Subscribe to Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung feed
Updated: 3 hours 54 min ago

Tim Kerja Perencanaan dan Anggaran Dinkes Babel Susun Strategi Tingkatkan Capaian Kinerja Perangkat Daerah

Tue, 02/06/2024 - 14:57

PANGKALPINANG - Tim Kerja Perencanaan dan Anggaran (timjarenggar) Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyusun strategi untuk meningkatkan capaian kinerja perangkat daerah. Hal ini dijelaskan oleh anggota timjarenggar Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Lensi Damayanti saat menyampaikan paparan dalam Rapat Koordinasi Pelaksanaan APBD 2024 dan Penggunaan SIPD RI, yang diselenggarakan di Ruang Pertemuan Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Senin (05/02/2024).

“Timjarenggar akan selalu berkoordinasi dan berkolaborasi dengan Tim Sekretariat, selaku penanggungjawab perencanaan, anggaran, dan keuangan perangkat daerah,” lanjut Lensi.

“Tim kerja tidak hanya menjadi supporting unit. Kami juga akan terlibat dengan melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan, terutama terkait realisasi dan kualitas SPJ,” ujarnya.

“Kenaikan persentase realisasi year on year pada Desember 2022 dan 2023 adalah 5,97 persen. Hal ini disebabkan oleh kinerja keuangan semester 2 tahun anggaran 2023 lebih besar dan kenaikannya konstan dibanding kinerja keuangan tahun 2022, terutama pada September, Oktober, dan November,” papar Lensi.

 “Kami yakin realisasi keuangan mencapai target yang ditetapkan, bahkan kita akan mengetahui berbagai kendala di awal dengan menganalisa hal tersebut secara rutin. Dengan demikian,  timjarenggar optimis dapat meningkatkan capaian kinerja Dinkes Babel,” ucap Lensi.

“Timjarenggar juga berupaya untuk meminimalisasi temuan pemeriksaan. Kami akan mulai memetakan temuan yang terjadi sehingga tidak terjadi hal yang berulang. Kami akan segera melakukan follow up terkait permasalahan yang terkait dengan Tim kerja Perencanaan dan Anggaran,” lanjut Lensi.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dr. Andrti Nurtito, MARS menyatakan dukungannya atas rencana kerja yang disampaikan oleh timjarenggar.

“Rencana tindak lanjut yang disusun timjarenggar sangat baik, tetapi perlu dilakukan pendalaman agar jelas tahapan pelaksanaan yang akan ditempuh,” lanjut Andri.

“Saya sangat mengapresiasi dengan pembentukan tim kerja di Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Setelah timjarenggar, kita akan mengikuti paparan dari tim kerja promosi kesehatan, mutu, penyakit tidak menular, dan alat kesehatan,” sambungnya.

“Mungkin pembentukan tim kerja ini merupakan sesuatu yang baru untuk di instansi kita, tetapi hal ini sudah berlaku di instansi vertikal, misalnya di Kementerian Kesehatan RI. Oleh karena itu, kita yakin  kiprah tim kerja dalam meningkatkan capaian kinerja Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” pungkas Andri.

 

Sumber: Tim Media Dinkes BabelPenulis: Adinda ChandralelaFotografer: Adinda ChandralelaBidang Informasi: Dinkes

Hari Gizi Nasional ke-64 Tahun 2024

Thu, 01/25/2024 - 11:00

Pembangunan kesehatan bukan hanya tanggung jawab personal, kelompok, juga instansi, melainkan kita bersama sehingga dapat turut mendorong pencapaian RPJMN bidang kesehatan.

Angka stunting d Indonesia masih tinggi. Penanganan stunting harus menjadi perhatian khusus terhadap pentingnya pemenuhan gizi ibu sejak hamil, menyusui dan gizi pada balita (1000 HPK).

Hari Gizi Nasional ke 64 Tahun 2024 bertemakan MP-ASI kaya Protein hewani cegah stunting dengan slogan MP-ASI Berkualitas untuk Generasi Emas. 

Hari ini menjadi momentum berbagai pihak untuk membangun gizi menuju Indonesia Sehat melalui gizi seimbang dan produksi pangan berkelanjutan.

Selamat Hari Gizi Nasional ke 64!

-25 Januari 2024-

#dinkesbabel #babelsehat #generasiemas #MPASIpanganlokal #giziberkualitas #MPASIOkeGenEmas #HGN64 #HGN2024 #MPASIberkualitas #adindaclela 

Sumber: Tim Media Dinkes BabelPenulis: Adinda ChandralelaFotografer: Andini/Promkes Dinkes BabelBidang Informasi: Dinkes

Gelar Family Gathering 2024, Kadinkes Babel Yakin Pegawai Semakin Kompak

Tue, 01/16/2024 - 14:46

PANGKALPINANG - Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar Family Gathering di Pantai Pasir Padi pada Kamis (11/01/2024). Dalam arahannya, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dr. Andri Nurtito, MARS yakin kegiatan ini akan menjalin kekompakan seluruh pegawai.

"Selain menjalin kekompakan, kegiatan ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi dan keakraban seluruh pegawai di lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, baik PNS maupun tenaga honorer," lanjut Andri.

"Saya sangat mengapresiasi panitia dan seluruh pegawai atas penyelenggraan kegiatan acara ini. Seperti yang kita ketahui, kegiatan ini sempat tertunda karena adanya pandemi covid-19 di tahun sebelumnya," ujarnya.

Namun demikian, lanjutnya, saya dapat melihat semangat para peserta yang antusias dengan kegiatan. "Saya berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan secara rutin setiap tahun karena dapat menjadi bonding untuk kita semua sehingga dapat lebih kompak bekerja sama di lintas bidang," tutur Andri.

Sementara Ketua Panitia Family Gathering Dinkes Babel, Ratu Zainab Amin melaporkan bahwa kegiatan ini diselenggarakan secara bersama, baik dari segi materiil maupun moriil.

"Kegiatan yang digelar hanya untuk fun. Untuk itu, panitia menyiapkan empat permainan, yaitu tebak kata, estafet sarung, memasukkan paku ke dalam botol, balap sarung, dan yel-yel terbaik," jelas Ratu.

"Juara umum jatuh pada Bidang Sumber Daya Kesehatan dan juara kedua adalah Bidang Kesehatan Masyarakat. Tidak penting siapa yang menang atau siapa yang kalah. Yang penting komompakan kita tidak hanya di acara ini, tetapi juga di kegiatan kedinasan kita," pungkas Ratu.

Video kegiatan dapat dilihat dilihat di https://youtu.be/qZvWj76HLwE?si=qtPyq1b2VQq2d5N1  atau https://dinkes....

Sumber: Tim Media Dinkes BabelPenulis: Adinda Chandralela Fotografer: Randhika/KhadafiBidang Informasi: Dinkes

Indeks Kepuasan Masyarakat Semester 2 Tahun 2023

Mon, 01/08/2024 - 15:30

PANGKALPINANG - Indeks kepuasan masyarakat merupakan indikator penilaian sejauh mana kualitas layanan publik yang diberikan kepada masyarakat. Analisis hasil survei kepuasan masyarakat merupakan salah satu upaya untuk mengukur dan mengevaluasi kualitas layanan yang diberikan oleh penyelenggara pelayanan publik, khususnya Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, kepada masyarakat.

Adapun survei ini diselenggarakan pada Tahun 2023 semester 2, dengan melibatkan 50 responden.

Terima kasih atas partisipasi responden dalam pengisian kuesioner survei. Insyaallah fasilitas dan sarana/prasarana dalam pelayanan publik menuju lebih baik, baik secara kuantitas maupun kualitas.

#dinkesbabel #babelsehat #pelayananpublik #uptlabkesdinkesbabel #klinikpratamababel #timmediadinkesbabel #pscdinkesbabel #ikmdinkesbabel #datinkesehatan #adindaclela 

Sumber: Tim Media Dinkes BabelPenulis: Adinda Chandralela Bidang Informasi: Dinkes

Dinkes Babel Terima Award Pelayanan Publik Peringkat Kedua Terbaik se-Babel

Fri, 01/05/2024 - 12:19

PANGKALPINANG - Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menempati peringkat kedua terbaik dalam Penganugerahan Predikat Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2023. Event awarding ini diselenggarakan oleh Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung pada Kamis (04/01/2024).

Dalam sambutannya, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Safrizal ZA menyatakan bahwa penghargaan ini merupakan salah satu wujud sinergitas antara Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Kepulauan Bangka Belitung. 

"Hal ini merupakan bentuk apresiasi kepada pemerintah provinsi, kabupaten dan kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terhadap tingkat kepatuhan dalam penyelenggaraan pelayanan publik," ujar Safrizal.

Safrizal mengungkapkan bahwa penyelenggaraan pelayanan publik merupakan kewajiban seluruh pejabat dan aparatur penyelenggara negara maupun pemerintah tanpa kecuali.

"Kita semua berkomitmen dan bertanggung jawab melaksanakannya sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik," tuturnya.

Bahkan, lanjut Safrizal, dalam Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009, secara tegas mengatur perihal sanksi bagi pejabat penyelenggara pelayanan publik, baik yang dengan sengaja maupun lalai dalam memenuhi kewajiban pelayanan. 

"Berdasarkan hal tersebut, khususnya perangkat daerah dan unit pelayanan publik, baik di tingkat provinsi, kabupaten, maupun kota, dituntut untuk dapat memenuhi standar pelayanan publik dengan memenuhi aspek dan indikator yang  ditetapkan," tegas Safrizal.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dr. Andri Nurtito, MARS mengungkapkan bahwa Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung selalu berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Dengan hasil penilaian kedua terbaik dalam Penganugerahan Penilaian Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2023 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,  Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung semakin berkomitmen untuk meningkatkan fasilitas penunjang pelayanan publik," ujar Andri.

"Tidak hanya memenuhi sarana dan prasarana, kami juga berupaya untuk fokus pada kualitas pelayanan, mulai dari profesionalitas sumber daya manusia hingga budaya pelayanan prima," lanjutnya.

"Salah satu topik dalam pelayanan publik adalah pengaduan. Saya  mengajak masyarakat untuk dapat mengawasi kinerja pelayanan kami dengan menyampaikan permasalahan yang terjadi, juga masukan dan saran kepada kami melalui kanal pengaduan yang telah disiapkan," pungkas Andri.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Ombudsman Republik Indonesia, khususnya Perwakilan Kepulauan Bangka Belitung, yang memberikan pendampingan dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Insyaallah kualitas pelayanan publik Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadi lebih baik," pungkas Andri.

Sumber: Tim Media Dinkes BabelPenulis: Adinda Chandralela Fotografer: Tim IKP Diskominfo Babel (babelprov.go.id)/RodiahBidang Informasi: Dinkes

Selamat Hari Ibu….

Fri, 12/22/2023 - 13:49

Selamat Hari Ibu untuk Emak-Emak di seantero raya.

Insyaallah selalu sehat n sejahtera. Yakinkan  diri untuk selalu bahagia. Bahagiamu… bahagia kita semua.

22 Desember 2023

 

#dinkesbabel #babelsehat #hariibu2023 #transformasikesehatan #sohibsehat#timmediadinkesbabel #adindaclela 

Sumber: Tim Media Dinkes BabelPenulis: Adinda ChandralelaBidang Informasi: Dinkes

PNS Berprestasi Dinkes Babel 2023: Meiristia Q & Zulfikri T

Mon, 12/18/2023 - 13:27

PANGKALPINANG - Lembar penghargaan diserahkan oleh PJ Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Safrizal ZA dan Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Naziarto, dalam Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun KORPRI ke-52 Tahun 2023, yang diselenggarakan di Halaman Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung pada Senin, 18 Desember 2023.

Selamat untuk Mbak Tia n Bang Zul.

#dinkesbabel #transformasikesehatan #babelsehat #pnsbabel #pnsberprestrasi #prestasipnsbabel #hutkorpri52 #hutkorpri2023 #korpribabel #adindaclela

Sumber: Tim Media Dinkes BabelPenulis: Adinda Chandralela Fotografer: Tim BKPSDMD BabelBidang Informasi: Dinkes

Rakerkesda 2023, Dinkes Babel Bahas Langkah Strategis Program dan Kegiatan

Thu, 12/14/2023 - 16:07

SUNGAILIAT - Dalam Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Tahun 2023, unsur pimpinan Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membahas langkah strategis program dan kegiatan. Saat membuka pertemuan, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dr. Andri Nurtito, MARS mengungkapkan bahwa dalam hal pelaksanaan program dan kegiatan bidang kesehatan, perlu dilakukan pembinaan, pengawasan, dan pengendalian yang dalam hal ini dikenal dengan monitoring dan evaluasi, Selasa (12/12/2023).

"Perlu pembahasan langkah strategis agar implementasi pelaksanaan program dan kegiatan sesuai dengan target yang telah ditetapkan dalam perencanaan," ujar Andri.

Dalam Pertemuan Sinkronisasi Program Kesehatan dan Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Tahun 2023 yang diselenggarakan di Hotel Novilla ini, Andri menjelaskan bahwa monitoring dan evaluasi ini diharapkan dapat mengidentifikasi data dan informasi terkait pencapaian sasaran pada pelaksanaan program dan kegiatan bidang kesehatan tahun 2022 dan tahun 2023 di seluruh kabupaten/kota.

"Dengan demikian, kita dapat mengidentifikasi kendala dan permasalahan yang ditemukan dalam pencapaian sasarannya sehingga dapat merumuskan rekomendasi untuk penyusunan dokumen perencanaan tahun mendatang," lanjutnya.

"Hasil monitoring dan evaluasi selanjutnya digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan, khususnya dalam penyusunan rencana pembangunan. Oleh karena itu, monitoring dan evaluasi memiliki peran penting sebagai proses input perencanaan dalam siklus pengelolaan pembangunan," papar Andri.

"Saat ini, pembinaan, pengawasan, dan pengendalian program sudah terintegrasi dengan baik secara elektronik atau dikenal dengan istilah e-monev, sudah berjalan dengan baik, di tingkat pusat dan daerah sehingga pelaporan dan permasalahan dalam pelaksanaan program dan kegiatan dapat dengan mudah disampaikan dan ditindaklanjuti," tegas Andri.

Selain unsur pimpinan Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, kegiatan ini diikuti oleh dinas kesehatan kabupaten/kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pertemuan ini dilaksanakan selama tiga hari, mulai 12 sampai dengan 14 Desember 2023. Kegiatan ini juga melibatkan narasumber dari Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan, Biro Perencanaan Kementerian Kesehatan Badan Keuangan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dan Bappeda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sumber: Tim Media Dinkes BabelPenulis: Adinda Chandralela Fotografer: Tim Perencanaan Dinkes BabelBidang Informasi: Dinkes

Komitmen Laksanakan Transformasi Kesehatan, Dirjen Nakes Gelar Evaluasi Pembinaan Wilayah di Babel

Fri, 12/08/2023 - 12:42

PANGKALAN BARU - Komitmen dalam melaksanakan transformasi kesehatan, Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menggelar evaluasi pembinaan wilayah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 
Hal ini disampaikan oleh Direktur Direktorat Pendayagunaan Tenaga Kesehatan, Anna Kurniati, SKM, MA, PhD. saat menyampaikan arahannya dalam Pertemuan Evaluasi Pembinaan Wilayah (Binwil) Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan Tahun 2023, yang diselenggarakan di Hotel Novotel, pada Kamis (07/12/2023).

"Kegiatan evaluasi pembinaan wilayah ini tentu tidak lepas dari komitmen Kementerian Kesehatan dalam melaksanakan tranformasi kesehatan. Hal ini merupakan upaya kita untuk mengakselerasi capaian yang menjadi target kinerja Kementerian Kesehatan," ujarnya.

"Di dalam tranformasi kesehatan sebagaimana diketahui terdiri atas enam pilar, yaitu layanan primer, layanan rujukan, pembiayaan kesehatan, sistem ketahanan pangan, SDM kesehatan, dan teknologi kesehatan. Keseluruhannya tidak terpisahkan dari upaya bersama supaya transformasi kesehatan dapat dilaksanakan," lanjutnya.

Tentunya, lanjut Anna, tranformasi sistem kesehatan yang sudah dicanangkan oleh Bapak Menteri Kesehatan tidak bisa dilakukan dengan baik kalau hanya dilakukan Kementerian Kesehatan.
"Diperlukan sinergi antara pusat dan daerah. Melalui kegiatan pembinaan wilayah inilah yang kita harapkan sinergi antara pusat dan daerah," tegasnya.

"Harapan kita, tentu apa yang sudah kita laksanakan dalam tranformasi kesehatan memerlukan partisipasi dari seluruh pihak, termasuk masyarakat, sehingga menjadi satu gerakan bersama, selaras, dan sejalan di dalam tranformasi kesehatan," paparnya.

"Pada intinya, yang menjadi komitmen di dalam tranformasi sistem kesehatan itu adalah cara kita untuk bisa memenuhi apa yang menjadi hak masyarakat, yaitu hak untuk hidup sehat," ungkap Anna.

Sementara dalam sambutannya, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dr. Andri Nurtito, MARS menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan pertemuan evaluasi binwil di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
"Kami menghaturkan apresiasia atas terpilihnya Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai tempat penyelenggaraan pertemuan binwil ini," ujar Andri.

"Kami dengan suka cita menerima Bapak Ibu Dirjen Nakes dan juga Dinas Kesehatan dan Politeknik Kesehatan yang berada di wilayah Riau, Sulawesi Tenggara, Jawa Timur, dan Papua Barat. Semoga dapat meluangkan waktu untuk menikmati keindahan alam dan kuliner di daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," pungkas Andri.

Sumber: Tim Media Dinkes BabelPenulis: Adinda Chandralela Fotografer: Adinda Chandralela Bidang Informasi: Dinkes