SOSIALISASI PENGELOLAAN KEUANGAN BLUD

Sungailiat, Rumah Sakit Jiwa Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengelar rapat koordinasi pengelolaan keuangan BLUD yang di hadiri oleh seluruh pejabat struktural dan tim pengelolaan BLUD Rumah Sakit Jiwa Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Inspektorat, Bakuda, Biro Hukum dan RSUP DR (HC) Ir.Soekarno. Kegiatan sosialisasi di laksanakan di ruang rapat pertemuan lantai II Rumah Sakit Jiwa Daerah pada hari Kamis (11/1/2018). Untuk mengetahui lebih lanjut tentang pengelolaan keuangan BLUD maka pihak RS Jiwa Daerah menghadirkan Narasumber dari kantor Konsultan Akuntan Publik (KAP) Wartono dan Rekan untuk memaparkan tentang Pengelolaan Keuangan BLUD.

Acara di buka oleh Direktur Utama Rumah Sakit Jiwa Daerah dr.H. Heru Effendi,Sp.KJ . Dalam kegiatan ini beliau mengatakan esensi dari BLUD adalah peningkatan mutu pelayanan dan efisiensi anggaran. Hal ini dapat dilihat dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 61 Tahun 2007 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah, disebutkan bahwa BLUD adalah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) atau Unit Kerja pada SKPD di lingkungan pemerintah daerah yang dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang dan/atau jasa yang dijual tanpa mengutamakan mencari keuntungan, dan dalam melakukan kegiatannya didasarkan pada prinsip efisiensi dan produktivitas.

Selanjutnya, dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri tersebut juga disebutkan bahwa BLUD merupakan Pola Pengelolaan Keuangan yang diterapkan pada SKPD atau Unit Kerja dengan diberikan fleksibilitas, yaitu berupa keleluasaan untuk menerapkan praktek-praktek bisnis yang sehat untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa, sebagai pengecualian dari ketentuan pengelolaan keuangan daerah pada umumnya.

Konsultan Akuntan Publik Wartono mengatakan Rumah Sakit Jiwa dapat membentuk Dewan Pengawas BLUD; hal ini dilakukan guna mengawasi pengelolaan keuangan BLUD pada Rumah Sakit Jiwa Daerah. Dengan di adakannya sosialisasi pengelolaan keuangan BLUD ini di harapkan Rumah Sakit Jiwa Daerah terutama tim pengelola keuangan BLUD dapat memahami proses pengelolaan keuangan BLUD sehingga Rumah Sakit Jiwa Daerah dapat memberikan pelayanan kesehatan jiwa kepada masyarakat dengan baik .

Sumber: 
Humas RSJD Babel
Penulis: 
Ade Herfitriyanti,S.Sos.MM
Fotografer: 
Tri Putranto Vindi Kusuma
Editor: 
Tri Putranto Vindi Kusuma