Error message

Deprecated function: Array and string offset access syntax with curly braces is deprecated in include_once() (line 20 of /home/rsjbabe3provgo/public_html/includes/file.phar.inc).

Promosi Kesehatan RSJD Babel

                                                                                                                                                                                        MACAM-MACAM 0BAT JIWA

                                                                                                                                                                                        Ade Herfitriyanti, S.Sos, MM

 

Minumlah obat secara teratur sesuai dengan resep dokter!!!!! pasien rawat inap pada Rumah Sakit Jiwa Daerah tentunya tidak lepas dari kata obat. Minum obat secara teratur di harapkan dapat mengurangi penyakit yang di derita pasien terutama pasien kejiwaan. Ada tiga jenis obat yang harus di minum oleh pasien kejiwaan, yaitu Clozapine, Chlorpromazine HCL, Risperidon, tapi di anjurkan  untuk minum obat-obat tersebut tentunya harus dengan resep dokter spesialis kejiwaan.

Penyakit gangguan kejiwaan yang parah, atau hilang ingatan yang diidap oleh seseorang, mempunyai perilaku yang sangat aneh, mempunyai tingkah laku yang tidak normal menurut ukuran orang yang normal namun penderita sakit jiwa tersebut tidak sadar akan perilakunya tersebut.

Dari sisi lain pihak keluarga apabila kebetulan ada salah satu anggota keluarganya yang menderita gangguan kejiwaan mereka sangat malu sekali, bahkan si penderita sakit jiwa di kucilkan, di asingkan dan bahkan ada yang di pasung, untuk menghindari cemoohan orang, keluarga merasa malu hal-hal tersebut sering di lakukan oleh pihak keluarga. Untuk itu, di anjurkan pasien yang mengalami gangguan kejiwaan rutin minum obat dengan teratur dan mengenali obat-obat kejiwaan maka pasien gangguan kejiwaan minimal dapat mengontrol tingkah lakunya lebih baik lagi.

Penyuluhan di berikan oleh bagian farmasi Rumah Sakit Jiwa Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yag tergabung dalam unit Promosi Kesehatan Rumah Sakit Jiwa (PKRS), penyuluhan di lakukan ruang rehabilitasi laki-laki dimana pasien rawat inap merupakan peserta penyuluhan, penyuluan tentang obat di berikan oleh Sri Ayu  Indayani, S.Farm.Apt., Gita Riskika, S.Farm,Apt, Novariani,S.Si,Apt. di harapkan dari penyuluhan ini pasien rawat inap dapat minum obat secara teratur sehingga proses penyembuhan panyakit kejiwaan lebih cepat. (adeherfitriyanti) 

 

 

Sumber: 
Humas RSJD Babel
Penulis: 
Ade Herfitriyanti,S,Sos,MM
Fotografer: 
Samsiyah,S,Sos
Editor: 
Tri Putranto Vindi Kusuma
Tags: 
Instalasi Farmasi