BERIKAN MOTIVASI DAN LATIHAN BERFIKIR POSITIF KEPADA PASIEN COVID-19

Saat ini pandemi COVID-19 merupakan sebuah krisis global yang tidak hanya mengancam kesehatan masyarakat secara fisik, namun juga mengancam secara mental. Begitu banyak berita buruk tentang covid-19 yang menyebabkan kematian yang diterima dari media massa maupun dari lingkungan sekitar, membuat masyarakat cemas akan hidup diri mereka sendiri.

Dalam rangka kegiatan pengabdian Masyarakat diisolasi terpusat Asrama Haji Provinsi Kepulauan Bangka Belitung UPTD.Rumah Sakit Jiwa Daerah menurunkan Tim untuk memberikan kiat-kiat menghadapi covid 19 dengan membangun pikiran positif dan memberikan motivasi kepada pasien covid-19 dan tenaga medis yang sedang bertugas diasrma haji.

dr.Imelda Gracia Gani, Sp.KJ mengatakan "faktor lain yang dapat menjadi pencetus kecemasan di masyakarat pada masa pandemi COVID-19 adalah stres akibat isolasi sosial atau physical distancing. akibat kecemasan yang berlebihan pada masa karantina dapat menimbulkan perasaan takut, cemas, khawatir dan merasakan ancaman".

"Semuanya menimbulkan emosi dan pikiran negatif yang dapat meningkatkan produksi hormon kartisal yang dapat menurunkan imunitas tubuh ujarnya".

Salah satu penyebab perasaan-perasaan negatif tersebut adalah keputusasaan yang timbul dari signifikansi krisis COVID-19 dan kurangnya kemampuan masyarakat untuk membantu berkontribusi dalam penanganannya.

Diansari Evita, S.Kep Ners beserta Kristianus Triyaspodo,S.Kep, M.Keb, Sp.Kep.J. memberikan latihan berfikir positif dengan cara memberikan latihan berfokus pada lima jari dan latihan otot progresif yang dipraktekkan langsung oleh pasien covid.

Diakhir acara pasien covid-19 dan seluruh tenaga medis yang ada diasrama haji mengisi formulir yang telah disediakan oleh pihak Rsjd dimana hasil dari google fom dan fomulir langsung dievaluasi oleh dr.Imelda Gracia Gani selaku dr spesialis kesehatan jiwa dirumah sakit jiwa daerah dan tim. PENGA

Acara berlangsung tetap menggunakan standar protokol kesehatan. diharapkan dengan adanya kegiatan ini para pasien covid-19 dapat memberikan ketenangan jiwa, mental mereka dalam masa-masa isolasi.

#semogalekasmembaik

#semangatsehat #salamsehatjiwa

#lawancovid19

#patuhiprotokolkesehatancovid19

#rsjdbabel

#dinkesbabel

 

Sumber: 
Pranata Humas
Penulis: 
Ade Herfitriyanti
Fotografer: 
Ade Herfitriyanti
Editor: 
Gugianti,SH