Subscribe to Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung feed
Updated: 4 hours 6 min ago

Dinkes Babel Raih Raport kinerja Perangkat Daerah 2023 Terbaik 3

Tue, 04/02/2024 - 10:49

PANGKALPINANG - Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meraih raport kinerja perangkat daerah tahun 2023 terbaik 3. Penghargaan ini diserahkan oleh PJ Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Safrizal ZA kepada Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dr. Andri Nurtito, MARS dalam kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2025, yang bertempat di Gedung Aula Graha Timah pada Senin (01/04/2024).

Saat membuka kegiatan, Safrizal menjelaskan bahwa dalam Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 diamanatkan bahwa Pemerintah Daerah sebagai salah satu entitas berkewajiban menyusun dokumen perencanaan pembangunan daerah, baik bersifat jangka panjang (RPJPD), jangka menengah (RPJMD), maupun jangka pendek (RKPD).

"Pada tematik tahapan pembangunan jangka menengah, untuk lima tahun pertama bahwa kebijakan pembangunan daerah diarahkan untuk memperkuat pondasi pembangunan berkelanjutan," jelasnya.

"Tema pembangunan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2025 adalah “Penguatan Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan dalam Meningkatkan Daya Saing Daerah," kata ujar Safrizal.

"Fokus pembangunan diprioritaskan pada pertama, peningkatan produktifitas berbasis sektor unggulan meliputi kelautan dan perikanan, pertanian dan umkm serta menjaga keseimbangan lingkungan yang berkelanjutan," ujarnya.

Kedua, lanjutnya, pembangunan infrastruktur yang terkoneksi dengan kawasan pertumbuhan ekonomi, serta ketiga peningkatan kapasitas sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing.

"Sejalan dengan tema pembangunan jangka menengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yaitu sebagai mandala pengembangan quality tourism dan ekonomi biru, penguatan transformasi ekonomi Bangka Belitung tahun 2025 dirumuskan untuk penguatan ekonomi hijau dan pengembangan ekonomi biru,  terutama pada perikanan dan EBT berbasis kelautan," ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, diserahkan juga Penghargaan Pembangunan Daerah kepada kabupaten/kota tingkat provinsi tahun 2024, antara lain Kabupaten Bangka Tengah meraih peringkat pertama untuk kategori kabupaten, disusul Kabupaten Belitung Timur dan Kabupaten Belitung. Kota Pangkalpinang meraih peringkat pertama untuk kategori kota.

Diserahkan juga apresiasi kepada Ombudsman dan Badan Pusat Statistik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang telah memberikan dukungan bagi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dr. Andri Nurtito, MARS menyampaikan apresiasinya atas prestasi Raport Kinerja Perangkat Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang diraih.

"Terima kasih atas upaya dan kinerja rekan-rekan di Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Semoga dapat dipertahankan atau bahkan ditingkatkan prestasi," lanjutnya.

"Dinas Kesehatan sepenuhnya akan mendukung pembangunan kesehatan bagi masyarakat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, baik secara kualitas maupun kuantitas. Penyediaan pelayanan kesehatan yang menyeluruh tidak hanya pelayanan dasar, tetapi juga rujukan. Kita akan memberikan yang terbaik bagi masyarakat," pungkas Andri.

Sumber: Tim Media Dinkes Babel & Bappeda BabelPenulis: Adinda Chandralela Fotografer: Bappeda BabelBidang Informasi: Dinkes

Kadinkes Babel: Proteksi Anak-Anak Babel dengan Imunisasi Rotavirus

Thu, 03/28/2024 - 08:00

PANGKALPINANG - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dr. Andri Nurtito, MARS menegaskan bahwa diperlukan upaya proteksi anak-anak di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan imunisasi rotavirus (RV). Hal ini disampaikannya saat membuka Sosialisasi dan Pengisian Instrumen Penilaian Paska Pencanangan Imunisasi Rotavirus (RV) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Rabu (27/03/2024) melalui virtual. 

"Pelaksanaan imunisaasi rotavirus ini merupakan salah satu upaya kita untuk memproteksi anak-anak di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dari penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I)," ujar Andri.

"Untuk itu, kami mengucapkan terima kasih kepada perwakilan Direktorat Pengelolaan Imunisasi Kementerian Kesehatan RI dan Tim Clinton Health Acces Initiative (CHAI) Indonesia yang telah men-support dan memfasilitasi Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk menyelenggarakan kegiatan ini," lanjutnya.

Andri menjelaskan bahwa kegiatan ini diselenggarakan untuk menilai berbagai komponen paska pencanangan introduksi RV yang telah dilaksanakan sejak Agustus 2023.

"Melalui instrumen ini, masalah yang terjadi di awal pelaksanaan implementasi RV dalam imunisasi program dapat diidentifikasi," jelas Andri.

"Diharapkan rangkaian  introduksi imunisasi Rota Virus (RV), yang salah satunya adalah  tahapan penilaian sebelum dan setelah pencanangan, sebagai bahan pembelajaran dan dasar dalam pengambilan  keputusan agar pemberian  imunisasi RV dapat optimal," tegas Andri.

Sementara Plt. Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, M. Rais Haru menjelaskan bahwa kegiatan ini dihadiri oleh subkoordinator surveilans dan imunisasi dinas kesehatan kabupaten/kota, pengelola program imunisasi dinas kesehatan kabupaten/kota, serta koordinator puskesmas kabupaten/kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, kecuali Belitung.

"Kegiatan imunisasi rotavirus untuk di Kabupaten Beitung sudah dilaksanakan terlebih dahulu. Untuk tahun ini, kita upayakan pelaksanaan di enam kabupaten/kota yang belum," lanjutnya.

"Penilaian  paska  pencanangan imunisasi dibutuhkan  untuk memperoleh gambaran situasi  di  lapangan, identifikasi tantangan dan menyusun strategi serta solusi  untuk memastikan bahwa seluruh bayi mendapatkan imunisasi RV," ujarnya.

"Oleh karena itu, dibutuhkan kerja sama dari setiap kabupaten/kota untuk memahami cara pengisian dan memberikan informasi kepada puskesmas di wilayahnya agar hasil pengisian dapat optimal," ucap Rais.

"Dalam kegiatan ini, kami juga memandu para pengelola untuk mengisi tahapan asesmen. Kami optimis jika progres pengisian dapat berjalan tepat waktu, yaitu sebelum 03 April 2024 sehingga kita dapat melangkah ke tahap selanjutnya," pungkas Rais.
Sosialisasi difasilitasi oleh Saudari Enni Ristiyani (Dinkes Babel) dan dr. Stella Benita (CHAI).

Sumber: Tim Media Dinkes BabelPenulis: Adinda Chandralela Fotografer: Adinda Chandralela Bidang Informasi: Dinkes

Ramadan 2024, Pegawai Dinkes Babel Buka Puasa Bersama dengan PJ Gubernur Babel

Thu, 03/14/2024 - 11:55

PANGKALPINANG - Mengawali Ramadan 2024, Kepala Dinas dan pegawai Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Dinkes Babel) menghadiri acara buka puasa bersama di rumah dinas Gubernur Kepulauan Bangka Belitung pada Rabu (13/03/2024).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dr. Andri Nurtito, MARS menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka rangka mensyiarkan bulan Suci Ramadhan 1445 H/2024 M.

“Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung berkenan menjalankan ritual Ramadhan bersama dengan pegawai Dinkes Babel. Kegiatan ini diawali dengan berbuka puasa, dilanjutkan dengan Sholat Maghrib, Sholat Isya, dan Sholat Sunnat Tarawih berjamaah bersama,” lanjut  Andri.

“Momen ini menjadi ajang kebersamaan dan silaturahmi kita. Tentunya hal ini akan menambah kekompakan dan sinergi bukan hanya dalam urusan kedinasan, tetapi juga dalam kekeluargaan,” ujarnya.

“Kita dapat merasakan kesedehanaan dan kehangatan dalam penerimaan keluarga Bapak PJ Gubernur, Safrizal ZA. Insyaallah  silaturahmi  ini menjadi kegiatan yang baik dan termasuk dalam sesuatu yang disukai Allah SWT. Aamiin,” pungkas Andri.

Silakan tonton keseruan caranya di https://youtube.com/shorts/SvSVYFQf4S4?si=bVa-tEekfm7r0K-m.

 

 

Sumber: Tim Media Dinkes BabelPenulis: Adinda ChandralelaFotografer: Khadafi/Malinda L/Vivi/Deka (Video)Bidang Informasi: Dinkes

Tim Kerja Perencanaan dan Anggaran Dinkes Babel Susun Strategi Tingkatkan Capaian Kinerja Perangkat Daerah

Tue, 02/06/2024 - 14:57

PANGKALPINANG - Tim Kerja Perencanaan dan Anggaran (timjarenggar) Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyusun strategi untuk meningkatkan capaian kinerja perangkat daerah. Hal ini dijelaskan oleh anggota timjarenggar Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Lensi Damayanti saat menyampaikan paparan dalam Rapat Koordinasi Pelaksanaan APBD 2024 dan Penggunaan SIPD RI, yang diselenggarakan di Ruang Pertemuan Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Senin (05/02/2024).

“Timjarenggar akan selalu berkoordinasi dan berkolaborasi dengan Tim Sekretariat, selaku penanggungjawab perencanaan, anggaran, dan keuangan perangkat daerah,” lanjut Lensi.

“Tim kerja tidak hanya menjadi supporting unit. Kami juga akan terlibat dengan melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan, terutama terkait realisasi dan kualitas SPJ,” ujarnya.

“Kenaikan persentase realisasi year on year pada Desember 2022 dan 2023 adalah 5,97 persen. Hal ini disebabkan oleh kinerja keuangan semester 2 tahun anggaran 2023 lebih besar dan kenaikannya konstan dibanding kinerja keuangan tahun 2022, terutama pada September, Oktober, dan November,” papar Lensi.

 “Kami yakin realisasi keuangan mencapai target yang ditetapkan, bahkan kita akan mengetahui berbagai kendala di awal dengan menganalisa hal tersebut secara rutin. Dengan demikian,  timjarenggar optimis dapat meningkatkan capaian kinerja Dinkes Babel,” ucap Lensi.

“Timjarenggar juga berupaya untuk meminimalisasi temuan pemeriksaan. Kami akan mulai memetakan temuan yang terjadi sehingga tidak terjadi hal yang berulang. Kami akan segera melakukan follow up terkait permasalahan yang terkait dengan Tim kerja Perencanaan dan Anggaran,” lanjut Lensi.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dr. Andrti Nurtito, MARS menyatakan dukungannya atas rencana kerja yang disampaikan oleh timjarenggar.

“Rencana tindak lanjut yang disusun timjarenggar sangat baik, tetapi perlu dilakukan pendalaman agar jelas tahapan pelaksanaan yang akan ditempuh,” lanjut Andri.

“Saya sangat mengapresiasi dengan pembentukan tim kerja di Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Setelah timjarenggar, kita akan mengikuti paparan dari tim kerja promosi kesehatan, mutu, penyakit tidak menular, dan alat kesehatan,” sambungnya.

“Mungkin pembentukan tim kerja ini merupakan sesuatu yang baru untuk di instansi kita, tetapi hal ini sudah berlaku di instansi vertikal, misalnya di Kementerian Kesehatan RI. Oleh karena itu, kita yakin  kiprah tim kerja dalam meningkatkan capaian kinerja Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” pungkas Andri.

 

Sumber: Tim Media Dinkes BabelPenulis: Adinda ChandralelaFotografer: Adinda ChandralelaBidang Informasi: Dinkes