Makanan Sehat Untuk Bayi

Makanan yang wajib dikonsumsi bayi agar tetap sehat :

Buah – buahan

Buah –buahan menjadi makanan pertama yang baik untuk bayi yang mulai makan karena buah dapat dimakan tanpa dimasak, sehingga gizi dan enzim yang terkandung didalamnya dapat diperoleh dengan utuh karena tidak melalui proses pemanasan yang dapat mengurangi gizi yang ada didalamnya. Gizi dan enzim alami mudah diserap oleh tubuh, jadi sangat cocok untuk bayi yang mulai makan dan mencerna makanan pertama kali.

Jenis buah – buahan yang baik untuk bayi :

Pisang  : Pisang banyak mengandung gula, sehingga membuatnya sebagai buah sumber energi yang baik. Pisang juga bertekstur lembut, serta merupakan sumber vit C, folat, zat besi, dan banyak nutrisi. Pisang juaga baik untuk mencegah sembelit dan diare.

Pepaya : Daging pepaya sangat lembut sehingga mudah dicerna dan merupakan makanan yang baik untuk bayi. Pepaya kaya akan vit C dan betakaroten, juga tinggi serat larut yang penting untuk fungsi usus normal. Pepaya juga mengandung enzim yang bermanfaat membantu pencernaan.

Jeruk : buah yang sangat kaya akan vit C yang tentunya sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan menangkal radikal bebas.

Mangga : selain rasanya yang manis dan tekstur yang lembut, mangga mengandung vit K selain vit c dan vit A. Namun sebaiknya tidak terlalu banyakmemberikan mangga kepada bayi, karena tinggi serat dan gula bisa membuat diare.

Pir : sifatnya lembut dalam usus perut, serta tidak menyebabkan alergi, membuat pir menjadi makanan yang baik untuk baik.

Buah Plum : plum tinggi akan serat, rendah kolesterol, bebas sodium,serta kaya akan vit a dan vit C

Cranberry : buah ini kaya akan vit A dan tidak menyebabkan alergi dan juga tinggi antioksidan.

Anggur : banyak mengandung vitamin, mineral dan kalsium. Anggur salah satu buah yang sangat bergizi. Anggur bisa dihaluskan dan dicampurkan dengan makanan lain untuk bayi.

Kiwi : kiwi kaya akan vitamin C, serat, kalium, dan folat. Teksturnya lembut dan rasanya enak.

Alpukat : alpukat buah yang sehat, mengandung lemak baik dan merupakan buah yang sangat tinggi nilai gizi.

Apel : buah yang sangat bergizi tinggi sudah sangat populer diberikan kepada bayi

Melon : banyak mengandung vit A, vit C dan  kalsium. Melon juga kaya akan betakaroten yang baik untuk perkembangan mata bayi.

Sayuran dan Umbi – umbian

Wortel : wortel baik untuk bayi karena kaya akan betakaroten, rasanya manis dan baik untuk mata.

Ubi jalar : ubi jalar merupakan sumber kalium yang baik, vit C dan serat. Ubi jalar yang berwarna orange memiliki tekstur yang lembut dan manis.sumber betakaroten yang bagus.ubi jalar bisa direbus bisa dibuat bubur ditambahkan susu untuk makanan padat pertama bayi.

Kentang : kentang mengandung vit C dan merupakan sumber kalium yang baik, juga dapat digabungkan dengan sayuran lain saat pemberian.

Labu kuning : labu kuning memiliki tekstur yang lembut tidak menyebabkan alergi. Labu kuning juga merupakan sumber beta karoten yang sangat baik serta berbagai nutrisi lin dan serat.

Parsnip : bentuk sayuran umbi ini mirip atau sama persis dengan wortel, namun warnanya lebih cerah kekuningan atau putih. Parsnip  menyidiakan pati dan serat dalam jumlah yang baik serta mangandung antioksidan, vit C dan vit E.

Bubur Bayi

Agar terpenuhi zat gizinya, kita dapat membuat sendiri makanan untuk bayi. Setelah berusia 6 bulan, bayi akan mulai belajar makan. Berikan makanan alami seperti karbohidrat yang didapat dari bubur saring, protein nabati, protein hewani, yang didapat dari daging merah atau daging ikan.protein nabati seperti yang terdapat pada kacang kedelai serta sayuran hijau.makan yang dikonsumsi untuk bayi tidak perlu ditambahkan garam atau gula apalagi penyedap.

ASI

Sebagai penyempurna, bayi membutuhkan susu yang merupakam minuman wajibnya. Susu terbaik untuk bayi adalah ASI atau air susu ibu, karena itu merupakan susu yang benar- benar alami. Dibandingkan susu formula yang kelihatannya dapat memenuhi kebutuhan bayi, ASI jauh lebih baik. Pada ASI terdapat zat gizi yang sangat lengkap dan dapat menyesuaikan sesuai kebutuhan bayi. Maka upayakan memberikan ASI pada buah hati anda. ASI secara ekslusif diberikan selama 6 bulan. ASI bisa terus diberikan sampai 2 tahun.

Makanan instan atau susu formula dapat menimbulkan efek samping bagi bayi yang sistem pencernaannya belum sempurna. Berikan makanan ternaik untuk bayi tercinta dengan memberikan makanan alami seperti buah, sayuran, umbi- umbian, bubur dan yang terpenting ASI agar pertumbuhan bayi optimal. Semoga bermanfaat buat kita semua.

Penulis: 
Rudi Suyanto

Artikel

13/01/2022 | Roesmala Dewi,AMK
29/12/2021 | Novariani, S.Si, Apt
29/12/2021 | Novariani, S.Si, Apt
30/06/2016 | Wieke Erina Ariestya, S.Kep.Ners
10/10/2018 | Emanuel Triwisnu Budi, AMK
02/02/2017 | Muhammad Isnaini.S.Kep

ArtikelPer Kategori