yang terapeutik:

a. Pilih musik yang disukai
b. Posisikan dalam posisi yang nyaman
c. Batasi rangsangan eksternal selama terapi dilakukan (ex:lampu, suara, pengunjung, panggilan telepon)
d. Sedikan peralatan terpi musik
e. Atur volume suara yang sesuai
f. Berikan terapi musik sesuai indikasi
g. Hindari pemberian terapi musik dalam jangka waktu yang lama
h. Hindari pemberian terpi musik saat cedera kepala akut

Dalam suatu perencanaan dan implementasi terhadap klien sebaiknya diberikan edukasi:

a. Jelaskan tujuan dan prosedur terapi musik
b. Anjurkan rileks selama mendengarkan music

Dalam salah satu literature mendifinisikan terapi music adalah usaha meningkatkan kwalitas fisik dan menthal dengan rangsangan suara yang terdiri dari melodi, ritme, harmoni, timbre bentuk dan gaya yang diorganisir sedemikian rupa sehingga tercipta music yang bermanfaat untuk kesehatan fisik dan menthal.Terapi music memikili efek terhadap gelombang alfa. Dengan sampainya stimulus dari music akan membentuk gelombang alfa yang sempurna dan merangsan pelepasan neurotransmitter yaitu serotonin.Selanjutnya serotonin akan dirubah menjadi hormone melatonin yang memberikan efek relaksasi dan perubahan mood sehingga dapat menurunkan depresi yang dirasakan oleh klien (Purwobinoto & Kartinah,2011). Ada banyak jenis musik yang bisa digunakan untuk terapi ,diantaranya klasik, instrumental, jazz, dangdut, pop rock dan keroncong.

Ada dua macam terapi music yaitu

1. Terapi musik pasif
2. Terapi musik aktif

Manfaat terapi music untuk kesehatan,terapi music diketahui bias berdampak baik untuk meredakan atau mengatasi berbagai gangguan kesehatan baik psikis maupun fisik. Beberapa kondisi dibawah ini bias diterapi dengan music.

1. Depresi
Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal kesehatan “British journal ofpsychiatris” dilaporkan bahwa terapi music dapat bermanfaat untuk menurunkan gejala pasien dengan depresi
2. Stres
Mendengar music dapat menurunkan stress seseorang.tak hanya itu adapula penelitian lain yang menemukan hal serupa.Terapi music bisa bermanfaat untuk pasien yang mengalami stress berat dan kecemasan akibat jantung coroner
3. Autisme
Terapi music dapat meningkatkan kemampuan pasien autism dalam berkomunikasi ,kemampuan social, perilaku, cara berfikir, kemampuan motoric dan kemampuan mengenali diri. Pada beberapa penelitian lainnya bahwa terapi music untuk pasien autism mampu memperbaiki cara berbicara, gesture, meningkatkan kemampuan berkomunikasi, koordinasi dan menurunkan tingkat kecemasan, sedangkan terapi music berbasis keluarga juga bisa membentuk ikatan kuat antara orang tua dan anak.
4. Stroke
Miskipun terapi music tidak sepenuhnya bisa menyembuhkan stroke, tapi setidaknya menurut sebuah penelitian yang dilakukan diHarvard Amerika bahwa terapi music dapat membantu mempercepat penyembuhan stroke
5. Meredakan nyeri
Menurut penelitian yang dilakukan pada pasien yang baru saja mengalami tindakan operasi, mereka yang mendengarkan music sebelum, sesudah, atau saat menjalani tindakan operasi mengalami penurunan tingkat skala nyeri
6. Demensia
Terapi musik bisa meningkatkan kwalitas hidup orang orang yang mengalami demensia.Karena tertarikan music dapat membantu membangkitkan ingatan, mengurangi agitasi, mmembantu dalam berkomunikasi dan meningkatkan koordinasi fisik.

Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa ke dua (2) jenis terapi ini ( terapi murottal dan terapi music) bisa menjadi alternative tambahan sebagai terapi bagi penyembuhan berbagai jenis penyakit, sehingga poin penting yang perlu digaris bawahi adalah tanyakan dulu kepada klien terapi mana yang dipilih atau lebih disukai oleh klian agar berdampak lebih positif bagi proses penyembuhan penyakit klien tersebut.

Referensi:
Al Quran
Tim Pokja SIKI DPP PPNI,standar intervensi keperawatan Indonesia (Difinisi dan Tindakan keperawatan)cet II,Jakarta, 2018
Jurnal keperawatan volume 11 No.3 september 2019 ,hal 199-208 LPPM sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal
Heru,Basuki S.A ,Psikologi umum ,Univesitas Gunadarma, Jakarta, 2008
Fuldfk.indonesia@gmail.com IT Blog dan Kajian ,Departemen,Kedokteran islam
m.klikdokter.com/info-sehat”manfaat terapi music untuk kesehatan”10 agustus 2019

Penulis: 
Ns.Hendra,S.Kep
Sumber: 
Perawat Jiwa Rumah Sakit Jiwa Daerah

Artikel

05/05/2021 | Ns. Sari Anggun Feby Royanti, S. Kep
03/05/2021 | Enser Rovido, S. Kep, Ners
03/05/2021 | Mita Octarina, M.Psi., Psikolog
30/06/2016 | Wieke Erina Ariestya, S.Kep.Ners
02/02/2017 | Muhammad Isnaini.S.Kep
10/10/2018 | Emanuel Triwisnu Budi, AMK

ArtikelPer Kategori