Error message

Deprecated function: Array and string offset access syntax with curly braces is deprecated in include_once() (line 20 of /home/rsjbabe3provgo/public_html/includes/file.phar.inc).

Peringatan hari Kesehatan Jiwa Sedunia

MEMPERINGATI HARI KESEHATAN JIWA SEDUNIA RSJD POTONG TUMPENG 

Setiap tanggal 10 Oktober diperingati sebagai Hari Kesehatan Jiwa Sedunia. Kesehatan jiwa sangatlah penting dimiliki oleh setiap orang, karena hal itu akan menjadi landasan perilaku seseorang untuk menjalani kehidupannya. Penyakit kesehatan jiwa biasanya kita sebut dengan gangguan jiwa atau secara medis disebut dengan skizofrenia.

Rumah Sakit Jiwa Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengadakan pemotongan tumpeng dalam memperingati hari Kesehatan Jiwa Sedunia. Pemotongan tumpeng di hadiri oleh seluruh pejabat struktural, seluruh dokter, seluruh kepala ruangan dan bagian farmasi. Acara pemotongan tumpeng di laksanakan di ruang pertemuan lantai II Rumah Sakit Jiwa Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung acara pemotongan tumpeng tersebut di sponsori pihak PT Mersi Farma Pangkalpinag.

Dalam sambutannya Direktur Utama Heru Effendi, Sp.KJ mengutip pesan Prof.DR.Dr.R.Kusmanto Setyonegoro, Sp.Kj (K) beliau merupakan bapak Psikiatri Indonesia “saya ingin dan harus mengangkat psikiatri dan pekerjaan kesehatan sebagai profesi yang mulia, a noble profession (ingat di masa itu “penyakit jiwa” mengandung stigma berat, dokter jiwanya juga dan perhatian kepada penderita gangguan jiwa lebih bersifat penertiban, custody. Atau semacam kasihan, charity, dan hngga sekarang pun sikap itu masih tersisa). Penderita gangguan jiwa adalah warga, subjek manusiawi, “human subject’, dalam masyarakat yang beradab, civilized society”, yang wajar di perlukan dengan hormat (dignity), kalau mereka memerlukan pertolongan. Negara ini wajib menyediakan sistem pelayanan kesehatan jiwa yang canggih dengan fasilitas dan legislasi optimal, yang di selenggarakan oleh personel yang berpendidikan ilmiah professional dan berakhlak tinggi” (1960)

Acara di akhiri dengan pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Direktur Utama Rumah Sakit Jiwa Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung semoga dengan di adakan acara ini dapat meningkatkan pelayanan kesehatan Jwa pada Rumah Sakit Jiwa. (adeherfitriyanti)

           

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber: 
Pranata Humas RSJD BABEL
Penulis: 
Ade Herfitriyanyi,S.Sos,MM
Fotografer: 
Syamsiyah,S,Sos