KEGIATAN PELATIHAN BT&CLS UPTD.RUMAH SAKIT JIWA DAERAH

Rumah Sakit Jiwa Daerah Provinsi Keulauan Bangka Belitung mengadakan Kegiatan Pelatihan BT&CLCLS. Kegiatan Pelatihan BT&CLS adalah kegiatan dalam program Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Kesehatan, dimana indikator pencapaian programnya adalah Meningkatnya keterampilan dan pengetahuan sumber daya manusia, dalam hal ini adalah perawat di UPTD Rumah Sakit Jiwa Daerah. Pelatihan BT&CLS dibuka oleh Kepala Bidang Pelayanan dr.Ria.Agustine.

Berdasarkan UU keperawatan, Permenpan maupun akreditasi Rumah Sakit, menyebutkan bahwa kemampuan perawat melakukan Basic Trauma dan Cardiac Life Supoort ini menjadi keterampilan wajib yang harus dimiliki oleh perawat di Rumah Sakit, sehingga mutu pelayanan keperawatan di Rumah Sakit Jiwa Daerah ini semakin meningkat.

Oleh karena itu, pelatihan BT&CLS menjadi salah satu kegiatan sifatnya continue dan berkala dilakukan oleh RS UPTD Rumah Sakit Jiwa Daerah. Pada tahun ini, 2021,  UPTD Rumah Saki Jiwa Daerah mengadakan kembali pelatihan BT&CLS bekerja sama dengan Gadar Medik Indonesia.

Pelatihan BT&CLS dilaksanakan  di UPTD Rumah Sakit Jiwa Daerah yang dimulai hari selasa 19 oktober 2021 s.d sabtu 23 oktober 2021, dimana pada tanggal 19 s.d 21 pelatihan dilaksanakan secara daring, sedangkan pada tanggal 22 dan 23 oktober 2021 pelatihan dilaksanakan secara tatap muka dengan protokol kesehatan.

Untuk peserta, pelatihan ini dilaksanakan oleh 36 perawat dan luaran dari pelatihan ini adalah seluruh peserta mengetahui Sistem Penanggulangan Gawat Darurat, initial assesment, bantuan hidup dasar, management airway dan breathing, penatalaksanaan Trauma, managemen sirkulasi dan shock, EKG, Ekstrikasi, Stabilisasi dan Transportasi dan keterampilan lain yang akan diberikan oleh narasumber . dan hasil akhirnya adalah semua peserta lulus 100 persen, mendaptkan sertifikat BT&CLS yang dikeluarkan oleh Gadar Medik Imdonesia yang ber SKP PPNI dan sertifkat Kemenkes RI

Pelatihan ini menggunakan anggaran APBD prov Kep Babel tahun 2021

 

 

Sumber: 
HUMAS RSJD
Penulis: 
Ade Herfitriyanti
Fotografer: 
Ade Herfitriyanti
Editor: 
SARWONO, S.IP