Error message

Deprecated function: Array and string offset access syntax with curly braces is deprecated in include_once() (line 20 of /home/rsjbabe3provgo/public_html/includes/file.phar.inc).

RAPAT KOMITE PPI (PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN INFEKSI) RUMAH SAKIT JIWA DAERAH PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG TENTANG PEMBAHASAN KAMUS INDIKATOR HAI’s

Pada hari Rabu tanggal 16 Agustus 2017 di ruang rapat Direksi diselenggarakan rapat Komite PPI yang langsung dipimpin oleh ibu Boifrida,S.Kep.,Ns. membahas tentang Kamus Indikator HAIs. Apa sebenarnya HAI’s ?

Healthcare Associated Infections (HAIs) yang dulu dikenal dengan sebutan infeksi nosokomial yaitu infeksi yang didapat di rumah sakit > 48 jam sesudah masuk rumah sakit (MRS), sampai saat ini masih menjadi problem di dunia. Setiap petugas medis harus faham mengenai kewaspadaan isolasi yang terdiri dari kewaspadaan standar dan kewaspadaan berbasis transmisi. Kewaspadaan berbasis transmisi terdiri dari kewaspadaan kontak, droplet dan airborne. Kewaspadaan airborne merupakan hal yang sangat penting terutama dalam memutus rantai penularan penyakit tuberkulosis yang menduduki+C5 prevalensi tertinggi ketiga di dunia. Kebersihan tangan atau hand hygiene merupakan indikator kualitas Patient Safety dan salah satu komponen kewaspadaan standar. Terdapat empat (4) jenis HAIs utama yang berkaitan dengan empat tempat lokasi yaitu di darah berupa central line-associated bloodstream infection (CLA-BSI), di traktus respiratorius berupa ventilator-associated pneumonia (VAP), di tempat operasi berupa surgical site infection (SSI), di traktus urinarius berupa catheter-associated urinary tract infection (CA-UTI). Semua hal di atas erat kaitannya dengan timbulnya MDRO (Multiple drug resistance organism) termasuk MRSA, VISA, ESBL dan sebagainya. Di samping hal di atas isu terbaru pencegahan HAIs yaitu dalam pencegahan dan pengendalian infeksi saluran pernafasan akut (ISPA). Healthcare Worker Safety (HCW) atau keamanan petugas kesehatan juga merupakan isu penting yang perlu diperhatikan dalam pencegahan HAIs.

Mari kita dukung Komite PPI Rumah Sakit Jiwa Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mensukseskan programnya !

Sumber: 
https://rebanas.com/kamus/kesehatan/hai-s-health-care-associated-infections
Penulis: 
Tri Putranto Vindi Kusuma
Fotografer: 
Komite PPI
Editor: 
Tri Putranto Vindi Kusuma