Error message

Deprecated function: Array and string offset access syntax with curly braces is deprecated in include_once() (line 20 of /home/rsjbabe3provgo/public_html/includes/file.phar.inc).

KEBUTUHAN ODGJ PASCA PULIH

Masalah kesehatan jiwa di Indonesia merupakan masalah kesehatan masyarakat yang sangat penting dan harus mendapat perhatian sungguh-sungguh dari seluruh jajaran lintas sector pemerintah baik ditingkat pusat maupun daerah, serta perhatian dari seluruh masyarakat. Berbagai penelitian menunjukan bahwa salah satu factor penyebab kambuhnya gangguan jiwa adalah keluarga yang tidak tahu cara menangani pasien  dirumah. Gangguan jiwa mungkin memerlukan terapi yang cukup lama, sehingga pengertian dan kerjasama keluarga sangat penting dalam pengobatan dan sangat dibutuhkan oleh pasien.  Berikut adalah beberapa cara yang dibutuhkan oleh pasien untuk pulih, antara lain :

1. Pendampingan pengobatan

Dengan didampinginya pasien saat mengambil obat keluarga pasien dapat merasa percaya diri dan tidak merasa bosan minum obat .karenaKeluarga merupakan orang terdekat dengan pasien dan dianggap banyak tahu tentang kondisi pasien serta dianggap paling banyak memberikan pengaruh pada pasien salah satunya adalah pendampingan pengobatan

2. Penerimaan dari keluarga dan masyarakat

Gangguan jiwa yangtimbul pada pasien mungkin disebabkan adanya pola asuh yang tidak sesuai dengan tumbuh kembang pasien . Pasien yang mengalami gangguan jiwa dapat kembali kemasyarakat dan berperan secara optimal apabilamendapatkan dukungan yang memadai dari seluruh unsur masyarakat. sehinnga peran dan penerimaan keluarga dan masyarakat sangat dibutuhkan demi keberhasilan pengobatan pada pasien tersebut .

3. Beraktivitas dan produktif

Berilah motivasi pada pasien, kembangkan kemampuan yang dimiliki oleh pasien untuk meningkatkan fungsi pasien secara optimal. Beri pasien kegiatan seharian yang bisa dilakukan untuk meningkatkan percaya diri dan keahlian pasien.

4. Hubungan relasi yang baik

Hubungan relasi yang baik akan membantu mereka untuk bisa memiliki hubungan social yang baik kembali, pasien yang mengalami gangguan jiwa adalah manusia yang sama dengan orang lainnya, mempunyai martabat dan memerlukan perlakuan yang manusiawi.

5. Pengobatan teratur

Minum obat secara teratur memiliki manfaat mencegah kekambuhan, mencegah kekebalan terhadap obat dan meningkatkan kesembuhan

6. Rehabilitasi psikososial

Bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pasien, sehingga mampu hidup mandiri dan punya harga diri bahkan bila skillnya semakin baik bisa disalurkan menjadi sebuah keterampilan usaha mandiri atau ditempat kerja yang sesuai dengan bakatnya .

Berhadapan dengan seseorang dengan yang mengalami masalah kesehatan mental memang bisa sangat melelahkan. Secara psikologis, ODGJ masih bisa disembuhkan. Upaya yang dilakukan untuk menangani pasien gangguan jiwa adalah dengan memberikan terapi psikososial yang bisa dilaksanakan di pusat kesehatan jiwa baik itu di klinik, puskesmas, rumah sakit maupun pusat kesehatan jiwa lainnya. Masalah kesehatan jiwa harus dipahami dan dianggap menjadi masalah bersama , memiliki mitra pemangku kepentingan, dan upaya advokasi dilakukan harus dirasakan efektif. Untuk itu dalam memberikan kebutuhan pada pasien jiwa bukan hanya menjadi tugas keluarga saja namun menjadi tugas kita bersama demi meningkatkan semangat dan menjadi motivasi bagi orang dengan gangguan jiwa untuk tetap dapat produktiv saat sudah pulih dan kembali bersama keluarga dan bermasyarakat sehinnga orang dengan gangguan jiwa memiliki semangat dan percaya diri yang lebih.

 

DAFTAR PUSTAKA

Utari, Reni. 2022. Kesehatan Mental. Diakses 13 November 2022 dari https://www.sehat.com

Andri. 2022. Peran Keluarga. Diakses 13 November 2022 dari https://klikdokter.com

 

Penulis: 
Ns. Restha Firanda AMK., S.Kep
Sumber: 
Perawat Rumah Sakit Jiwa Daerah

Artikel

31/12/2022 | Okta Verida Andriani, S.Kep Ners
31/12/2022 | Ns. NURHAYATI,S.Kep.
31/12/2022 | Ns. NURHAYATI,S.Kep.
18/06/2022 | Gita Riskika,S.Farm.,Apt
30/06/2016 | Wieke Erina Ariestya, S.Kep.Ners
18/06/2022 | Gita Riskika,S.Farm.,Apt

ArtikelPer Kategori