Error message

Deprecated function: Array and string offset access syntax with curly braces is deprecated in include_once() (line 20 of /home/rsjbabe3provgo/public_html/includes/file.phar.inc).

SOLUSI KESEHATAN JIWA GANGGUAN PSIKOTIK

Gangguan Psikotik adalah merupakan gangguan jiwa yang dialami penderita gangguan jiwa dan menyebabkan adanya  pemikiran yang tidak normal. Gangguan jiwa ini termasuk kedalam gangguan jiwa berat, sehingga aktivitas sehari hari akan terganggu. Selain itu klien dengan masalah ini tidak menyadari bahwa dirinya sedang sakit. Gangguan  psikotik atau psikosis adalah suatu  hal yang sama, akan tetapi penyakit gangguan jiwa ini  perlu dilakukan wawancara pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang untuk menegakkan diagnosanya oleh dokter psikiatri Gejala yang bisa ditimbulkan pada gangguan jiwa ini diantaranya sering melihat bayangan – bayangan dan mendengar hal yang tidak nyata . Pada klien yang mengalami ganggua jiwa ini disebabkan karena ketidakseimbangan hormon pada otak, sehingga perlu mengkonsumsi obat jangka panjang untuk menstabilkannya. Pengobatan dilakukan dengan modalitas terapi secara menyeluruh sesuai dengan kebutuhan si klien, mulai dari pemberian obat-obatan, penjelasan penyakit kepada keluarga dan penderita, memberikan terapi perilaku, terapi kognitif.

A. Langkah Pencegahan Gangguan Psikotik

  1. Pastikan klien untuk  minum obatnya secara teratur  dan pergi ke terapi, sesuai aturan.
  2. Mengurangi situasi pemicu yang dapat menyebabkan timbulnya gejala tersebut .
  3. Mendengarkan apa yang dialami oleh klien, tanpa menghakimi.
  4. Menghindari situasi berbahaya, seperti minuman keras dan penggunaan obat-obatan terlarang.

B. Gejala - Gejala Psikotik

  1. Klien mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi.
  2. Anxietas yang berlebihan  atau agitasi.
  3. Kurangnya minat dalam melakukan aktivitas normal.
  4. Timbuilnya halusinasi
  5. Kurangnya merawat diri
  6. Delusi atau waham.
  7. Penuh dengan rasa curiga.
  8. Mengalami gangguan mood.

C. Pencegahan Psikotik

Sampe dengan sekarang belum adanyapencegahan pasti yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya psikotik secara umum. Namun, beberapa cara yang dapat dilakukan sebagai upaya menghindari kondisi ini adalah dengan:

  1. Mengobati kondisi yang bisa memicu psikosis
  2. Menghindari depresi, adalah merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan pergi berlibur, berbicara dengan konselor jika menghadapi kesulitan dalam menyelesaikan sebuah  masalah.
  3. Mengubah pola hidup dan berolahraga secara teratur

D. Perawatan untuk Gangguan Psikotik

  1. Obat - Obat antipsikotik adalah salah satu perawatan untuk psikosis. Ini membantu memblokir reseptor serotonin atau dopamin di otak untuk mencegah halusinasi dan delusi. Obat antidepresan juga bisa diberikan untuk gangguan mood karena ia membantu memperbaiki gejala terkait depresi, seperti kesedihan dan keputusasaan.
  2. Terapi perilaku kognitif

Terapi perilaku kognitif  dapat dilakukan dengan mengarahkan pasien untuk mengerti dan memahami kondisi yang dideritanya. Tujuannya agar pasien mampu mengendalikan gejala yang dialaminya.

1. Terapi grup

Klien yang mengalami gangguanpsikotik inijuga bisa melkukan terapi kelompok atau yang lebih dikenal dengan terapi aktivitas kelompok ( TAK ). Tujuannya agar pasien memahami kondisinya, serta mengetahui cara mencegah dan meredakan gejala psikosis. Kelompok ini biasanya dibimbing oleh psikolog atau psikiater.

2. Rehabilitasi sosial dapat sangat membantu orang-orang terkasih yang telah mengisolasi diri mereka sendiri karena gejalanya

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Diaskes Pada 20 Oktober 2022, https://www.halodoc.com/artikel/adakah-cara-untuk-mencegah-terjadinya-gangguan-psikotik

Diakses Pada 01 November  2022, https://psikologi.uma.ac.id/kenali-gejala-gangguan-jiwa-psikotik-dan-car...

Diakses  Pada 01 November  2022, https://www.halodoc.com/kesehatan/psikosis

 

 

Penulis: 
MELFA GULTOM,S.Kep.,Ns.
Sumber: 
Perawat Rumah Sakit Jiwa Daerah

Artikel

31/12/2022 | Okta Verida Andriani, S.Kep Ners
31/12/2022 | Ns. NURHAYATI,S.Kep.
31/12/2022 | Ns. NURHAYATI,S.Kep.
18/06/2022 | Gita Riskika,S.Farm.,Apt
30/06/2016 | Wieke Erina Ariestya, S.Kep.Ners
18/06/2022 | Gita Riskika,S.Farm.,Apt

ArtikelPer Kategori