Sayuran dan buah Berserat Tinggi Yang Baik Untuk Tubuh

Hal yang wajib dilakukan oleh setiap orang adalah menjaga kesehatan tubuhnya. Cara kita menjaga kesehatan tubuh yaitu dengan berolahraga, gaya hidup yang sehat, pola makan yang sehat dan teratur. Makan yang harus dikonsumsi yaitu makanan yang kaya nutrisi dan vitamin. Salah satu makanan yang kaya nutrisi adalah makanan yanag berserat tinggi.

Manusia sangat membutuhkan serat, karena serat memiliki fungsi, melancarkan sistem pencernaan manusia, mencegah kanker usus, mencegah penyakit jantung, diabetes, menstabilkan berat badan dan menjaga kesehatan tubuh. Setiap orang wajib memenuhi kebutuhan serat 25-40 gram dalam setiap harinya. Berikut adalah jenis sayuran dan buah –buahan yang berserat tinggi yang baik untuk kesehatan.

Sayuran yang mengandung serat tinggi untuk menjaga kesehatan

Sayuran merupakan makanan yang kaya akan serat, sehat dan baik untuk tubuh. Sayuran kaya akan serat dan beta karoten adalah

Bayam
Bayam  memiliki nama Latin Amaranthus tricolor Linn dan berasal dari suku amaranthaceae. Ada dua jenis bayam di indonesia, ada yang berdaun hijau ada juga yang berdau merah. Bayam merupakan sayuran dengan kandungan gizi cukup tinggi. Kandungan Nutrisi Bayam
Selain mengandung serat, bayam juga kaya betakaroten. 1 gelas bayam yang sudah dipetik  bisa memenuhi 70% kebutuhan betakaroten per hari. Betakaroten (vitamin A), ditambah vitamin C membuat bayam bersifat antioksidan yang baik. Bayam juga mengandung asam folat,zat besi, dan seng. Kandungan Gizi dalam 100 gram Bayam : energi 36 kal, protein 3,5 g, lemak 0,5g, karbohidrat 6,5 g,serat 0,8 g, kalsium 267 mg, fosfor 67 mg, zat besi 3,9 mg, vit A 6.090 UI, Vit C 80 mg, air 89,9 g. Kandungan nutrisinya yang tinggi menjadikan bayam sebagai makanan yang mempunyai manfaat tinggi untuk kesehatan. Beberapa manfaat bayam untuk tubuh kita : mencegah kanker, mencegah jantung koroner, kadar gula darah , kesehatan mata, mengatasi anemia, menurunkan berat badan dan menguatkan gigi dan tulang.

Lobak hijau

Dikenal luas sebagai sayuran akar, lobak memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh manusia. Lobak sering dianggap sebagai salah satu sayuran yang memiliki sifat obat. Banyak orang yang tidak tahu apa sebetulnya khasiat lobak bagi tubuh. Lobak memiliki berbagai nutrisi yang dapat membantu dalam menjaga kesehatan jantung. Selain kaya akan serat Lobak hijau membantu mengurangi kolesterol dan membantu pencernaan. Oleh karena itu, kandungan kolesterol dalam tubuh bisa berkurang. Kandungan Vitamin K yang terdapat pada lobak juga membantu dalam proses anti-inflamasi. Oleh karena itu, lobak dapat mencegah beberapa penyakit serius seperti penyakit jantung, stroke, serangan jantung, dan sebagainya. Lobak juga memiliki kandungan folat yang dapat membantu untuk menaikkan sistem kardiovaskular. Lobak memiliki banyak anti-oksidan seperti Vitamin C, A dan E, mangan yang membantu dalam melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan DNA. Lobak ternyata juga dapat membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh untuk orang yang menderita asma dan flu. Vitamin A dalam lobak membantu dalam mencegah emfisema, radang paru-paru, dan menjaga paru-paru agar tetap sehat.

Brokoli

Memiliki nama latin Brassica oleracea L. dan berasal dari keluarga Brassicaceae atau kubis-kubisan. Menurut beberapa literasi, brokoli merupakan sayuran yang berasal dari daerah Laut Tengah dan sudah dibudidayakan sejak zaman Yunani kuno. Kandungan  nutrisi dalam brokoli yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.  Kandungan nutrisi dari brokoli bisa dibilang cukup lengkap. Dalam brokoli terdapat beberapa zat gizi seperti vitamin A, B, C, K, dan mineral seperti kalsium juga zat besi Kandungan serat dan antioksidan dalam brokoli juga sangat bagus untuk kesehatan. Manfaat brokoli untuk kesehatan : menurunkan berat badan, mencegah penyakit jantung. Dalam satu cangkir penyajian makanan memiliki kandungan serat 3-4 gram.

Buah yang mengandung serat tinggi untuk menjaga kesehatan

Jambu biji merah

Dalam 100 gram jambu biji merah mengandung kadar serat 7,3 gram. Sehingga jambu biji merah sangat baik untuk melancarkan pencernaan dan mencegah konstipasi. Jambu biji merah juga memiliki kandungan vit A, C, magnesium  dan fosfor yang baik untuk kesehatan tubuh.

Alpukat

Buah alpukat  memiliki  kandungan serat, vitamin dan asam lemak yang cukup tinggi untuk kebutuhan serat bagi tubuh. Dalam setiap setengah potong buah alpukat  mengandung 6 gram serat. Kandungan serat didalamnya juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Alpukat juga sering digunakan sebagai terapi kecantikan, daging buahnya dapat digunakan sbagai masker. Sehingga  buah alpukat sangat dianjurkan untuk di konsumsi untuk mencukupi kebutuhan serat yang diperlukan oleh tubuh.

Buah kiwi

Buah kiwi mengandung serat yang paling tinggi dibanding buah yang lain. Buah kiwi juga mengandung vit C yang dapat menguatkan daya tahan tubuh.

Jagung

Jagung salah satu makanan pengganti nasi yang sehat dikonsumsi. Jagung juga mengandung serat yang tinggi, dalam secangkir biji jagung mengandung serat sekitar 2 gram dan tiga cangkir popcorn mengandung 3,5 gram serat. Jagung juga kaya akan antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas.

Kacang hitam

Kacang hitam juga mengadung serat tinggi. Dalam satu cangkir kacang hitam mengandung 15 serat dan 15 gram protein. Warna hitam pada kacang menunjukan kandungan antioksidan berupa flavonoid yang tinggi. Kacang hitam bisa dikonsumsi untuk diet dan makanan serat lainnya sebgai makanan sehari- hari.

Kacang almond

Hampir semua jenis kacang-kacangan mengandung serat tinggi, dan kacang almond salah satunya. Kacang almond juga bisa dikonsumsi sebagai susu, dalam setiap hari dikonsumsi bisa mendapatkan berat badan ideal.

Kacang hijau

Kacang Hijau Kacang hijau adalah salah satu jenis dari kacang-kacangan yang kaya serat. Satu cangkir dari sumber ini akan memenuhi kebutuhan serat jika dikonsumsi antara 14-17 gram. Selain itu, kacang hijau merupakan sumber kaya protein dan vitamin yang baik.

Apel

 Apel merupakan buah yang mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Sumber serat buah apel tidak hanya di daging buahnya saja, namun juga di kulitnya. Makanya  jangan kupas apel saat akan memakannya. Pastikan bahwa Anda mencucinya terlebih dahulu. Satu apel ukuran sedang mengandung sekitar 4,4 gram serat. Waktu terbaik dalam mengkonsumsi apel adalah sebelum makan, agar pencernaan lebih lancar dan sehat. Kulit buah apel juga kaya akan nutrisi dan manfaat salah satunya melancarkan pencernaan.

Buah Pir/Pear

Buah Pir yang rasanya segar dan manis, ternyata mempunyai serat yang cukup tinggi , buah pir yang berukuran sedang , mengandung lumayan banyak kandungan serat , sekitar 5.5 gram.

Buah Naga

Kandungan serat pada buah naga sekitar 0.7 gram serat  per 100 gram. Buah naga juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, menurunkan gula darah di dalam tubuh serta mengandung banyak zat antioksidan.

Buah Pisang

Pisang merupakan sumber serat yang baik dan dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan Anda. Pisang juga baik untuk meningkatkan energi di dalam tubuh Anda.

Beri-Berian

Buah beri terutama raspberry dan blueberry merupakan sumber serat yang tinggi. Untuk mengonsumsinya, Anda dapat mencampurnya dengan yogurt atau es krim. Selain itu buah beri juga rendah akan kalori.

Sayur dan buah yang kaya akan serat baik untuk kesehatan tubuh anda dan yang paling penting dapat menghindarkan Anda dari resiko penyakit jantung atau stroke dan melancarkan pencernaan dan terhindar konstipasi. Jadi, jangan lupa untuk menambah jumlah asupan serat bagi kesehatan tubuh kita. Semoga bermanfaat.

Penulis: 
Rudi Suyanto

Artikel

13/01/2022 | Roesmala Dewi,AMK
29/12/2021 | Novariani, S.Si, Apt
29/12/2021 | Novariani, S.Si, Apt
30/06/2016 | Wieke Erina Ariestya, S.Kep.Ners
10/10/2018 | Emanuel Triwisnu Budi, AMK
02/02/2017 | Muhammad Isnaini.S.Kep

ArtikelPer Kategori