Error message

Deprecated function: Array and string offset access syntax with curly braces is deprecated in include_once() (line 20 of /home/rsjbabe3provgo/public_html/includes/file.phar.inc).

GANGGUAN DEPRESI MAYOR

Gangguan depresi adalah merupakan salah satu masalah kesehatan mental yang cukup serius dan berbahaya apabila tidak segera ditangani. Dikalangan masyarakat sering terjadi masalah depresi karena tentu pernah semua orang mengalami rasa sedih, hampa, dan putus asa, entah karena masalah keluarga, pekerjaan, tekanan batin, menjadi korban online catfishing. Tetapi apabila perasaan itu tidak cepat ditangani dan terus menetap dalam waktu yang lama bahkan bisa bertahun – tahun maka kemungkinan hal tersebut bisa disebabkan karnadepresi.orang yang mengalami depresi akan lebih sulit untuk berkonsentrasi dan biasanya juga sulit untuk melakukan kegiatan rutin seperti biasa dalam halsehari–haridan orang yang mengalami depresi cenderung menarik diri dari lingkungan sosial. Penderita depresi bahkan tak sedikit yang merasa ingin bunuh diri atau ingin mencelakai diri karena merasa hidupnya tidak berarti.

Jenis – jenisdepresicukupbanyak, diantarnyaadalahdepresi mayor atau major depressive disorder (MDD) Penderita depresi mayor akan memiliki beberapa gejala dominan yang mudah dikenali. Pada anak-anak dan remaja penderita depresi, mereka akan lebih mudah tersinggung dibandingkan anak atau remaja normal lainnya.Gangguan depresi mayor adalah gangguan kejiwaan yang sangat umum dan sangat berpengaruh terhadap suasana hati serta perilaku penderita. Padakasusiniprosentaseangkakejadiandua kali lipat lebih rentan terjadi oleh wanita dibandingkan pria. Sebesar 5 hingga 17 persen penderita penyakit ini akan memiliki gangguan ini seumur hidupnya.

A. Macam – Macam Gangguan Depresi Mayor

1. Depresi mayor melankolis (melancholia)

Klien yang mengalami depresi melankolis sering menunjukkan tanda-tanda depresi yang paling khas termasuk penurunan berat badan dan kehilangan minat dalam aktivitas yang pernah mereka sukai.

2. Depresi mayor dengan fitur atipikal

Penderita yang memiliki depresi atipikal bisa mengalami peningkatan mood sebagai respons terhadap kondisi dan kejadian positif. Padajenisdepresi atipikal sering berhubungan langsung dengan suasana hati kamu dan interaksi dengan orang lain. Gejalanya seperti  kecemasan sosial.

3. Depresi mayor dengan fitur psikotik

Padajenisdepresi psikotik inisering berkembang jika penderita mengalami halusinasi atau percaya pada delusi yang tidak benar kenyataanya. Ini dapat disebabkan akibat traumatis atau jika nda pernah mengalami depresi di masa lalu.

4. Depresi mayor dengan fitur katatonia

Penderita depresi katatonik, kemungkinan besar mengalami masalah motorik dan masalah perilaku.

B. Manisfestasi Klinis Gangguan Depresi Mayor

  1. Suasana hati yang murung dan suram
  2. Tidakadanyakeinginanuntukmelakukankegiatan
  3. Penurunan berat badan
  4. Gangguanpola tidur/ insomnia
  5. fatique dan kurang berenergi
  6. Selalu merasa bersalah dan tidak berguna
  7. Sulit berkonsentras

C. Perawatan Untuk Gangguan Depresi Mayor

1. Memberi obat-obatan

Terapi obat yang telahdiresepkan dokter pada klien gangguan depresi mayor ialah obat antidepresan, penstabil mood, dan antipsikotik. Obat-obatan ini biasanya harus dikonsumsi selama 2-4 minggu atau sesuai rekomendasi dokter.Jika anda tidak merasa adanya perubahan atauu efek dari obat tersebut  setelah 4 minggu, atau telah mencoba lebih dari 2 tipe obat antidepresan, dokter akan memberikan atau menggati terapi obat yang lain.

2. Terapi

Bentukterapimerupakan metode kunci untuk mengurangi gejala gangguan depresi mayor. Jenisterapi yang dimaksudadalahsebagaiberikutdiantaranya :

  1. Konseling: dilakukan bila keluhan klien  spesifik, seperti baru saja kehilangan orang tersatang
  2. Terapi kognitif perilaku: dilakukan untuk memahami cara berpikir pada penderita gangguan mayor

3. Terapi stimulasi otak

Pada jenispengobatan yang ketigaini terapi stimulasi otak bukan metode utama dalam pengobatan gangguan depresi mayor, tapi bisa dilakukan bila pendekatan lain seperti obat-obatan maupun psikoterapi. Dalam perawatan, pasien akan diberikan opsi untuk menjalani terapi elektrokonvulsif atau stimulasi magnetik transkranial repetitif (rTMS).

 

 

DaftarPustaka

Diakses Pada 15 Oktober 2022 https://www.sehatq.com/artikel/gangguan-depresi-mayor-dan-kondisi-yang-dapat-memicunya

Diakses Pada 15 Otiber 2022 https://ciputrahospital.com/kenali-gangguan-depresi-mayor/

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penulis: 
Ns. PustaHati, S.kep
Sumber: 
Perawat Rumah Sakit Jiwa Daerah

Artikel

31/12/2022 | Okta Verida Andriani, S.Kep Ners
31/12/2022 | Ns. NURHAYATI,S.Kep.
31/12/2022 | Ns. NURHAYATI,S.Kep.
18/06/2022 | Gita Riskika,S.Farm.,Apt
30/06/2016 | Wieke Erina Ariestya, S.Kep.Ners
18/06/2022 | Gita Riskika,S.Farm.,Apt

ArtikelPer Kategori