Error message

Deprecated function: Array and string offset access syntax with curly braces is deprecated in include_once() (line 20 of /home/rsjbabe3provgo/public_html/includes/file.phar.inc).
Subscribe to Berita Provinsi Kepulauan Bangka Belitung feed
Updated: 5 hours 31 min ago

Pj Gubernur Ridwan Upayakan Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan

10 hours 45 min ago

PANGKALPINANG - Guna menjamin kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat, Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Ridwan Djamaluddin mengadakan pertemuan bersama stakeholder di bidang kesehatan yang diadakan di Rumah Dinas Gubernur Kep. Babel pada Minggu (5/2/2023). 

Pertemuan ini dihadiri oleh Direktur Utama (Dirut) RSUD Dr (H.C) Ir Soekarno Provinsi Kepulauan Babel dr. Ira Ajeng Astried, Direktur UPTD RSJD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dr. Ria Agustine, Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kep. Babel Andri Nurtito, dan Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Kep. Babel M. Haris AR. 

Dirut RSUD Ira memaparkan permasalahan yang dihadapinya, antara lain akses rumah sakit yang dirasa sulit ditempuh. Meskipun Rumah sakit ini tipe B, masyarakat Kep. Babel jarang menjangkau rumah sakit ini. 

"Kalaupun ada pasien yang datang, pasti rumah sakit lain tidak sanggup. Kami juga merasa kekurangan ruang ICU. Karena pasien yang datang ke RSUP cenderung memang pasien kritis," ungkapnya. 

Pada kesempatan yang sama Direktur UPTD RSJD Ria memaparkan bahwa di RSJD terjadi keterbatasan sumber daya manusia (SDM). Hal ini semakin dirasakan ketika salah satu terapis wicara berpindah tugas. 

"Kami juga mau menyampaikan persoalan nama rumah sakit. Krena sampai saat ini RSJD belum ada namanya. Kami sudah konsultasikan ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes), lalu diarahakan bersurat ke provinsi hingga ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Tapi sampai sekarang belum tau wewenangnya siapa untuk memberikan nama rumah sakit," tambahnya. 

Mendengar permasalahan ini, Pj Gubernur Ridwan memberi tanggapan yaitu, untuk penambahan kapasitas ICU, Pj Gubernur berupaya untuk berproses ke Kemendagri RI dan DPRD agar dapat melakuakan Pergeseran Anggaran Mendahului. Selain itu, Pj Gubernur menginstruksikan untuk membuat proposal agar melibatkan pihak ketiga, sehingga tidak perlu menggunakan dana APBD. 

Menanggapi permasalah ini, Kadinkes Andri turut memberi saran terhadap permasalahan RSUP, yaitu dengan memanfaatkan periklanan. Karena dengan ditetapkannya RSUP sebagai rumah sakit tipe B, ada kelebihan RSUP yang tidak dimiliki rumah sakit lain, seperti kateterisasi jantung, endoscopy dan colomoscopy, perawatan kecantikan dengan laser CO2 fractional, serta intervensi nyeri. 

Selanjutnya untuk RSJD, Pj Gubernur Ridwan segera bersurat untuk memenambah SDM. Bukan dari segi kuantitas tapi kualitas. Sehingga yang dibutuhkan adalah tenaga profesional di RSJD. 

"Kondisi ini tidak mudah. Tapi jangan menyerah. Kita perbaiki, kita fokus prioritaskan mana dulu yg harus dikerjakan. Baru, satu-persatu kita selesaikan," pungkasnya. 

Sumber: Dinas KominfoPenulis: NatasyaFotografer: Iyas ZiEditor: Intan PitalokaKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita Kanal Konten: Kesehatan

Belajar Ceria di Kebun Rumah Dinas Gubernur, Bentuk Kedekatan dengan Masyarakat dan Penguatan Kurikulum Pendidikan

Sat, 02/04/2023 - 19:06

PANGKALPINANG - Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Provinsi Kepulaun Bangka Belitung (Kep. Babel) Sri Utami menerima kunjungan study tour education dari 232 siswa/siswi SD Negeri 39 Kota Pangkalpinang, yang bertujuan untuk "Belajar Ceria di Kebun Bu Tami", bertempat Rumah Dinas (Rumdin) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Sabtu (4/2/2023).

Sri utami mengaku sangat senang menyambut kedatangan ratusan siswa/siswi tersebut yang begitu antusias. Dirinya menyebutkan bahwa kegiatan seperti ini akan terus berlanjut, karena ini amanat dari sang suami, Pj Gubernur Kep. Babel Ridwan Djamaluddin.

"Iya, bapak ingin dengan adanya kegiatan seperti ini, menjadi bentuk kedekatan kami dengan masyarakat. Jadi nggak ada gap antara masyarakat dan kita," ujarnya.

Selain itu, dikatakan oleh Kepala SD Negeri 39 Pangkalpinang Harliza, bahwa kegiatan study tour yang membawa anak-anak muridnya ke kebun dan melihat hewan-hewan ternak yang ada di Rumdin Gubernur, merupakan kurikulum pendidikan yang berlaku saat ini.

"Kegiatan kali ini masuk ke dalam kurikulum pendidikan. Juga mengimplementasikan project penguatan pelajar pancasila, salah satunya menanamkan rasa cinta kepada alam, bersyukur kepada Tuhan atas anugerah yang sudah mereka dapatkan. Kadangkala mereka masih lalai, menganggap tanaman itu adalah hal yang biasa," ujar Harliza.

Tidak hanya itu saja, disebutkan oleh Harliza, rencananya setelah belajar dari Kebun Percontohan yang ada di Rumdin Gubernur, nantinya akan diimplementasikan pula di SDN 39 Pangkalpinang.

Kegiatan belajar ceria ini, dibagi menjadi tiga kegiatan, di mana kelas 1,2, dan 3, diajak untuk melihat juga mengenal sayur-sayuran yang telah ditanam dan hewan ternak yang ada di Rumdin Gubernur, seperti ayam, bebek, angsa, dan rusa. 

Sedangkan kelas 4 dan 5, melakukan kegiatan menanam bayam dan terong dipandu oleh Dinas Pertanian Provinsi Kep. Babel. Lalu, untuk kelas 6, diajak untuk memetik/memanen tanaman cabai yang didampingi oleh anggota TP PKK Provinsi Kep. Babel.

Untuk menambah semangat para siswa/siswi yang telah bersedia belajar bersama, Pj Ketua TP PKK mengajak anak-anak tersebut untuk bermain quiz berhadiah. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan pun berkaitan dengan pembelajaran pada hari ini. 

Kemudian, para murid juga diberikan bibit bayam dan sawi, yang harapannya dapat ditanam dan dijaga, sesuai dengan apa yang dipelajari secara singkat namun bermakna ini.

Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kep. Babel Edi Romdhoni, dan Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Kep. Babel Azami Anwar.

Sumber: Dinas KominfoPenulis: Intan PitalokaFotografer: NabilaEditor: DiniKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita

Pj Gubernur Panen Cabai di Puding Besar, Dorong Masyarakat Lebih Bersemangat Bertani

Sat, 02/04/2023 - 13:03

PUDING BESAR - Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin, menghadiri langsung dan ikut serta melakukan panen cabai merah di kebun seluas dua hektar milik Kelompok Tani Serdadu di Desa Puding Besar, Kabupaten Bangka, Jumat (3/2/2023).

Cabai menjadi salah satu komoditi yang paling dibutuhkan oleh masyarakat, khususnya di wilayah Sumatera, sekaligus penyebab tingginya inflasi di Indonesia pada tahun 2022 lalu. Untuk menurunkan inflasi itu, Pj Gubernur Ridwan Djamaluddin mengimbau agar masyarakat dapat aktif, dan terus menanam cabai.

"Bapak/Ibu para kelompok tani jangan pikir soal harga ya, soal harga nanti ditangani pemerintah. Saya mohon dengan sangat Bapak/Ibu tanam saja. Nanti soal menjaga kestabilan harga, soal pengiriman ke pasar dan lain-lain, itu biar ditangani oleh pemerintah," katanya.

Ia mendorong masyarakat untuk lebih bersemangat dalam bertani. Hanya saja, dalam prosesnya memerlukan sentuhan teknis yang perlu menjadi perhatian seperti harus dipupuk, dan dirawat dengan baik. Selain itu, bukan tidak mungkin kondisi ini akan membuka peluang lapangan kerja bagi masyarakat yang memiliki keahlian di bidang pertanian, seraya juga berharap pihak perbankan dapat mendukung upaya pertumbuhan ekonomi di sektor pertanian ini.

"Karena memang salah satu hal penting yang kita lakukan sekarang adalah menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat kita. Kalau kita berhasil membuka lapangan pekerjaan di sektor pertanian, maka kita akan melakukan transformasi ekonomi bagi masyarakat Bangka Belitung ini. Jadi, sekali lagi saya sangat mendorong bapak-bapak ibu-ibu juga yaitu silakan bertani," ujarnya.

Selain itu, disela bertani Pj Gubernur Ridwan Djamaluddin juga mendorong masyarakat untuk beternak ayam. Dikatakannya, telur ayam merupakan komoditi lain yang juga menjadi penyebab inflasi di Babel pada 2022 lalu. Ketika inflasi tinggi, setiap hari Negeri Serumpun Sebalai membeli telur dari luar sebanyak 600.000 butir. 

"Saya berharap anak-anak muda yang tinggal di Puding Besar lebih proaktif, lebih berani melakukan kegiatan-kegiatan inovatif. Saya berpikir dengan panen cabai satu hektar hasil panen kurang lebih 300 kilogram, pasti kebutuhan lebih lah dari kebutuhan masyarakat di sini. Apakah nanti mau dijadikan industri hilir sekalian mulai juga kita pikirkan, apakah cabainya nanti sebagian bisa dikeringkan, dijemur, digiling, ditumbuk, sehingga menjadi produk yang bisa dikemas dalam kemasan," katanya. 

Dalam kegiatan itu  Pj Gubernur Ridwan Djamaluddin juga menyerahkan bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kep Babel, yakni 4 unit pompa air ukuran 4 inchi, dan 2 unit tangki sprayer elektronik kepada Kelompok Tani Serdadu Desa Puding Besar. Pemprov dan pemerintah kabupaten dikatakannya secara bersama-sama mengatur agar hadiah yang diberikan oleh Pemerintah Pusat itu sampai kepada pihak-pihak yang berkontribusi.

"Jadi sekali lagi saya mengajak Bapak/Ibu, mari berusaha dari sisi masyarakat, dan kami tentunya pemerintah akan memberikan dukungan-dukungan semaksimal mungkin yang dapat kami lakukan," katanya. 

Sumber: Dinas KominfoPenulis: Lisia AyuFotografer: SaktioEditor: RanggaKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita Kanal Konten: Pertanian

Pj Gubernur Ridwan: Ayo Promosikan UMKM Bangka Belitung

Thu, 02/02/2023 - 16:26

TANGERANG - Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel), Ridwan Djamaluddin mengajak seluruh pihak untuk membantu mempromosikan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Babel. 

Hal tersebut disampaikan orang nomor satu di Babel dihadapan para awak media pada pembukaan Bazar UMKM Khas Babel yang bertempat di Booth Bangga Buatan Indonesia Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten (2/2/23). 

"Kami sangat menghargai sinergi yang dilakukan Kementerian BUMN dengan PT Angkasa Pura II Bandara Depati Amir bersama PT Timah. Perlu kolaborasi untuk mempromosikan UMKM dan pariwisata, karena itulah sesungguhnya yang menggerakkan perekonomian masyarakat," ujarnya. 

Hal ini juga yang menurutnya sering disampaikan Presiden Jokowi dalam arahannya, sehingga kegiatan ini menjadi luar biasa. Ditambah simpul persilangan orang-orang banyak beraktivitas di sini. Sehingga Pemprov Kep. Babel beserta Kabupaten/Kota, mendukung penuh dan akan memanfaatkan kesempatan baik ini. 

"Jadi kami tidak mau pasif saja, tetapi proaktif dengan membawa makanan, grup tari, dan juga anak-anak muda kami ke sini," ungkapnya. 

Pasca pandemi, Pj Gubernur juga mengatakan bahwa UMKM di Babel mulai menggeliat, mulai bangkit menjadi seperti ini, ditopang sengan hasil kerajinan yang semakin bagus. 

Termasuk kuliner yang mulai dikenal di dunia. Hanya permasalahannya, makanan di Babel akan lebih lezat jika disantap pada hari itu juga. 

Hal-hal seperti ini harus ada komunikasi dan kerjasama, supaya misalnya kue-kue, atau durian yang ada di Babel bisa sampai di kota lain pada hari yang sama. 

Jadi sekali lagi, kolaborasi ini penting. Dari 189.000 UMKM yang ada, PR besar Babel adalah promosi, sekaligus bagaimana agar UMKM naik kelas, agar perekonomiannya juga meningkat. 

"Ayo teman-teman, ikut promosikan juga ya," ajaknya kepada awak media. 

Kegiatan Bazar UMKM Khas Babel ini seyogyanyan akan dilaksanakan mulai tanggal 1 - 28 Februari 2023 dengan menampilkan 35 mitra binaan yang tergabung dalam Galeri Serumpun Sebalai Bangka sebanyak 23 mitra binaan, Rumah BUMN Belitung sebanyak 12 mitra binaan. Di samping itu juga akan menampilkan tarian daerah dari Babel. 

Bazar UMKM Khas Babel, kemudian dibuka dengan ditandai pemukulan gong oleh Pj Gubernur Ridwan, Direktur Human Capital PT Angkasa Pura II, dan Direktur SDM PT Timah. 

Sumber: Dinas KominfoPenulis: DiniFotografer: Badan PenghubungEditor: BudiKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita Kanal Konten: UMKM

Per Januari Inflasi Kep. Babel Mencapai 4,94 Persen

Wed, 02/01/2023 - 22:41

PANGKALPINANG - Badan Pusat Statistik (BPS) Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) mencatat, pada Januari 2023, gabungan dua kota di Kep. Babel yakni Pangkalpinang dan Tanjungpandan mengalami inflasi tahun ke tahun atau year on year (y-o-y) sebesar 4,94 persen dengan indeks harga konsumen (IHK) 114,96. 

"Tingkat inflasi bulanan atau month to month (m-t-m) sebesar 0,55 persen dan tingkat inflasi tahun kalender atau year to date (y-t-d) juga sebesar 0,55 persen," jelas Ahli Madya BPS Babel Hadi Surono pada rilis, Rabu (1/2/2023). 

Hadi juga memaparkan, inflasi y-o-y di Kota Pangkalpinang sebesar 4,68 persen dan deflasi m-t-m sebesar 0,10 persen, dengan IHK 113,55.  Inflasi  y-o-y  di Kota  Tanjungpandan sebesar 5,38 persen dan inflasi m-t-m sebesar 1,71 persen, dengan IHK 117,52. 

"Inflasi y-o-y gabungan dua kota di Babel bulan ini terjadi karena adanya peningkatan indeks pada hampir seluruh kelompok pengeluaran, yaitu: kelompok makanan, minuman dan tembakau sebesar 2,93 persen," tuturnya. 

Lalu, lanjut Hadi, kelompok pakaian dan alas kaki sebesar 1,37 persen; kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga sebesar 4,45 persen, kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 2,59 persen, kelompok kesehatan sebesar 1,21 persen, kelompok transportasi sebesar 15,18 persen, kelompok rekreasi, olahraga dan budaya sebesar 3,10 persen. 

Kemudian, kelompok pendidikan sebesar 1,06 persen, kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran sebesar 6,90 persen, serta kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 7,45 persen. Sementara itu kelompok yang mengalami penurunan indeks hanya kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar 0,31 persen. 

"Andil inflasi y-o-y gabungan dua kota di Babel ini utamanya disumbang oleh komoditas bensin, angkutan udara, dan rokok kretek filter. Sementara andil inflasi m-t-m utamanya disebabkan oleh komoditas beras, daging ayam ras, dan bawang merah," ungkapnya. 

Lebih lanjut, dia menuturkan, Nilai Tukar Petani (NTP) turun 1,16 persen dengan indeks sebesar 124,10. Indeks harga yang diterima petani (It) sebesar 145,16 (turun 0,48 persen) dan indeks harga yang dibayar petani (Ib) sebesar 116,97 (naik 0,69 persen). 

"Nilai Tukar Usaha Rumah Tangga Pertanian (NTUP) turun 0,48 persen dengan indeks sebesar 118,65. Dan Indeks Konsumsi Rumahtangga (IKRT) naik 0,93 persen dengan indeks sebesar 115,33. Persentase perubahan terbesar terjadi di kelompok makanan, minuman, dan tembakau yakni mencapai 1,55 persen," paparnya lagi. 

Kemudian sektor pariwisata, hotel berbintang pada Desember 2022 untuk jumlah tamu ada sebanyak 47.632 orang, naik 14,19 persen dibanding bulan sebelumnya. TPK hotel bintang sebesar 36,99 persen naik 1,75 poin dibanding bulan sebelumnya. 

"Rata-rata lama tamu menginap 1,81 hari (bulan sebelumnya 1,77 hari)," tuturnya. 

Sementara transportasi angkutan laut jumlah penumpang berangkat sebanyak 32,73 ribu orang (naik 52,06 persen dibanding bulan sebelumnya). Sedangkan jumlah penumpang datang ada 39,01 ribu orang (naik 31,19 persen dibanding bulan sebelumnya).

"Jumlah barang muat 821,59 ribu ton (naik 6,16 persen dibanding bulan sebelumnya).  Jumlah barang bongkar 352,05 ribu ton (turun 28,48 persen dibanding bulan sebelumnya)," terangnya. 

Dan transportasi angkutan udara, jumlah penumpang berangkat Bandara Depati Amir sebanyak 51,94 ribu orang (naik 9,01 persen dibanding bulan sebelumnya). Jumlah penumpang berangkat H.A.S Hanandjoeddin 29,02 ribu orang (naik 15,01 persen dibanding bulan sebelumnya). 

"Jumlah penumpang datang Depati Amir 55,27 ribu orang (naik 10,18 persen dibanding bulan sebelumnya), dan jumlah penumpang datang H.A.S Hanandjoeddin 28,86 ribu orang (naik 16,15 persen dibanding bulan sebelumnya)," sebutnya. 

BPS Babel mencatat ekspor Desember 2022 US$190,37 juta, naik 48,55 persen dibandingkan November 2022. Namun turun 40,09 persen dibandingkan Desember 2021. Untuk impor Desember 2022 senilai US$8,03 juta, turun 123,99 persen dibandingkan November 2022, naik 66,06 persen dibandingkan Desember 2021. 

"Neraca Perdagangan Desember 2022 surplus US$182,34 juta," imbuhnya.

Sumber: Dinas KominfoPenulis: IrnaFotografer: Lisia AyuEditor: Intan PitalokaKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita Kanal Konten: Ekonomi

Serentak se-Indonesia, Pimpinan Daerah Tanam 1.000 Pohon Buah

Wed, 02/01/2023 - 15:14

PANGKALPINANG - Gerakan Penanaman Serentak 1.000 Pohon Buah se-Indonesia dilaksanakan melalui aplikasi zoom yang tersambung dengan pimpinan daerah di seluruh Indonesia dan dihadiri pula oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Ibu Wury Ma'ruf Amin di Candi Borobudur, Senin (1/2/2022). 

Aksi ini didukung oleh Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM), yakni organisasi khusus gagasan Iriana dan Wury Estu Handayani, disepakati para pendamping menteri Kabinet Indonesia Maju. Organisasi OASE KIM berperan dalam menyukseskan program Kabinet Indonesia Maju sesuai kapasitas mereka sebagai pendamping.

Sedangkan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Prov. Kep. Babel), Gerakan Penanaman Serentak 1.000 Pohon Buah se-Indonesia diadakan di Kawasan Rumah Dinas Gubernur, Air Itam, Pangkalpinang. Buah yang ditanaman haruslah masuk dalam kategori hortikultura dan menjadi varietas unggulan yang berasal dari daerah masing-masing, maka terpilihlah Alpukat Roro atau Persea Americana dari Bangka Belitung.

"Hari ini, bersama Ibu Iriana dan Ibu Wury, kita menanam 30 batang bibit Alpukat Roro dan membagikan 100 bibit Durian Namlung. Bibit yang sudah kita tanam ini kita jaga supaya bisa besar dan berbuah seperti yang kita harapkan," ungkap Pj Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kep. Babel, Sri Utami yang turut menghadiri acara. 

Tidak hanya Alpukat, Durian Namlung yang menjadi varietas unggulan Kep. Babel juga turut dihadirkan pada acara. Namun, karena yang di tanam hanya satu jenis, maka penanaman hanya dilakukan pada bibit Alpukat Roro, sedangkan bibit Durian Namlung dibagikan kepada peserta yang berasal dari berbagai intansi. 

"Mudah-mudahan gerakan penanaman 1.000 pohon ini bisa menggerakkan kita semua untuk memperhatikan perilaku hidup bersih dan sehat. Serta tergerak untuk menanam atau mengisi lahan kita supaya lebih bermanfaat," ungkapnya. 

Tidak hanya Pj Ketua TP PKK Babel, kegiatan ini juga dihadiri oleh Forkopimda Kep. Babel yaitu, Kepala Bakamla, Kepala Basarnas, Kepala BNN, Kepala Kabinda, Ketua IIKT, Ketua Dharmayukti Karini dan Ketua Bhayangkari. 

Sumber: Dinas KominfoPenulis: NatasyaFotografer: DinaEditor: DiniKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita Kanal Konten: Lingkungan

Belasan Tahun Penantian Disahkannya RUU Daerah Kepulauan

Wed, 02/01/2023 - 08:18

JAKARTA - Ketua Badan Kerja Sama Provinsi Kepulauan (BKSDK) Ali Mazi, mendesak pemerintah pusat dan DPR untuk segera mengesahkan Rancangan Undang-undang (RUU) Daerah Kepulauan. Dengan hadirnya aturan tersebut diharapkan dapat mempercepat pembangunan di daerah kepulauan.

Sebagai informasi, di dalam Badan Kerja Sama Daerah Provinsi Kepulauan terdiri dari delapan provinsi kepulauan, yakni Provinsi Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Kepulauan Riau, Kepulauan Bangka Belitung, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. 

"Kami memperjuangan Rancangan Undang-Undang Daerah Kepulauan sudah sekitar 19 tahun. Kalau regulasi tidak berpihak kepada kita, kami (provinsi kepulauan) bisa mati pelan-pelan," kata Ali Mazi yang juga Gubernur Sulawesi Tenggara dalam acara Dialog Daerah Kepulauan yang diselenggarakan TEMPO Media Group II di Hotel Borobudur Jakarta, Selasa (31/1). 

Oleh karena itu, ia berharap RUU ini harus secara serius mendapat perhatian pemerintah pusat. Menurutnya, tidak ada kata lain untuk mendorong percepatan pembangunan agar indikator-indikator yang menunjukkan ketimpangan, kesenjangan daerah kepulauan tidak terus terjadi.

Kedepan, Ia bersama gubernur dari provinsi kepulauan lainnya akan bertemu kembali untuk merumuskan strategi, sehingga kebijakan pengesahan, dan percepatan RUU itu segera direalisasikan.

"Saya yakin kalau ini disikapi serius, ditambah dukungan dengan media sekaliber Tempo, tahun 2023 RUU ini bisa disahkan," harapnya.

Hal senada juga diutarakan Feri Insani, Kepala Bappeda Prov. Kep. Bangka Belitung yang hadir mewakili Penjabat Gubernur Ridwan Djamaluddin. Ia memaparkan urgensi dalam percepatan pengesahan RUU tersebut dengan menggambarkan betapa sulitnya membangun kesejahteraan di provinsi kepulauan.

"Membangun di daerah kepulauan itu tidak mudah. Butuh tantangan untuk mendatangkan investasi di daerah kepulauan. Problem kita sama, yaitu infrastruktur," katanya.

Terdapat tujuh isu krusial yang dibahas dalam  diskusi tersebut, antara lain kelautan dan perikanan, perhubungan, energi dan sumber daya mineral, pendidikan tinggi, kesehatan, perdagangan antarpulau dalam skala besar, dan isu ketenagakerjaan.

Acara juga diisi dengan diskusi panel yang diisi oleh Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono, akademisi dari bidang kelautan dan perikanan, bidang ekonomi, bidang perundang-undangan dan administrasi pemerintahan, dan bidang otonomi daerah.

Sumber: Dinas KominfoPenulis: BudiFotografer: BudiEditor: RanggaKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita Kanal Konten: Faktanya

Ini Catatan dari Mendagri atas Kinerja Penjabat Kepala Daerah

Tue, 01/31/2023 - 20:36

PANGKALPINANG - Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel), Ridwan Djamaluddin menghadiri Evaluasi Kinerja dan Pemantapan Tugas Penjabat Kepala Daerah Tahun 2023, oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) secara virtual, Selasa (31/1/23).

Dalam kesempatan ini, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Jenderal Tito Karnavian memberikan arahan terkait kinerja penjabat kepala daerah yang telah menjabat beberapa bulan terakhir.

Dirinya menyampaikan apresiasi serta terimakasih karena sampai dengan hari ini, yang paling penting menurutnya, para penjabat ini tidak ada yang kena masalah hukum. Jika sampai tersangkut masalah hukum, selain penjabat itu sendiri yang akan kena imbasnya, tentu juga akan berimbas negatif kepada kepercayaan pemerintah pusat yang menunjuk dan menugaskan. Kemudian, akan menimbulkan ketidakpercayaan kepada sistem rekrutmen.

"Saya berharap, jangan sampai terkena masalah hukum terutama tindak pidana korupsi. Salah satu akar masalah kepala daerah melakukan tindak korupsi adalah biaya politik yang mahal, cost yang tinggi untuk menjadi kepala daerah, disamping faktor lainnya," pesannya. 

Jadi seharusnya, dengan adanya mekanisme yang ditunjuk atau ditugaskan, tidak memiliki biaya politik. Dirinya sangat keras dalam hal ini, jangan sampai ada transaksional dalam bentuk apapun terhadap penjabat-penjabat ini. Karena penjabat kepala daerah bukan pejabat politik dan tidak memiliki beban politik.

"Saya lebih senang penugasan ini timbal baliknya adalah dengan berbuat baik dan melaksanakn tugas sebaik-baiknya. Yang artinya, kami bangga kalau bapak/ibu tidak ada masalah hukum, berarti kami telah memilih orang yang tepat, memilih pemimpin yang baik," pungkasnya.

Tugas utama penjabat daerah ini dijabarkannya adalah menjaga stabilitas pemerintah agar tetap berjalan menggantikan posisi pejabat definitif yang habis masa jabatannya, menjaga lingkungan politik tetap stabil meski tetap akan ada dinamika, hanya saja relatif terkendali.

Sedangkan pembatasan wewenang Pj Kepala Daerah berdasarkan UU No.23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah adalah, melakukan mutasi pegawai, membatalkan perizinan yang telah dikeluarkan pejabat sebelumnya dan/atau mengeluarkan perizinan yang bertentangan dengan yang dikeluarkan pejabat sebelumnya, membuat kebijakan tentang pemekaran daerah yang bertentangan dengan kebijakan pejabat sebelumnya, dan membuat kebijakan yang bertentangan dengan kebijakan penyelenggaraan pemerintahan dan program pembangunan pejabat sebelumnya.

Pembatasan kewenangan sebagaimana dimaksud di atas, dapat dikecualikan setelah mendapat persetujuan tertulis dari Menteri Dalam Negeri.

Dalam kesempatan ini, Mendagri Tito Karnavian juga menekankan kembali arahan Presiden Joko Widodo pada Rapat Koordinasi Nasional Kepala Daerah dan Forkopimda Tahun 2023 terutama tentang pengendalian inflasi, penurunan tingkat kemiskinan ekstrem, stunting, dan pengelolaan dana APBD.

Hasil evaluasi kemudian disampaikan oleh Inspektur Jenderal (Irjen) Tomsi Tohir, bahwa dari penilaian provinsi, dari 7 provinsi yang dikepalai oleh Pj Gubernur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung hanya memiliki satu indikator rendah, yaitu Belanja 81,31 di bawah rata-rata nasional 87,63.

Sedangkan untuk kriteria lain yaitu Pendapatan Rata-Rata Nasional, Belanja Rata-Rata Nasional, Inflasi, Tingkat Kemiskinan Ekstrem, Stunting, Realisasi P3DN, dan Pengangguran, Bangka Belitung tidak termasuk dalam kategori rendah dibanding daerah-daerah lainnya.

"Kepada rekan-rekan Penjabat Daerah, hasil penilaian atau evaluasi ini bisa dijadikan pijakan atau perhatian khusus untuk melangkah di tahun 2023 ini," ungkapnya.

Hasil evaluasi ini juga akan menjadi masukan bagi Kemendagri dalam memutuskan apakah perlu penggantian atau perpanjangan penjabat daerah, baik sebelum satu tahun atau mungkin setelah satu tahun, digantikan dengan orang yang berbeda, dengan pertimbangan kriteria lain bagi yang baru dilantik.

Sumber: Dinas KominfoPenulis: DiniFotografer: NabilaEditor: Intan PitalokaKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita Kanal Konten: Faktanya

Pesta Adat Murok Jerami, Wujud Ketahanan Pangan Desa

Mon, 01/30/2023 - 16:30

NAMANG - Desa Namang gelar Pesta Adat ”Murok Jerami” Suku Mengkanau Urang Namang dan
 Panen Program Ketahanan Pangan Nabati dan Hewani, serta
 Pengukuhan Penghargaan Desa Namang menjadi Desa Mandiri di Kawasan Sawah Pelawan Desa Namang,
 Kec. Namang, Kab. Bangka
Tengah, Senin (30/1/23).

Pesta adat yang telah berlangsung selama turun menurun ini, menjadi salah satu momen ketahanan pangan desa yang mencoba menyelaraskan program-program desa dari presiden melalui Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kementerian Desa PDTT) dengan kearifan lokal yang ada di Desa Namang. 

Dalam kesempatan ini, Direktur Jenderal Pembangunan Desa dan Pedesaan Kementerian Desa PDTT Sugito, bersama Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel), Ridwan Djamaluddin, Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman beserta rombongan, terjun langsung menghadiri acara pesta adat tahunan tersebut. 

Rombongan juga melihat hasil budidaya potensi Desa Namang dengan menebar Bibit Udang Lobster air tawar, memanen Ikan Nila, Patin, Gurami  serta budidaya ayam kampung yang menjadi program Bank Sampah, dan mencicipi Madu Kelulut.

"Saya sangat mengapresiasi atas apa yang telah dilakukan masyarakat Desa Namang. Alhamdulillah saya bersyukur, sejauh mata memandang, kita bisa melihat sawah yang subur di sekeliling kita, perikanan serta peternakan juga bagus," ujar Pj Gubernur dalam sambutannya.

Dan yang terpenting, ujarnya, semangat masyarakatnya sungguh luar biasa. Dirinya optimis dengan segala upaya prestasi yang sudah dilakukan, Kepulauan Bangka Belitung akan mampu untuk memenuhi kebutuhannya walaupun saat ini belum 100%.

"Namun, upaya yang dipimpin oleh para Kepala Desa ini adalah sesuatu yang membangkitkan optimisme, kepercayaan diri kita bersama, bahwa masyarakat Kepulauan Bangka Belitung bukanlah masyarakat yang tidak mampu untuk mandiri dan memenuhi kebutuhan pangan," tambahnya.

Dirinya berterima kasih atas dukungan Dirjen Kemendesa PDTT. Semoga terus berkenan memberikan perhatian dan dukungannya kepada Kepulauan Bangka Belitung. Dan memasuki tahun politik, Pj Gubernur berharap kegiatan seperti ini akan jauh lebih penting.

"Biarkan nanti para pimpinan kita yang bergerak di bidang politik bekerja dengan sebaik-baiknya, namun harapan saya, seluruh masyarakat terus fokus untuk membangun desa masing-masing agar kesejahteraan kita di Kepulauan Bangka Belitung ini akan semakin baik," pungkasnya.

Apresiasi juga disampaikan oleh Direktur Jenderal Pembangunan Desa dan Pedesaan Kementerian Desa PDTT Sugito. Beliau menekankan bahwa Kepulauan Bangka Belitung sejak tahun 2020 merupakan tiga dari provinsi yang sudah terbebas dari desa yang sangat tertinggal dan tertinggal, selain Provinsi DI Yogyakarta dan Bali. 

Apresiasi yang kedua, penyerapan dana desa untuk Kabupaten Bangka Tengah dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang cukup signifikan, yakni 99,74% rata-rata yang terserap pada tahun 2022 ini.

"Selamat kepada Desa Namang, selamat kepada Bangka Tengah, selamat kepada Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, semoga menjadi inspirasi bagi desa-desa di Indonesia," pungkasnya. 

Sementara Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman mengungkapkan rasa hormat, terima kasih dan bangga atas kehadiran Pak Dirjen di Desa Namang Kabupaten Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Harapan kami, di kemudian hari bapak bisa hadir kembali (6 bulan lagi), untuk kita memanen udang yang tadi sudah bapak lepaskan," ujar bupati.

Tradisi Murok Jerami Program Ketahanan Pangan yang sudah disaksikan bersama ini dikatakannya, adalah tradisi luar biasa yang dimiliki masyarakat Desa Namang dan terus akan dilestarikan sebagai salah satu ciri khas dan sumber budaya yang ada di Bangka Tengah.

"Mudah-mudahan kegiatan ini dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan dan insyaAllah desa kami telah mendapatkan penghargaan sebagai Desa Mandiri (6 desa), tadi sudah diserahkan Pak Dirjen, dan di tahun 2023 kami targetkan menjadi 20 desa untuk desa Mandiri," ujarnya.

"Selain itu, Desa Namang di tahun 2023 akan kami jadikan sebagai salah satu pusat destinasi wisata yang kedua setelah Bukit Pading," ungkapnya.

Kepala Desa Namang, Zaiwan, mengungkapkan bahwa melalui program dana desa sebesar 20% yang diberikan presiden melalui Kementerian Desa PDTT ini, digunakan untuk memfasilitasi masyarakat Desa Namang dengan Program Ketahanan Pangan Desa, baik itu nabati maupun hewani. 

"Program seperti ini memang perlu Pak, sehingga seandainya terjadi perang, masyarakat kami tidak akan kelaparan. Kemudian, mewakili teman-teman Kepala Desa Bangka Belitung, kami mohon agar ditambahkan lagi dana untuk ketahanan pangannya, supaya masyarakat kami lebih sejahtera," ujarnya.

Selain itu, dilaksanakan Pengukuhan Penghargaan Desa Namang menjadi Desa Mandiri dan Launching Program Unggulan Desa, yakni Penyerahan Sertifikat dan Penyematan Pin Desa Mandiri kepada Kepala Desa Namang, penyerahan buku bank kepada Nasabah pada Program Bank Sampah Desa, serta pemberian apresiasi kepada Nasabah Bank Sampah Teraktif, penyerahan Sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) bagi masyarakat Desa Namang secara simbolis, serta ritual Murok Jerami Pesta Adat Suku Mengkanau Urang Namang oleh pemuka adat kampung Namang.

Sumber: Dinas KominfoPenulis: DiniFotografer: Lisia AyuEditor: ImeldaKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita Kanal Konten: Pertanian

Pj Ketua TP PKK Sri Utami Berikan Materi Autisme Guna Penguatan Kompetensi Guru SLB

Fri, 01/27/2023 - 20:07

TANJUNGPANDAN - Guna memperkuat kompetensi guru di Sekolah Luar Biasa (SLB), Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Sri Utami mengadakan sekaligus memberikan materi pada Seminar Penguatan Kompetensi Guru SLB dan Sekolah Inklusi dalam Rangka Deteksi Dini Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Autisme di Prov. Kep. Babel, yang berlokasi di SLBN Tanjungpandan Belitung, pada Jumat (27/1/2023).

Dalam kesempatan itu, Sri Utami menjelaskan materi tentang 'Deteksi Dini Autisme, Karakteristik, dan Penanganannya'. Diawali dengan menginformasikan pengertian autisme, ciri-ciri, karakteristik, penyebab, dan cara penanganannya. 

Ia beralasan mengangkat hal mengenai autisme dikarenakan kasus ini terus meningkat di seluruh dunia termasuk Indonesia. Salah satu penyebabnya adalah stunting.

"Kalau banyak yang stunting, kemungkinan nanti bisa jadi ABK. Soalnya kalau tidak ditangani, anak stunting bisa menjadi tuna grahita. Jadi tidak mengherankan jika prevelensi autisme meningkat," ujarnya.

Selanjutnya, sesuai dengan tujuan diadakannya seminar ini, maka sekitar 60 orang guru SLB di Belitung dan Belitung Timur tersebut diajarkan langsung oleh terapis Pusat Layanan Autis (PLA) Kep. Babel yakni Ade Talia Oktafia dan Dini Andriyani. 

Pertama, mereka mempelajari kegiatan untuk mendeteksi dini anak autis menggunakan instrumen M-Chat yang dapat dilakukan oleh guru-guru kemudian nantinya akan ditransfer dan diisi oleh orangtua peserta didik.

Kedua, Kegiatan untuk melatih kontak mata peserta didik. Ketiga, kemampuan mengikuti instruksi untuk mengingkatkan rentang konsentrasi anak, menggunakan media balok (balok 2D dan 3D) dan metode memori.

Pelatihan kompetensi untuk asesmen ini sangat diperlukan, mengingat ahli seperti psikolog, psikiater, dan sejenisnya masih terbatas di Pulau Belitung. Jadi, mau tidak mau, guru SLB-lah yang diharapkan dapat mengasesmen muridnya.

"Sebelum adanya PLA di Belitung, makanya ini diajari bagaimana asesmen, bagaimana buat profilnya, dan bagaimana buat programnya. Karena itu sangat penting, karena tiap anak pasti berbeda-beda cara penanganannya, nggak bisa disama-ratakan," pungkasnya.

Merespon kegiatan pada hari ini, Kepala SLBN Tanjungpandan Rhama Duniati sangat mendukung penuh pelatihan seperti ini. Hal ini karena menurutnya memang ilmu terkait autisme ini masih kurang.

"Saya berharap ilmu yang didapatkan hari ini dapat menjadi pegangan untuk guru-guru yang mengikuti, yang kemudian akan dipraktikkan kepada murid-muridnya," tutupnya.

Sumber: Dinas KominfoPenulis: Intan PitalokaFotografer: NatasyaEditor: BudiKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita

Pemprov Kep. Babel-MIND ID Kembangkan Minyak Atsiri, Industri Primadona Dunia

Fri, 01/27/2023 - 18:49

PANGKALPINANG - Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Ridwan Djamaluddin, berbicara peluang potensi ekonomi di Bumi Serumpun Sebalai. Menurutnya, Babel jangan terus bergantung pada industri pertambangan.

Menurutnya, dengan kondisi lahan kritis yang cukup luas di Babel, itu merupakan hal yang harus segera dibenahi. Lahan tersebut semaksimal mungkin harus dimanfaatkan agar dapat produktif, dan memberikan potensi ekonomi. Salah satunya adalah potensi minyak atsiri yang berasal dari pohon sapu-sapu. 

"Kita jangan semata-mata bergantung dari pertambangan, kita harus mencari peluang lain. Salah satunya pengembangan potensi minyak atsiri," ujar Pj Gubernur saat menyampaikan sambutan dalam acara Ramah Tamah bersama Dewan Komisaris Mining Industry Indonesia (MIND ID) di Ruang Mahligai Rumah Dinas Gubernur, Kamis (26/1). 

Saat ini, minyak atsiri merupakan komoditas yang dibutuhkan berbagai negara untuk industri obat-obatan, parfum, kosmetika, pengolahan makanan/minuman, aromaterapi, dan lain-lain. Melihat potensi nilai ekonomi yang besar dari produk turunan tersebut, ia menilai penanaman pohon sapu-sapu di lahan pasca tambang dapat menjadikan industri pertambangan menguntungkan dari dua sisi. 

"Keuntungan pertama dari pendapatan hasil pertambangan, dan sisi lainnya, pemanfaatan lahan bekas tambang bisa menghasilkan nilai ekonomi. Jadi langkah yang kita lakukan bukan hanya sekedar penghijauan," katanya. 

Hal serupa juga diutarakan Komisaris Utama MIND ID Doni Monardo. Ia menyiratkan bahwa lambat laun mineral pertambangan akan habis, sehingga pihaknya merancang program untuk mereklamasi lahan bekas tambang untuk diolah menjadi lahan yang memiliki nilai ekonomi.

Khusus di Babel, ia melihat potensi dari pohon sapu-sapu yang banyak terdapat di wilayah Belitung. Pihaknya berinisiatif untuk berkolaborasi dengan Pemprov. Kep. Babel dengan menyalurkan bantuan kepada masyarakat berupa mesin penyulingan untuk menghasilkan minyak atsiri.

"Tadi juga disampaikan bahwa harga 1 kilogram minyak atsiri itu 300 ribu rupiah, pembelinya sudah ada, dan akan diekspor ke Eropa. Ini yang menjadi pertimbangan kami," ujarnya.

Ia juga menyampaikan, MIND ID selalu berkomitmen untuk senantiasa menjaga aspek keselamatan lingkungan di masa mendatang dengan cara menjaga keseimbangan dan kesinambungan ekosistem. 

"Sehingga mari kita bangun bangsa kita dengan memberikan literasi bahwa lebih banyak aktvitias yang bisa dilakukan dalam meningkatkan ekonomi masyarakat, bukan hanya pertambangan. Kasihan dengan anak cucu kita di masa depan," katanya.

Adapun paket program kolaborasi CSR Group MIND ID dalam mengembangkan potensi minyak atsiri yang diberikan kepada Pemprov. Kep. Babel berupa mesin penyuling minyak atsiri berkapasitas 1 ton termasuk instalasi dan pelatihan, pembangunan tempat mesin penyulingan dan gudang penyimpanan, motor gerobak, dan modal kerja.

Sumber: Dinas KominfoPenulis: BudiFotografer: BilaEditor: RanggaKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita

Pj. Gubernur Kep. Babel Ridwan Djamaluddin dan Dewan Komisaris MIND ID Kunjungi Geosite Open Pit Nam Salu

Fri, 01/27/2023 - 17:54

KELAPA KAMPIT - Komisaris Utama MIND ID (Mining Industry Indonesia) Doni Monardo, bersama Dewan Komisaris dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) holding industri pertambangan itu, melakukan kunjungan kerja (kunker) lanjutannya di Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel). 

Setelah hari pertama kemarin ke Pulau Bangka, Jumat (27/1/2023) hari ini, Doni Monardo didampingi Penjabat (Pj) Gubernur Kep. Babel Ridwan Djamaluddin bertolak ke Pulau Belitung. Sekitar pukul 09.00 WIB, rombongan tiba di Bandara Internasional H.AS Hanandjoeddin, Belitung.

Tempat pertama yang dikunjungi dalam rangkaian kunkernya yakni Geosite Open Pit Nam Salu, Desa Senyubuk, Kabupaten Belitung Timur (Beltim). Saat di lokasi, pengelola situs geologi Tino Christian menjelaskan sejarah geosite yang kini terdaftar sebagai UNESCO Global Geopark.

Pertambangan bawah tanah (underground mine) dan pertambangan terbuka ini dikatakan Tino Christian, merupakan tambang timah pertama dan terbesar di Asia Tenggara pada Batuan Red Sandstones berusia 350 juta tahun, yang digarap selama 80 tahun sejak pertama kali dimulai pada 1908 hingga 1986.

"Lokasi ini bekas tambang timah terbuka dan tambang dalam pertama di Belitung, dan Indonesia pada Batuan Red Sandstones yang dibuka dari sebuah kongsi Tiongkok pada 1906 di era NV Billiton Maatschappij," kata Tino.

Dilanjutkannya, kegiatan awal open pit pada 1815 oleh JF Den Dekker menemukan bijih timah di sekitar daerah Air Siburik, dan JP De La Motte, Kapten Tentara dan Asisten Residen kerajaan Belanda berkebangsaan Belgia, pada 1823.

"Level pertama tambang kedalaman 51 meter ditemukan urat timah baru dalam dua tahun menghasilkan 1.617 pikul timah. Sejak 1945 diambil alih pengelolaan oleh pemerintah melalui Perusahaan Pertambangan Timah Belitung (PPTB) di Tanjungpandan, dan berhenti 1986," katanya.

Sumber: Dinas KominfoPenulis: RanggaFotografer: FajarEditor: ImeldaKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita

Pj. Gubernur Ridwan Djamaluddin Dampingi Dewan Komisaris MIND ID Tinjau Ausmelt PT Timah di Muntok

Fri, 01/27/2023 - 09:16

MUNTOK-Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Ridwan Djamaluddin mendampingi Dewan Komisaris Mining Industry Indonesia (MIND ID) untuk meninjau Ausmelt PT. Timah di Kawasan Unit Metalurgi Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Kamis (26/1/2023).

Kunjungan ini merupakan salah satu bentuk  dukungan  atas komitmen PT Timah Tbk dalam pengembangkan teknologi terbaru pengolahan dan pemurnian mineral timah kadar rendah dengan menggunakan teknologi furnace ausmelt serta pengembangan teknologi pengolahan mineral tanah jarang yang memiliki nilai strategis dan ekonomis yang tinggi.

Mengawali kunjungan, rombongan Dewan Komisaris MIND ID  yang dipimpin oleh Doni Monardo selaku Komisaris Utama langsung dibawa menuju Control Room.

Tampak ruang dengan pembatas kaca ini dilengkapi dengan beberapa perangkat lunak sebagai salah satu bentuk digitalisasi
yang dioperasikan oleh operator untuk memantau serta  proses peleburan di Unit Metalurgi PT Timah Tbk.

Usai meninjau control room, dewan komisaris MIND ID kemudian dibawa meninjau gudang guna melihat hasil proses peleburan berupa balok timah.

Doni Monardo mengatakan pentingnya strategi penambangan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

"Timah ini merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Pada saatnya akan habis. Karenanya, mulai dari penambangan hingga pemanfaatannya harus direncanakan dan ditujukan untuk kesejahteraan rakyat,"ujarnya saat di wawancara usai ramah tamah di Gedung Mahligai.

"Kami sekarang berpikir bagaimana caranya, jangan sampai nanti mineralnya habis, manfaat untuk rakyat tidak ada. Jadi sekarang kita merancang sebuah program yang berkelanjutan sebagai program pasca tambang salah satunya reklamasi dengan tanaman tertentu, yakni pohon sapu sapu yang setelah kita tinjau, banyak didapati di sini. Nah, kita akan manfaatkan itu dengan memfasilitasi pelatihan dan pendampingan hingga alat-alat penyulingan untuk memproduksi minyak atsiri dari pohon sapu-sapu yang memiliki nilai ekonomisnya tinggi," tambahnya.

Sementara, Pj. Gubernur Ridwan Djamaluddin mengucapkan terima kasih atas kunjungan Dewan Komisaris MIND ID hari ini. 

"Komitmen kita yakni selain mendorong peningkatan nilai tambah dari hilirisasi timah sebagaimana yang telah disampaikan Presiden RI saat kunjungannya ke sini beberapa waktu yang lalu. Kita juga terus berupaya agar praktik penambangan ini terus diselaraskan dengan   pengelolaan lingkungan," pungkasnya.

Sumber: Dinas KominfoPenulis: ImeldaFotografer: DinaEditor: Lisia AyuKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita

Pemprov. Kep. Babel Gelar Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Tahun 2023

Fri, 01/27/2023 - 09:11

PANGKALPINANG - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov. Kep. Babel) mengadakan Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2023.

Pendaftaran dilakukan mulai tanggal 27 Januari sampai dengan 10 Februari 2023 pukul 23.59 WIB. Adapun Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama yang akan diseleksi secara terbuka di antaranya, Kepala Biro Hukum Setda. Prov. Kep. Babel (eselon II.b), Direktur UPTD Rumah Sakit Umum Daerah Prov. Kep. Babel (eselon II.b), Kepala Dinas Tenaga Kerja Prov. Kep. Babel (eselon II.a), Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Kepemudaan Olahraga Prov. Kep. Babel (eselon II.a).

Surat lamaran dan berkas kelengkapan disampaikan secara online ke Sekretariat Panitia Seleksi dengan alamat Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui email: sekspanselipt@babelprov.go.id

Untuk jadwal tahapan seleksi yang akan dilaksanakan yakni:
1. Pengumuman (15 hari kalender); dilaksanakan pada 27 Januari sampai dengan 10 Februari 2023;
2. Pendaftaran dan penerimaan berkas administrasi (via online) dilaksanakan pada 27 Januari sampai dengan 10 Februari 2023;
3. Seleksi administrasi dilaksanakan pada 11 Februari 2023;
4. Rapat Panitia Seleksi untuk menentukan hasil seleksi administrasi dilakukan pada 13 Februari 2023;
5. Pengumuman hasil seleksi administrasi dilaksanakan pada 13 Februari 2023;
6. Penulisan makalah dan pembuatan bahan presentasi pada 15 Februari 2023;
7. Asesmen dilaksanakan pada 16 sampai dengan 17 Februari 2023;
8. Penelusuran rekam jejak jabatan, integritas dan moralitas dilaksanakan pada 20 sampai dengan 21 Februari 2023;
9. Wawancara akhir dan Rapat Panitia Seleksi dilaksanakan pada 22 sampai dengan 23 Februari 2023;
10. Pengumuman akhir dilaksanakan pada 27 Februari 2023.
Namun sewaktu-waktu jadwal tersebut dapat berubah dan akan diumumkan pada website www.bkpsdmd.babelprov.go.id

Sementara persyaratan umum bagi yang ingin mengikuti seleksi yaitu:
1. Berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) Republik Indonesia;
2. Memiliki kualifikasi pendidikan paling rendah sarjana S1 atau diploma IV;
3. Khusus untuk pelamar dari jabatan fungsional tertentu sudah menduduki jabatan fungsional jenjang ahli madya paling singkat sekurang-kurangnya 2 tahun;
4. Mendapat persetujuan Kepala Perangkat Daerah bagi PNS Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung atau pejabat pembina kepegawaian bagi PNS di luar Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung;
5. Memiliki rekam jejak jabatan, integritas, dan moralitas yang baik;
6. Sehat jasmani dan rohani;
7. Tidak memiliki afiliasi atau menjadi anggota atau pengurus partai politik dan ormas terlarang;
8. Berkomitmen menandatangani fakta integritas;
9. Telah menyerahkan SPT 1 tahun terakhir dan LHKPN bagi yang wajib LHK ASN;
10. Tidak sedang dalam proses pemeriksaan pelanggaran disiplin berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 53 tahun 2010/94 tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil;
11. Bebas dari narkoba dibuktikan dengan surat keterangan dari yang berwenang;
12. Tidak sedang tersangkut dalam kasus hukum baik pidana maupun perdata;
13. Penilaian prestasi kerja atau SKP paling kurang bernilai baik dalam 2 tahun terakhir tahun 2021 dan tahun 2022.

Sementara itu untuk persyaratan khusus bagi yang ingin mendaftar adalah:
1. Memiliki pangkat golongan minimal Pembina (IV/a) bagi pelamar untuk eselon II.b dan Pembina Tk.I/ (IV/b) bagi pelamar untuk eselon (II.a);
2. Berusia setinggi-tingginya 56 tahun pada saat pelantikan;
3. Diutamakan telah lulus seleksi Diklat Kepemimpinan Tingkat II dan/atau sekurang-kurangnya telah mengikuti Diklat kepemimpinan Tingkat III;
4. Sangat diharapkan bagi yang memiliki sertifikasi Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah.

Untuk tata cara pendaftaran, jadwal tahapan seleksi, dan ketentuan lain-lain dapat dilihat di _website_ www.bkpsdmd.babelprov.go.id

Sumber: Dinas KominfoPenulis: Lisia AyuEditor: ImeldaKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita

Pemprov. Kep. Babel Gelar Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Tahun 2023

Thu, 01/26/2023 - 22:38

PANGKALPINANG - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov. Kep. Babel) mengadakan Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2023.

Pendaftaran dilakukan mulai tanggal 27 Januari sampai dengan 10 Februari 2023 pukul 23.59 WIB. Adapun Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama yang akan diseleksi secara terbuka di antaranya, Kepala Biro Hukum Setda. Prov. Kep. Babel (eselon II.b), Direktur UPTD Rumah Sakit Umum Daerah Prov. Kep. Babel (eselon II.b), Kepala Dinas Tenaga Kerja Prov. Kep. Babel (eselon II.a), Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Kepemudaan Olahraga Prov. Kep. Babel (eselon II.a).

Surat lamaran dan berkas kelengkapan disampaikan secara online ke Sekretariat Panitia Seleksi dengan alamat Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui email: sekspanselipt@babelprov.go.id

Untuk jadwal tahapan seleksi yang akan dilaksanakan yakni:
1. Pengumuman (15 hari kalender); dilaksanakan pada 27 Januari sampai dengan 10 Februari 2023;
2. Pendaftaran dan penerimaan berkas administrasi (via online) dilaksanakan pada 27 Januari sampai dengan 10 Februari 2023;
3. Seleksi administrasi dilaksanakan pada 11 Februari 2023;
4. Rapat Panitia Seleksi untuk menentukan hasil seleksi administrasi dilakukan pada 13 Februari 2023;
5. Pengumuman hasil seleksi administrasi dilaksanakan pada 13 Februari 2023;
6. Penulisan makalah dan pembuatan bahan presentasi pada 15 Februari 2023;
7. Asesmen dilaksanakan pada 16 sampai dengan 17 Februari 2023;
8. Penelusuran rekam jejak jabatan, integritas dan moralitas dilaksanakan pada 20 sampai dengan 21 Februari 2023;
9. Wawancara akhir dan Rapat Panitia Seleksi dilaksanakan pada 22 sampai dengan 23 Februari 2023;
10. Pengumuman akhir dilaksanakan pada 27 Februari 2023.
Namun sewaktu-waktu jadwal tersebut dapat berubah dan akan diumumkan pada website www.bkpsdmd.babelprov@gmail.com.

Sementara persyaratan umum bagi yang ingin mengikuti seleksi yaitu:
1. Berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) Republik Indonesia;
2. Memiliki kualifikasi pendidikan paling rendah sarjana S1 atau diploma IV;
3. Khusus untuk pelamar dari jabatan fungsional tertentu sudah menduduki jabatan fungsional jenjang ahli madya paling singkat sekurang-kurangnya 2 tahun;
4. Mendapat persetujuan Kepala Perangkat Daerah bagi PNS Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung atau pejabat pembina kepegawaian bagi PNS di luar Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung;
5. Memiliki rekam jejak jabatan, integritas, dan moralitas yang baik;
6. Sehat jasmani dan rohani;
7. Tidak memiliki afiliasi atau menjadi anggota atau pengurus partai politik dan ormas terlarang;
8. Berkomitmen menandatangani fakta integritas;
9. Telah menyerahkan SPT 1 tahun terakhir dan LHKPN bagi yang wajib LHK ASN;
10. Tidak sedang dalam proses pemeriksaan pelanggaran disiplin berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 53 tahun 2010/94 tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil;
11. Bebas dari narkoba dibuktikan dengan surat keterangan dari yang berwenang;
12. Tidak sedang tersangkut dalam kasus hukum baik pidana maupun perdata;
13. Penilaian prestasi kerja atau SKP paling kurang bernilai baik dalam 2 tahun terakhir tahun 2021 dan tahun 2022.

Sementara itu untuk persyaratan khusus bagi yang ingin mendaftar adalah:
1. Memiliki pangkat golongan minimal Pembina (IV/a) bagi pelamar untuk eselon II.b dan Pembina Tk.I/ (IV/b) bagi pelamar untuk eselon (II.a);
2. Berusia setinggi-tingginya 56 tahun pada saat pelantikan;
3. Diutamakan telah lulus seleksi Diklat Kepemimpinan Tingkat II dan/atau sekurang-kurangnya telah mengikuti Diklat kepemimpinan Tingkat III;
4. Sangat diharapkan bagi yang memiliki sertifikasi Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah.

Untuk tata cara pendaftaran, jadwal tahapan seleksi, dan ketentuan lain-lain dapat dilihat di website www.bkpsdmd.babelprov@gmail.com.

Sumber: Dinas KominfoPenulis: Lisia AyuFotografer: -Editor: ImeldaKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita Kanal Konten: Faktanya

Tiba di Kep. Babel, Dewan Komisaris MIND ID Bakal Tinjau Pabrik Canggih Peleburan Timah

Thu, 01/26/2023 - 14:51

PANGKALPINANG - Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Ridwan Djamaluddin menyambut kedatangan Dewan Komisaris Mining Industry Indonesia (MIND ID) di Terminal VIP Bandara Depati Amir, Kamis (26/1). 

Setibanya di Terminal VIP Bandara sekitar pukul 10.30 WIB, rombongan Dewan Komisaris MIND ID di Kep. Babel yang dipimpin oleh Doni Monardo selaku Komisaris Utama disambut dengan tarian Sekapur Sirih. Kemudian diajak oleh Pj Gubernur Ridwan untuk mencicipi hidangan khas Bangka, yakni Mie Koba. 

Diagendakan Dewan Komisaris MIND ID menjalani kunjungan kerja di Kep. Babel selama dua hari. Hari pertama, rombongan akan melakukan pemantauan dan pengecekan ausmelt Muntok PT Timah, serta menyerahkan bantuan mesin penyulingan untuk petani lokal Babel. 

"Konsep besar kita adalah peningkatan nilai tambah dari hilirisasi timah, kita lihat setelah kunjungan nanti ke Muntok," ujar Pj Gubernur 

Keesokan harinya, rombongan Dewan Komisaris MIND ID akan bertandang ke Pulau Belitung untuk melakukan kunjungan ke Pulau Selat Nasik dan Geopark Nam Salu. 

Proyek Ausmelt merupakan salah satu proyek strategis di Holding Industri Pertambangan MIND ID. Pembangunan TSL Ausmelt Furnace merupakan salah satu bentuk transformasi teknologi peleburan yang dilakukan MIND ID bersama PT Timah Tbk. Strategi ini sebagai salah satu upaya mewujudkan program hilirisasi di sektor pertambangan. 

Sumber: Dinas KominfoPenulis: BudiFotografer: DeoEditor: Intan PitalokaKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita Kanal Konten: Pertambangan

Pj Gubernur Sebut Ada 3 Kelompok Sasaran untuk Berantas Penyalahgunaan Narkoba

Thu, 01/26/2023 - 10:49

PANGKALPINANG - Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Ridwan Djamaluddin, baru-baru ini mendapatkan laporan kalau anak muda di Kecamatan Tempilang, Kabupaten Bangka Barat, banyak yang menyalahgunakan narkoba. 

Untuk itu, ia dengan sigap mengajak Perangkat Daerah terkait bersama Kepolisian untuk melaksanakan "Rapat Koordinasi (Rakor) Sinergitas Pencegahan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung", di Gedung Mahligai Rumah Dinas Gubernur Kep. Babel, Rabu (25/1/2023).

Selain itu juga, dibenarkan oleh Kapolda Kep. Babel Irjen Pol Yan Sultra, bahwa peredaran narkoba cukup masif di Kep. Babel. Berdasarkan laporan lapangan pun, ketika pihaknya turun ke desa-desa, keluhan masyarakat ialah mengenai anaknnya yang terjerat narkoba.

"Faktanya peredaran narkoba cukup masif di Bangka Belitung. Pada tahun 2022, ada 398 kasus. Itu baru di Polda, belum di BNN dan lain-lain yang belum ketangkap," ujar Kapolda.

Dari rapat ini, disimpulkan ada 3 target kelompok sasaran yang perlu diarahkan. Pertama, Desa Tangguh atau Desa Bersinar (Bebas narkoba) yang bisa melibatkan banyak pihak, baik itu kepolisian, TNI (babinsa), perangkat desa dan lainnya. Kedua, sekolah, terutama SMA/SMK, atau juga SMP, melalui pendidikan anti narkoba. Terakhir, tempat hiburan yang kemungkinan besar dapat menjadi tempat untuk mengedarkan narkoba.

Dengan masifnya pengedaran narkotika di Kep. Babel karena kondisi geografis sebagai provinsi kepulauan, Pj Gubernur meminta semua pihak untuk melakukan pencegahan secara masif pula.

"Mari kita perkuat intervensi negara dalam hal pencegahan penggunaan dan pengedaran narkoba, yang menyasar tiga target, yakni sekolah, desa, dan tempat hiburan," ujar Pj Gubernur.

Hadir dalam rapat P4GN, Kapolda Kep. Babel, Kepala Kesbangpol Kep. Babel, Kepala Dinas di lingkungan Pemprov Kep. Babel, Kepala BNN, Direktur Reserse Narkoba Kep. Babel, Ketua KNPI Kep. Babel. 

Sumber: Dinas KominfoPenulis: Intan PitalokaFotografer: DinaEditor: RanggaKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita Kanal Konten: Faktanya

Pj. Gubernur Babel Sampaikan Komitmen Dukungan Pengembangan RSUD Dr. (H.C) Ir. Soekarno

Wed, 01/25/2023 - 19:00

AIR ANYIR-Dalam rangka meningkatkan mutu dan keselamatan pasien di RSUD Dr. (H.C) Ir. Soekarno Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin sampaikan komitmen pemerintah untuk pengembangan RSUD yang sudah beroperasi sejak 2015 ini. 

Hal ini disampaikannya saat Tim Teknis Pelaksanaan Survey Akreditasi dari Lembaga Akreditasi Mutu dan Keselamatan Pasien Rumah Sakit (LAM-KPRS) melakukan wawancara terhadap pimpinan, yang dalam hal ini Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin, Kepala Dinas Kesehatan Pemprov. Kep. Babel Andri Nurito, Plt. Direktur RSUD Dr. (H.C) Ir. Soekarno Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dr. Ira Ajeng Astried, Dewan Pengawas Rumah Sakit Bambang Irwanto, serta Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah di RSUD Ir. Soekarno, dr. Surya Hafidiansyah Putra di RSUD Dr. (H.C) Ir. Soekarno Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rabu 25/1/2023. 

"Kita pemerintah daerah mendukung penuh pengembangan rumah sakit ini, dari sisi anggaran sudah melebihi dari kewajiban, begitupun kami tetap berupaya mencarikan solusi atas beberapa kendala untuk mendapatkan pelayanan di sini, yang salah satunya banyak dikeluhkan adalah jarak dan transportasi. Ini kita terus berkoordinasi dengan semua pihak terkait agar masyarakat memperoleh kemudahan, apakah nantinya kita siapkan armada khusus bagi masyarakat untuk menuju kemari atau sebaliknya. Ini sedang kita upayakan bagaimana strateginya. Hal-hal detail seperti ini menjadi komitmen kami pemerintah daerah," ungkapnya saat menjawab pertanyaan terkait komitmen dan dukungan kepada rumah sakit dari dr. Esa Fredigusta, Sp.J.P, FIHA, perwakilan surveyor LAM-KPRS selaku Ketua Tim Teknis Pelaksanaan Survey Akreditasi dari LAM-KPRS. 

Pj. Gubernur Ridwan mengatakan bahwa pihaknya juga memberikan dukungan bagi peningkatan sumber daya manusia (SDM) bagi pegawai struktural maupun fungsional di RSUD Dr. (H.C) Ir. Soekarno Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 

"Kita membuka kesempatan bagi tenaga medis baik itu untuk melanjutkan pendidikan spesialis maupun pendidikan teknis lain sejauh itu dibutuhkan di Rumah Sakit ini. Karena, sesuai dengan diskusi kita dengan dr. Ira Ajeng Astried, kita masih membutuhkan dokter spesialis di beberapa bidang tertentu,"ujarnya. 

Peningkatan SDM ini dikatakannya sangat penting mengingat sarana dan prasarana di RSUD Dr. (H.C) Ir. Soekarno Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sudah bagus. 

"Program dan anggaran untuk peningkatan sdm, kelengkapan sarana dan prasarana lainnya seperti pengadaan beberapa alkes yang memang kita butuhkan, ini sudah kita siapkan,"ujarnya. 

Pada kesempatan ini dirinya juga mengajak agar semua pihak perlu kerja keras lagi, mengingat kesadaran masyarakat akan kesehatan secara umum masih sangat perlu ditingkatkan. 

Sementara, di awal pertemuan dr. Esa Fredigusta, Sp.J.P, FIHA menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini untuk mendapatkan gambaran sejauh mana pemenuhan standar yang telah ditetapkan oleh RSUD Dr. (H.C) Ir. Soekarno Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sehingga mutu pelayanan rumah sakit dapat dipertanggungjawabkan. Akreditasi ini dikatakannya sangat bermanfaat baik bagi rumah sakit itu sendiri, masyarakat maupun pemilik rumah sakit. 

"Survey Akreditasi terhadap Rumah Sakit bertujuan agar perawatan terhadap pasien menjadi lebih baik, meningkatnya jumlah pasien, kepuasan staf bertambah, biaya kerja lebih efektif dan preventive maintenance lebih baik,"ujarnya. 

Adapun beberapa rekomendasi yang disampaikan pada kegiatan ini antara lain pada struktur organisasi, kompetensi sdm, serta kelengkapan sarana dan prasarana. 

Pelaksanaan  Survey Akreditasi ini dilakukan hingga esok, Kamis 26/1/2023 oleh 5 surveyor yaitu dr. Esa Fredigusta, Sp.J.P, FIHA., dr. Indra Maryunif, M.A.R.S., Ns. Sumaili, S.Kep., dan 2 (dua) orang surveyor magang yaitu dr. Feby Levarina, Sp.PK, M.Kes, M.H, dan dr. Apriyanto, Sp.AK. 

Sumber: Dinas KominfoPenulis: ImeldaFotografer: SaktioEditor: LulusKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita Kanal Konten: Kesehatan

Pj Gubernur Hadiri Pengukuhan Ibrahim sebagai Guru Besar Ilmu Politik UBB

Wed, 01/25/2023 - 14:30

MERAWANG - Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Ridwan Djamaluddin menghadiri Pengukuhan Guru Besar Prof. Dr. Ibrahim, M.Si Bidang Ilmu Politik Universitas Bangka Belitung (UBB), di UBB, Merawang, Kabupaten Bangka, pada Rabu (25/1/2023).

"Saya mengucapkan selamat atas dikukuhkannya Profesor Dr. Ibrahim M. Si selaku Rektor Universitas Bangka Belitung, sebagai guru besar di bidang ilmu politik. Semoga pencapaian ini semakin meningkatkan pengembangan ilmu pengetahuan dan bermanfaat secara luas bagi kemajuan bangsa ini," ujarnya. 

Pj Gubernur Ridwan mengapresiasi semangat  Ibrahim dalam perjuangan menuntut ilmu. Ia mampu berkontribusi dengan ide kreatif dan inovatif, sehingga Universitas Bangka Belitung semakin diakui di tingkat internasional, dan pendidikan menjadi tonggak utama dalam pembangunan peradaban. Untuk itu, Pemerintah Provinsi (pemprov) Kep. Babel juga mendukung dunia pendidikan dengan memberikan beasiswa.

"Tingkat perguruan tinggi, beasiswa sudah kita gelontorkan. Kita juga berusaha mencarikan jalan bagi anak-anak muda kita untuk berkarya di luar dan kita lihat juga tadi, Prof. Ibrahim, beliau sekolah ke sana kemarin dengan perjuangannya sendiri. Pola-pola seperti itu akan terus kita tingkatkan untuk anak-anak muda di Kepulauan Bangka Belitung," jelasnya. 

Ibrahim dalam pidatonya yang bertajuk "Kontestasi Elektoral Dalam Bayang-Banyang Politik Identitas: Dari Instrumentasi, Inosensi, ke Konsolidasi Demokras" menyampaikan bahwa, tentang problematika kebangsaan yang sepertinya amat penting untuk kita cermati bersama karena menyangkut banyak hal baik menyentuh aspek individual, komunal, maupun nasional.

"Mungkin banyak pihak tidak menyadari bahwa politik identitas dalam politik electoral akan berdampak pada aspek kehidupan lainnya, ia akan bergeser dari produk politik menjadi produk keseharian dan pada titik ini kita menyadari bahwa politisasi identitas bersifat destruktif," jelasnya. 

"Saya ingin sekali mengajak kita semua untuk memahami setiap proses politik baik electoral maupun non elektrolit secara objektif," pungkasnya. 

Sumber: Dinas KominfoPenulis: Lisia AyuFotografer: BudiEditor: Intan PitalokaKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita Kanal Konten: Pendidikan

Pj Gubenur Pimpin Rapat Pengalokasian Dana Insentif Daerah

Tue, 01/24/2023 - 20:15

SIJUK - Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Ridwan Djamaluddin memimpin Rapat pembahasan pengalokasian kembali belanja Dana Insentif Daerah (DID) kinerja tahap I dan II tahun 2022 pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2023 di Hotel Sheraton, Kabupaten Belitung, Selasa (24/1/2023). 

Dalam rapat tersebut, Pj Gubernur menegaskan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mendapatkan mandat mengelola DID ini untuk dapat segera membelanjakan dana yang dialokasikan untuk kepentingan masyarakat sesuai dengan yang sudah diprogramkan. 

"Mudah-mudahan dapat segera dieksekusi, dan tidak ada kendala batas waktu. Kita juga akan pantau dana ini per dua minggu sekali," jelasnya saat memimpin rapat yang dihadiri pejabat terkait dan Tim Anggaran Perangkat Daerah (TAPD) Pemprov. Kep. Babel. 

Ia menerangkan bahwa penggunaan alokasi DID ini, diantaranya untuk memantau serta mengendalikan inflasi di daerah lewat gambaran yang telah disusun oleh OPD terkait. 

"Ada DID diberikan pada kita, harus kita maksimalkan manfaatnya. Namun jangan juga sampai ada masalah. Semisalpun ada masalah, kita cari jalan keluar bersama-sama," ucapnya. 

Untuk diketahui, alokasi DID yang diterima Pemprov. Kep. Babel pada tahun 2022 sebesar Rp51.935.494.000 dan telah terealisasi diakhir tahun 2022 sebesar Rp10.833.478.981.000, sehingga sisa dana sebesar Rp41.102.015.019 akan digunakan pada tahun 2023. 

Adapun peruntukan DID tahun 2023 ini meliputi bidang pangan, koperasi dan UMKM, operasi pasar, bantuan bagi nelayan, serta pelayaran dan angkutan. 

Sumber: Dinas KominfoPenulis: IrnaFotografer: NabilaEditor: BudiKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita Kanal Konten: Ekonomi

Pages