MENUMBUHKAN MOTIVASI DENGAN CARA AFIRMASI

Apakah Afirmasi??? Afirmasi adalah kata-kata positif yang digunakan untuk memberikan penegasan pada diri sendiri. Afirmasi adalah kata positif yang bisa membuat dirimu lebih bersemangat, berbahagia dan percaya diri saat melakukan sebuah tindakan, dan tetap berpikiran positif saat menyelesaikan masalah. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, afirmasi adalah sebuah penegasan atau peneguhan kata positif. Afirmasi yang kuat dapat menjadi sangat kuat, afirmasi juga dapat digunakan oleh hampir setiap orang untuk mencapai tujuan mereka dan memenuhi keinginan mereka

Pikiran negatif terkadang dapat menjadi penghalang bagi seseorang untuk memberikan kinerjanya yang terbaik, semangat untuk bekerja pun menurun jika otak sedang dipenuhi dengan hal-hal yang negativ baik secara sadar maupun tidak. Perasaaan malas, takut, cemas dan kesal akan menekan motivasi seseorang dan dapat merusak kemampuan seseorang dalam berkomunikasi dengan orang lain. Sama seperti berolahraga, afirmasi meningkatkan kadar hormon bahagia dan mendorong otak membentuk pemikiran positif.

Adapun manfaat dari Afirmasi,adalah:

1.Membuat Percaya Diri, Afirmasi memiliki manfaat untuk membuat seseorang menjadi lebih percaya diri. Afirmasi bisa membuat dirimu percaya, bahwa kamu memiliki kelebihan, kreatif, bisa melalui segala rintangan, dan memiliki pribadi yang kuat, serta tidak lemah.

2.Meningkatkan Kesehatan Tubuh, Pikiran negatif dan perilaku negatif bisa membuat sistem imunitas tubuh menjadi lemah. Pikiran negatif juga bisa membuat seseorang menjadi lebih stres, overthinking dan menjadi susah untuk tidur. Jika kita memberikan afirmasi positif terhadap diri sendiri, hal ini akan membuat diri lebih bahagia. Secara sederhana, pikiran positif dan kebahagiaan bisa membuat sistem imun tubuh kuat dan tidak mudah sakit.

3.Mencegah Depresi, Kesehatan mental harus dijaga agar seseorang tidak mudah depresi. Kamu harus menyemangati diri sendiri dengan afirmasi positif, agar tidak mudah depresi dan kuat menghadapi setiap masalah yang ada.

4.Memberi Kenyamanan Hati dan Pikiran, Pada saat mengutarakan afirmasi positif kepada diri sendiri, kamu akan merasakan kenyamanan hati dan pikiran. Afirmasi positif bisa membuatmu lebih tenang dan yakin, bahwa kamu bisa melalui setiap harinya dengan kuat, dan masih ada hari esok untuk meraih mimpi lagi.

5.Membuat Kebahagiaan, Afirmasi positif bisa membuat seseorang menjadi lebih bahagia. Karena kata-kata afirmasi positif yang diucapkan dengan percaya diri, bisa membuat seseorang yakin bahwa ia akan sukses dan bisa meraih mimpi.

Cara Menggunakan Afirmasi, Afirmasi positif harus dikatakan secara rutin dan setiap hari, diucapkan kata-kata sekitar lima menit tiga kali sehari, bisa pagi, siang, dan malam. Berikut cara menggunakan afirmasi agar lebih efektif dan membuatmu lebih tenang serta bahagia:

1.Gunakan Saya atau Namamu Saat Afirmasi. Berbeda dengan kutipan yang ditujukan untuk banyak orang. Afirmasi digunakan untuk menyemangati diri sendiri, agar lebih tenang dan bahagia. Sehingga saat mengucapkan afirmasi positif, gunakan kata “saya”, “aku” atau sebut nama kamu sendiri. Hal ini bisa membantumu lebih semangat dan kuat untuk mengubah diri menjadi lebih positif.

2.Gunakan Kata Positif. Untuk membuat pikiran negatif berubah menjadi pikiran positif, kamu juga harus menggunakan kata positif saat melakukan afirmasi. Hindari penggunaan kata “jangan” atau “tidak” pada saat melakukan afirmasi. Karena dua kata tersebut termasuk kata yang negatif, walaupun kalimatmu memiliki maksud positif.

3.Gunakan Emosi Positif.Ada beberapa macam emosi yang terdapat dalam diri seseorang. Saat mengucapkan afirmasi, gunakan emosi positif yaitu bahagia, semangat, suka dan lain sebagainya. Hindari menggunakan emosi negatif seperti sedih, marah, cemburu, kecewa dan lain sebagainya.

4.Gunakan Kata Sekarang.Saat afirmasi positif, gunakan kata sekarang dan hindari kata “nanti” atau “akan”. Karena kata “sekarang” bisa membuatmu menjadi lebih semangat, dan membuat otak berpikir seolah-olah hidupmu sudah bahagia. Hal ini bisa membuatmu lebih positif dalam bertindak.

5.Menulis Di Kertas Catatan.Untuk membuatmu lebih bersemangat, tulislah kata-kata afirmasi di dalam sebuah kertas catatan, yang bisa dibaca setiap kali kamu akan melakukan aktifitas, seperti di layar komputer, pintu kulkas, cermin dan lain-lain. Contoh Kata Afirmasi:  Saya bahagia bisa bekerja di tempat kerja ini.  Saya sehat selalu. Saya bisa mengatasi masalah yang ada. Saya bersemangat menjalani hari ini.

Yakinlah bila secara lisan menegaskan impian, keinginan, atau ambisi terhadap sesuatu, sama saja dengan menumbuhkan keyakinan mendalam bahwa kata-kata pengharapan akan menjadi kenyataan. Jadi mulai saat ini,mari kita tanamkan dalam pikiran kita untuk selalu berpikiran positif dalam menghadapi kondisi apapun... Semangaaat untuk menjadi lebih baik...

 

Daftar Pustaka

Dian Afrillia.2017.Afirmasi, kata-kata positif yang mengubah hidup. Diakses 12 Oktober 2021. Di https://beritagar.id/artikel-amp/gaya-hidup/afirmasi-kata-kata-positif-yang-mengubah-hidup

Fimela.com.2020.Arti Afimasi, Manfaat dan Cara Menggunakannya yang Benar Diakses 12 Oktober 2021 di https://id.berita.yahoo.com/arti-afimasi-manfaat-dan-cara-104346001.html?

Hapsari,2019.Pengaruh Afirmasi Positif Terhadap Tingkat Halusinasi Pada Pasien Skizofrenia Di Rsj Prof. Dr. Soeroyo Magelang Tahun 2019. Diakses 12 Oktober 2021 .Di http://eprintslib.ummgl.ac.id/295/1/14.0603.0009_%20BAB%20I%20_%20BAB%20II%20_%20BAB%20III%20_%20BAB%20V%20_%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf

 

Penulis: 
Diansari Evita,S.Kep.,Ners
Sumber: 
Perawat Rumah Sakit Jiwa Daerah

Artikel

27/11/2021 | Ns. Monalisa, AMK, S.Kep
27/11/2021 | Septia lianti, S.Kep, Ners
27/11/2021 | Tri Nurul Hidayati, S.Kep
27/11/2021 | Boifrida Butar-Butar, S.Kep,Ners
27/11/2021 | Ns.Kristianus Triaspodo, M.Kep, Sp.Kep.J
30/06/2016 | Wieke Erina Ariestya, S.Kep.Ners
10/10/2018 | Emanuel Triwisnu Budi, AMK
02/02/2017 | Muhammad Isnaini.S.Kep

ArtikelPer Kategori