JENIS-JENIS MAKANAN YANG DAPAT MENGURANGI STRESS

Seiring perkembangan zaman, angka stress juga nampaknya semakin meningkat. Perubahan pola hidup yang didorong oleh perkembangan teknologi yang sangat pesat dan setiap orang berupaya menyesuaikan diri dengan keadaan.

Stress yang tidak di kelola dengan baik akan berdampak negatif terhadap diri kita. Bahkan dapat mengarah pada rasa cemas, dan rasa ketakutan. Bila hal ini terjadi maka produktifitas seseorang akan menurun, semangat untuk melakukan aktifitasnya pun akan berpengaruh. Bila dilihat dari segi fisiologinya, sesorang yang mengalami stress akan merespons stress tersebut dimana tubuh berusaha menyesuaikan atau mengkompensasi hingga stress hilang atau berkurang. Organ-organ mulai dari saraf pusat hingga perifer akan bereaksi melakukan fungsinya hingga kelenjar- kelenjar mengeluarkan hormon-hormon yang penting untuk mempertahankan tubuh dari stress.

Berbagai cara yang dilakukan orang mengendalikan stress  dengan cara yang cukup sederhana yaitu dengan cara refresing seperti liburan, jalan santai, atau berkumpul dengan orang-orang terdekat.

Dalam hal ini anda juga dapat memilih makanan atau minuman yang dapat mengurangi stress antara lain:

  • Cokelate.

Mengkonsumsi cokelat dapat mengurangi stress. Berdasarkan data dari Times of India, bahwa dark cokelat sebagai makanan penghilang stress dimana cokelat mengandung theobromine dan phenylethyamine salah satu zat yang dapat meningkatkan mood kita. Dark cokelat juga kaya akan anti oksidan yang baik untuk menjaga kesehatan dari serangan radikal bebas dan menurunkan rasa cemas.

  • Susu.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Mony Dellman, Ph.D, seorang profesor di University Of California menimpulkan bahwa kandungan kalsium dalam susu sagat baik menenangkan hati dan meningkatkan mood kita disamping itu juga dapat mengurangi ketegangan otot dan menenangkan saraf-saraf kita. Anda bisa memilih susu yang rendah lemak bila anda takut gemuk.

  • Ikan salmon

Ikan salmon adalah salah satu ikan yang mengandung omega-3 paling tinggi, sehingga baik untuk perkembangan otak. Namun omega-3 tidak hanya berguna untuk perkembangan otak saja tetapi juga bisa menenangkan otak kita dari hal-hal yang membuat stress. Ikan juga mengandung vitamin B6 dan B12 yang dapat merangsang otak memproduksi hormon endorpin sehingga kita merasa senang. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan depresi.

  • Bayam

Sayur bayam yang mudah kita peroleh di pasar ini, ternyata mempunyai kandungan magnesium yang cukup banyak. Semangkok sayur bayam mengandung 40% dari kebutuhan harian kita. Kekurangan magnesium dalam darah dapat menimbulkan sakit kepala, migrain dan rasa lelah.

  • Kacang Kedelai

Bahan makanan yang biasa kita temukan di pasar ini ternyata mempunyai khasiat yang cukup baik, disamping harganya yang murah juga rasanya tidak kalah enak. Kacang kedelai mengandung vitamin B,  kalsium dan magnesium yang cukup tinggi dan hal ini dapat mengurangi stress serta menyehatkan tubuh kita.

Stress tidak selalu berdampak negatif,  tergantung bagaimana seseorang menrespons atau menghadapi situasi stress, banyak hal positif yang dapat dilakukan seperti melakukan kegiatan refresing, jalan santai dan berkumpul bersama orang terdekat serta memilih makanan yang dapat menurunkan stress.

 

Daftar Pustaka:

  • Gunawan Andi W. The Miracle Mind Body Medicine. Jakarta; 2012
  • Tilong Adi D. Rahasia pola makan sehat. Yogjakarta, Flashbooks; 2014
  • Warsito Heri, Rindiani, Fafa. Yogyakarta, Nuha Medika; 2015
Penulis: 
Merlin Situmorang

Artikel

13/01/2022 | Roesmala Dewi,AMK
29/12/2021 | Novariani, S.Si, Apt
29/12/2021 | Novariani, S.Si, Apt
30/06/2016 | Wieke Erina Ariestya, S.Kep.Ners
10/10/2018 | Emanuel Triwisnu Budi, AMK
02/02/2017 | Muhammad Isnaini.S.Kep

ArtikelPer Kategori