KHASIAT DAUN SIRIH UNTUK KESEHATAN TUBUH, KESEHATAN WANITA

Sirih merupakan tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon. sirih sering di gunakan sebagai obat berbagai jenis penyakit. tanaman sirih banyak dijumpai di seluruh Indonesia, dimanfaatkan atau hanya sebagai tanaman hias.

Sirih termasuk salah satu herbal paling berkhasiat yang pernah dikenal manusia. Tanaman yang tumbuh menyulur dan memiliki daun lebar ini kaya berbagai jenis minyak esensial. Kandungan-kandungan tersebut menjadikan manfaat  bagi kesehatan tubuh.

Tanaman merambat ini bisa mencapai tinggi 15 m. Batang sirih berwarna coklat kehijauan,berbentuk bulat, beruas dan merupakan tempat keluarnya akar. Daunnya yang tunggal berbentuk jantung, berujung runcing, tumbuh berselang-seling, bertangkai, dan mengeluarkan bau yang sedap bila diremas. Panjangnya sekitar 5 – 8 cm dan lebar 2 – 5 cm. Bunganya majemuk berbentuk bulir dan terdapat daun pelindung ± 1 mm berbentuk bulat panjang. Pada bulir jantan panjangnya sekitar 1,5 – 3 cm dan terdapat dua benang sari yang pendek sedang pada bulir betina panjangnya sekitar 1,5 – 6 cm dimana terdapat kepala putik tiga sampai lima buah berwarna putih dan hijau kekuningan. Buahnya buah buni berbentuk bulat berwarna hijau keabu-abuan. Akarnya tunggang, bulat dan berwarna coklat kekuningan.

Daun sirih merah sebenarnya memiliki kandungan yang tidak jauh berbeda jika dibandingkan dengan sirih hijau. Hanya saja sirih merah masih diperkaya dengan flavonoid.

Keutamaan daun sirih Tidak mempunyai efek samping. Pemakaian daun sirih untuk perawatan dan pengobatan pada kulit wajah relatif aman untuk jangka panjang. Hal ini dikarenakan semua senyawa yang ada di dalamnya bersifat menenangkan aliran darah di sekitar wajah, bersifat alami, bertindak sebagai antiinflamasi yang aktif, dan antibiotik yang kuat serta tidak merusak jaringan kulit di bagian terdalam sekalipun.

Manfaat daun sirih merah & hijau

  1. Menghentikan mimisan membantu menghentikan pendarahan hidung. Cukup gulung selembar sirih, kemudian masukkan ke lubang hidung yang mimisan.
  2. Pengobatan tukak lambung. Daun sirih merah dan kandungan vitamin C serta zat anti-septiknya mampu melawan kuman yang menyebabkan tukak lambung. Kunyah 1-2 lembar daun sirih merah, kulum selama 10 menit, kemudian dibuang. Lakukan minimal 2 kali sehari.
  3. Pengobatan luka bakar ringan. Alkaloid, antioksidan, dan vitamin C pada sirih merah akan membantu meredakan peradangan di area kulit yang terbakar. Hancurkan 3-5 daun sirih merah, kemudian campur dengan 2 sendok teh madu, dan letakkan di kulit yang terbakar 2 kali sehari.
  4. Obat gusi berdarah meredakan peradangan pada gusi berdarah. Rebus 10 lembar daun sirih merah dan gunakan airnya untuk kumur 3 kali sehari.
  5. Mengobati sakit perut daun sirih merah bisa mengobati sakit perut. Minum air rebusan 7 lembar daun sirih dan 3 kali sehari untuk menyembuhkan gangguan pada perut.
  6. Obat tekanan darah tinggi. Minyak esensial dan fenol akan menstabilkan tekanan darah. Campurkan air rebusan daun sirih merah dengan madu, kemudian minum 2 kali sehari.
  7. Obat batuk. Siapkan 5 lembar daun sirih merah, rebus dengan 300 ml air, kemudian minum 2 kali sehari.
  8. Pengobatan payudara bengkak. Daun sirih dapat mengobati payudara bengkak setelah menyusui. membantu meregangkan otot-otot payudara yang meradang. Bakar daun sirih merah sampai layu dan tempelkan pada payudara yang bengkak selagi masih hangat.
  9. Mengobati tumor.  dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ketika sistem kekebalan meningkat, maka sel-sel darah putih tubuh akan dapat menghancurkan zat-zat karsinogenik atau tumor berbahaya dari tubuh.
  10. Perawatan diabetes. Konsumsi rebusan daun sirih merah
  11. Mencegah kadar gula dalam darah meningkat. Diabetes melitus adalah penyakit atau gangguan metabolisme kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah. Biasanya, kondisi ini menyebabkan penderita mengalami beberapa gangguan organ tubuh. Apabila tidak segera diatasi, penyakit ini bisa membahayakan nyawa penderita. Mengonsumsi air rebusan daun sirih dapat membantu mencegah hal ini pada diabetes dan menjaga sistem kekebalan tubuh tetap utuh. Bahkan minyak daun sirih juga bisa digunakan oleh penderita diabetes.
  12. Obat asam urat. Daun sirih merah akan meredakan nyeri otot dan melepaskan kristal asam urat dalam tubuh. Rebus 8 lembar daun sirih muda dengan 500 ml air hingga tersisa 3 gelas. Minum segelas 3 kali sehari.
  13. Mengurangi bau badan.  sirih merah akan mengontrol produksi hormon dan kelenjar keringat. Konsumsi air rebusan daun sirih setiap hari dan terapkan 2 lembar daun sirih merah yang sudah ditumbuk ke area ketiak secara teratur.
  14. Mengatasi bau mulut daun sirih merah akan membantu mengatasi masalah bau mulut. Kumur dengan rebusan daun sirih merah secara teratur pada pagi dan sore hari.
  15. Mengobati penyakit jantung koroner. Haluskan 3 lembar daun sirih merah, 7 butir cabai jawa atau buah kemukus, 3 butir bawang merah, dan sejumput jintan. Kemudian tuangi air mendidih dan endapkan. Minum airnya 2 kali sehari.
  16. Melancarkan kemih. Terakhir dan tak kalah penting, manfaat daun sirih merah adalah melancarkan kencing. Blender 5 lembar daun sirih merah, kemudian campur dengan segelas susu dan 1 atau 2 sendok madu. Minum setidaknya seminggu sekali.
  17. Mencegah penyakit kanker. Daun sirih memiliki senyawa fenolik di dalamnya yang dapat mengandung berbagai khasiat seperti anti bakteri, anti mutagenik, antioksidan, dan anti proliferatif. Daun sirih hijau juga memiliki kandungan fitokimia yang tinggi, yang dapat membantu melawan kanker mulut dan usus besar. Daun sirih juga membantu melawan stres oksidatif dan menghilangkan radikal bebas. Kedua faktor ini penting dalam mencegah kanker.
  18. Menghilangkan Bau Tidak Sedap. Manfaat ini berasal dari antioksidan, eugenol, dan chavicol pada daun sirih. Kandungan tersebut efektif membunuh mikroba penyebab peradangan yang menimbulkan bau tidak sedap.
  19. Menurunkan Intensitas Nyeri Haid. Rasa nyeri saat haid muncul akibat jaringan rahim melepaskan prostaglandin. Bahan kimia ini membuat otot rahim berkontraksi, sehingga menimbulkan nyeri di area perut bagian bawah. Kamu bisa merebus daun sirih bersamaan dengan kunyit guna meringankan rasa nyeri. Kunyit mengandung senyawa kurkumin yang bersifat antiperadangan atau antiinflamasi. 
  20. Mengatasi Gatal di Area Kewanitaan. Kondisi ini umumnya dipicu oleh Bacterial vaginosis. Guna mengatasi rasa gatal berlebihan, kamu bisa menggunakan air rebusan daun sirih dengan membasuh area kewanitaan.Namun, penggunaan tidak disarankan dalam jangka panjang. Sebab, daun sirih dapat memicu perubahan pH pada area kewanitaan. Jika rasa gatal tidak kunjung membaik, disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter.
  21. Mengatasi Jerawat .Jerawat muncul akibat tersumbatnya pori-pori, produksi minyak berlebihan, dan pertumbuhan bakteri Propionibacterium acnes. Ini dapat diatasi dengan membasuh muka menggunakan air rebusan daun sirih. Di dalamnya mengandung tanin, flavonoid, dan saponin yang bersifat antibakteri. 
  22.  Mengobati Luka di Wajah.Luka gores seringkali muncul di area wajah. Ini menyebabkan infeksi karena bakteri mudah masuk ke dalam kulit melalui luka. Untuk mengatasinya, kamu bisa membasuh muka dengan air rebusan sirih merah. Di dalamnya mengandung flavonoid, polifenol, alkaloid, saponin, dan minyak atsiri yang bersifat antibakteri.

Jangan anggap sepele gangguan kesehatan pada organ kewanitaan. Jika kamu memiliki salah satu gangguan di atas, silakan buat janji rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan.

Pemakian luar dapat digunakan sebagai

  1. Eksem
  2. Koreng
  3. Kurap kaki
  4. Bisul
  5. Sakit mata
  6. Perdarahan gusi
  7. Mengurangi produksi ASI yang berlebihan
  8.  Menyembuhkan jerawat yang meradang dan jerawat batu
  9. Mengecilkan pori-pori wajah
  10. Memudarkan flek hitam dan bekas jerawat
  11.  Mengobati gatal pada kulit wajah
  12. Mengeringkan luka pada wajah
  13. Pengangkat kotoran dan debu di wajah
  14.  Membunuh bakteri penyebab bisul di wajah
  15. Obat gatal karena alergi dan gigitan serangga
  16. Mencegah dan mengatasi panu di wajah
  17. Mencegah munculnya komedo Daun sirih yang telah dihaluskan lalu dibalurkan pada wajah yang ditumbuhi komedo maka komedo tersebut akan mampu mengeluarkan isinya secara alami tanpa pemencetan dengan menggunakan tangan. 
  18. Mengencangkan kulit wajah

Manfaat daun sirih yang paling dikenal adalah khasiatnya dalam melawan penyakit dan masalah seputar kulit, terutama jerawat. Sifat anti-septik dan anti-bakteri dalam daun sirih merah dan sirih hijau efektif untuk mengatasi jerawat di wajah, dada, atau punggung. Sementara untuk jerawat di dada atau punggung, Anda bisa memanfaatkan air rebusan sirih yang masih hangat untuk mandi.

Gunakan handuk bersih, celupkan ke dalam air hangat yang sudah dicampur sirih tumbuk. Gunakan untuk mengusap wajah yang sudah dibersihkan dari makeup.

Lakukan proses pencucian wajah seperti ini minimal 2 kali sehari, sesudah mandi dan sebelum tidur.

 

https://www.merdeka.com/sehat/manfaat-daun-sirih-merah-dan-hijau-kln.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Sirih

https://manfaat.co.id/manfaat-daun-sirih-untuk-wajah

 

Penulis: 
Sri Wahyuni
Sumber: 
Apoteker Rumah Sakit Jiwa Daerah

ArtikelPer Kategori