PERAN PRANATA HUMAS PADA INSTANSI PEMERINTAHAN

Tidak di ragukan lagi pentingnya pranata humas di setiap instansi pemerintah dan swasta dimana pranata humas selalu berada di lini terdepan untuk memberikan pelayanan informasi kepada publik, Namun sekarang informasi yang sering di berikan akan bertolak belakang dengan kenyataan setelah beredar di sekitar publik banyak isu-isu yang membuat sebuah informasi baik menjadi informasi yang buruk untuk itu di era globalisasi dan kemajuan teknologi di zaman modern ini di butuhkan peranan pranata humas yang handal pada instansi pemerintahan dan swasta. Pranata Humas adalah Pegawai Negeri Sipil yang di beri tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melaksanakan kegiatan pelayanan informasi kehumasan. Pranata Humas tingkat ahli adalah Pranata Humas yang mempunyai kualifikasi profesional yang pelaksanaan tugas dan fungsinya mensyaratkan penguasaan IPTEK di bidang informasi dan kehumasan. Tugas pokok Pranata Humas adalah pelayanan informasi dan kehumasan kegiatan atau upaya yang dilakukan oleh Pranata Humas mulai dari perencanaan, penyediaan dan penyebaran informasi, pelaksanaan hubungan kelembagaan, pelaksanaan hubungan personil dan pegembangan pelayanan informasi dan kehumasan. pranata humas memiliki tugas penting dalam struktur pemerintahan di sebuah instansi, yaitu sebagai jembatan dan penyampaian informasi kepada masyarakat dimana peranta humas harus bisa menjadi sumber informasi resmi pemerintah. Pranata humas dalam tugasnya harus mampu menyampaikan program pemerintah dan pembangunan yang telah dilaksanakan namun belum tersampaikan kepada khalayak luas.

Mengelola informasi secara baik, benar dan tepat sasaran pada institusi pemerintah saat ini telah menjadi sebuah keharusan agar mendapat kepercayaan dan dukungan publik. Untuk mendapatkan kepercayaan dan dukungan publik, pemerintah harus selalu menyampaikan informasi / berkomunikasi kepada publik dan masyarakat. Untuk itu, seluruh jajaran mulai dari pimpinan hingga staf perlu memahami strategi komunikasi atau lazim disebut strategi kehumasan. Perlu memahami bagaimana mengemas pesan dan menyampaikan informasi secara baik dan benar melalui berbagai media massa.

Saat ini informasi telah menjadi kekuatan dominan yang bisa meruntuhkan keamanan dan kestabilan pemerintahan. Masyarakat dengan mudahnya sekarang dengan cerdasnya dapat mencerna setiap langkah-langkah yang dinilai dapat meresahkan sebuah lembaga. Namun  masyarakat juga memiliki hak untuk memperoleh informasi dari pemerintah / badan publik, karena dilindungi oleh Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Kebebasan Memperoleh Informasi Publik. Dengan haknya tersebut, masyarakat bisa dengan mudah bertindak dan berprasangka negatif jika komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat tidak terjalin dengan baik. Untuk itu di perlukan adanya informasi yang terbuka kepada masyarakat tentang kebijakan-kebijakan yang di keluarkan oleh masing-masing instansi pemerinta maupun swasta.

            Seiring perkembangan arus reformasi birokrasi dan era keterbukaan informasi publik, peran Pranata Humas semakin penting dan strategis. Sebagai komunikator publik, Pranata Humas harus mengamankan kebijakan lembaganya, memberikan pelayanan dan menyebarluaskan pesan atau informasi kepada masyarakat tentang  kebijakan dan  program kerja lembaganya. Jadi Pranata Humas bukan hanya menyiapkan tempat acara peliputan dan mendampingi pimpinannya kemana pergi saja, namun dituntut juga harus mampu mengemas agenda setting. Agenda setting adalah upaya  media untuk membuat pemberitaanya tidak semata-mata menjadi saluran isu dan pristiwa, ada strategi, ada kerangka yang di mainkan media sehingga pemberitaanya mempunyai nilai lebih terhadap persoalan yang muncul. Idealnya, media tak sekedar menjadi sumber informasi bagi publik. Selain sebagai komunikator, Pranata Humas  bertindak sebagai mediator yang proaktif dalam menjembatani kepentingan instansi pemerintah di satu pihak, dan menampung aspirasi serta memperhatikan keinginan-keinginan publiknya di lain pihak, dan berperan menciptakan iklim yang kondusif dalam pembangunan nasional, baik jangka pendek, menengah  maupun jangka panjang.

            Di pemerintahan sering kali pranata humas masih belum memberikan peranan penting yang cukup signifikan, apalagi pada institusi pemerintahans namun sering kali peranan pranata humas di ambil alih atasan sehingga pranata humas tidak dapat menjalankan tupoksi sesuai dengan bidangnya. Untuk itu pemerintah/badan publik harus memberikan kepercayaan kepada pranata humas untuk menjalankan tupoksi di dalam menjalankan pekerjaan sesuai dengan bidangnya.

Penulis: 
Ade Herfitriyanti, S.Sos, MM

Artikel

13/01/2022 | Roesmala Dewi,AMK
29/12/2021 | Novariani, S.Si, Apt
29/12/2021 | Novariani, S.Si, Apt
30/06/2016 | Wieke Erina Ariestya, S.Kep.Ners
10/10/2018 | Emanuel Triwisnu Budi, AMK
02/02/2017 | Muhammad Isnaini.S.Kep

ArtikelPer Kategori