Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin Apresiasi Paskibraka yang Sukses Tunaikan Tugas

Berita Provinsi Kepulauan Bangka Belitung - Wed, 08/17/2022 - 19:36

PANGKALPINANG - Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Ridwan Djamaluddin mengapresiasi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Kep. Babel yang telah sukses melaksanakan tugas pada Upacara Penurunan Sang Saka Merah Putih pada Peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia di Lapangan Upacara Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (17/8/2022).

"Terimakasih kepada anggota Paskibraka yang hebat dan sudah melaksanakan tugas, dapat dikatakan sempurna, tidak ada yang salah. Alhamdulillah semua sehat dan saya lihat mereka semua gembira dan saya berharap mereka menjadi pribadi dengan karakter yang kuat di masyarakat," ujarnya saat diwawancara seusai melaksanakan upacara.

Dirinya juga menyampaikan bahwa Pemprov Kep. Babel akan terus mendukung, karena mereka adalah anak-anak yang terpilih melalui proses seleksi yang cukup ketat.

"Nanti akan kita lanjutkan.Saya terus terang berharap banyak pada generasi muda kita terutama yang memiliki karakter yang kuat untuk kita kembangkan demi masa depan bangsa,"ungkapnya. 

Pada kesempatan ini juga, ia menyampaikan rangkaian kegiatan yang dilakukan Pemprov Kep. Babel dalam memperingati HUT ke-77 RI, salah satunya akan dilakukan pembentangan bendera merah putih sepanjang satu kilometer di Pantai Pasir Padi. 

"Besok kita akan membentangkan bendera sepanjang 1 km di Pasir Padi. Kita mau membuat suatu aksi yang besar dan luar biasa yang melambangkan Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat," pungkasnya.

Di tempat terpisah, Komandan Pasukan Penurunan Bendera Sang Saka Merah Putih Deon A Chandra tidak dapat menyembunyikan perasaan bahagia.

"Perasaannya campur aduk, karena kawan-kawan sudah berjuang dan saya juga sudah melakukan yang terbaik,"ujarnya.

Keberhasilan Deon dan kawan-kawan dikatakannya adalah hasil dari kegigihan dan kerja keras yang didukung oleh pelatih dan juga Pemprov Kep. Babel.

"Sebagai Danton, utamanya adalah persiapan suara dan juga mental. Saya mewakili teman-teman mengucapkan terimakasih," ujar siswa SMAN 1 Sungailiat ini.

Pria dengan tinggi 175 cm ini juga tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada orangtua tercinta.

"Terimakasih karena sudah memberi support untuk anaknya,"ujarnya.

Adapun dalam upacara tersebut, bertindak sebagai Inspektur Upacara Penurunan Sang Saka Merah Putih pada Peringatan HUT ke-77 RI Tahun 2022 yakni Danrem 045/Garuda Jaya Brigadir Jendral TNI Ujang Darwis, selaku Komandan Upacara yakni Mayor Subkhan, dan Mayor Inf Agus Sukendar bertindak sebagai perwira upacara. 

Sementara pembawa baki adalah Fatiah Kayla siswi dari SMAN 4 Pangkalpinang, sementara kelompok penurunan bendera yakni Fathurrahman dari SMAN 1 Jebus, Vaqih Albar dari SMKN 1 Tukak Sadai, dan Helmi Dwi Andhika dari SMAN 1 Pangkalpinang.

Sumber: Dinas KominfoPenulis: ImeldaFotografer: Saktio Editor: Budi Kategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita Kanal Konten: Faktanya

Virtual, Pj Gubernur Kep. Babel, Ridwan Djamaluddin Ikuti Upacara Penurunan Bendera

Berita Provinsi Kepulauan Bangka Belitung - Wed, 08/17/2022 - 19:33

PANGKALPINANG - Masih dalam rangkaian acara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-77 RI, Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Ridwan Djamaluddin mengikuti Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih di Istana Negara secara Virtual melalui Aplikasi Zoom, yang bertempat di Ruang Pasir Padi, Kantor Gubernur, Rabu sore (17/07/22). 

Upacara penurunan bendera ini dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo sebagai inspektur upacara. Dengan formasi petugas penurunan bendera yaitu, komandan upacara, Komandan Wing (Danwing) 4 Lanud Atang Sendjaja Kolonel Pnb. Agni Prayogo. Bertindak sebagai Perwira Upacara Brigadir Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya, sebagai Komandan Kompi Paskibraka adalah AKP Yaumil Hendityo dan pasukan pengibar bendera pusaka adalah Tim Pancasila Sakti. 

Terlihat khidmat, Pj. Gubernur Ridwan Djamaluddin yang didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Naziarto beserta Forkopimda Kep. Babel dan istri, mengikuti ritual penurunan bendera merah putih hingga selesai. 

Dalam wawancara terpisah, Pj Gubernur Ridwan mengatakan bahwa upacara penurunan bendera berlangsung dengan baik dan sempurna, baik secara seremonial maupun esensinya. 

"Saya sangat menghargai terutama paskibrakanya, yang telah melaksanakan tugas dengan sangat baik. Selain seremonial kenegaraan, kita juga seperti disuguhi sebuah pertunjukan yang telah dipersiapkan dengan baik. Sangat indah," ungkapnya. 

Selain itu, Pj Gubernur juga menilai bahwa dalam upacara penurunan bendera, telah hadir para pemimpin yakni presiden dan wakil presiden, para menteri serta seluruh peserta secara lengkap. Hal ini telah memperlihatkan persatuan yang menurutnya sangat menyejukkan bagi bangsa ini.

Sumber: Dinas KominfoPenulis: DiniFotografer: SaktioEditor: Natasya Kategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita Kanal Konten: Faktanya

Salatkan Jenazah Kamaruddin AK, Pj Gubernur Babel Ridwan Djamaluddin: "Beliau orang baik.."

Berita Provinsi Kepulauan Bangka Belitung - Wed, 08/17/2022 - 16:18

PANGKALPINANG - Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Bumi Serumpun Sebalai berduka. Tokoh agama sekaligus Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Bangka Belitung (Babel) Drs. Kamaruddin bin Abdul Kadir, berpulang ke rahmatullah.

Almarhum wafat pada Rabu (17/8/2022), di Rumah Sakit Bhakti Timah (RSBT) sekitar pukul 00.30 WIB. Duka cita turut dirasa segenap jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel, yang disampaikan langsung Penjabat (Pj) Gubernur Babel Ridwan Djamaluddin, saat ikut menyalatkan sang ulama, di Masjid Muhajirin Pangkalpinang.

Bagi Pj Gubernur Ridwan, almarhum yang karib disapa Kamaruddin AK, merupakan tokoh agama, dan ulama besar. Kepergian almarhum menjadi kehilangan bagi masyarakat, khususnya bagi umat Islam yang ada di Babel. Kamaruddin juga memiliki jasa yang besar bagi provinsi.

"Babel berduka atas kepergian H. Komaruddin bin Abdul Kadir. Saya selama ini sering berinteraksi dengan almarhum. Saya sangat berkeyakinan bahwa almarhum adalah orang baik, orang yang sangat baik, orang yang sangat banyak jasanya bagi masyarakat di Babel," ujar Pj Gubernur Ridwan.

Ia pun mengajak seluruh masyarakat Babel untuk meneladani sosok almarhum, baik dari sisi kepemimpinan yang ditunjukkannya semasa memimpin Muhammadiyah, organisasi besar. Keteladanan juga dapat diikuti dari sisi kepribadian yang sangat bersahaja.

Kepada keluarga almarhum, Pj Gubernur Ridwan berpesan untuk tetap bersabar menghadapi ujian dari Allah SWT. Ia pun mendoakan agar almarhum dan istri, yang juga meninggal dunia empat hari lalu, untuk senantiasa dalam lindungan sang Khalik.

"Selamat jalan ulama besar sekaligus tokoh agama Islam di Babel. Semoga jasa-jasamu selama hidup di dunia menjadi amal ibadah ketika menghadap sang Khalik," ujarnya.

Iring-iringan doa dipanjatkan oleh ribuan peziarah, mulai dari salat jenazah, hingga menuju pemakaman. Kamaruddin sendiri dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Semabung Baru, dekat Masjid A-Taqwa, Pangkalpinang.

Sumber: Dinas KominfoPenulis: Hasan. A. MFotografer: FajarEditor: RanggaKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita Kanal Konten: Agama

Upacara HUT Ke - 77 RI, Kwarnas Berikan Penghargaan Kepada Kwarda Babel

Berita Provinsi Kepulauan Bangka Belitung - Wed, 08/17/2022 - 16:11

JAKARTA - Pada Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Ke - 77 Tahun 2022, di Lapangan Utama Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (17/8/22), Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka memberikan penghargaan kepada Ketua Kwartir Daerah (Ka Kwarda) Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel), Melati Erzaldi berupa Lencana Melati. 

Lencana Melati diberikan kepada Ka Kwarda Melati Erzaldi, sebagai penghargaan atas jasa dan pengabdian beliau terhadap kemajuan Gerakan Pramuka di Bangka Belitung. 

Ditemui usai Upacara Ka Kwarda Melati mengucap syukur atas penghargaan yang diterimanya. Menurutnya penghargaan ini juga merupakan penghargaan bagi masyarakat dan gerakan pramuka di Bangka Belitung. 

"Hari ini saya menghadiri Upacara HUT Ke - 77 RI yang dipimpin langsung oleh Ka Kwarnas Kak Budi Wasesa, dan Alhamdullilah pada kesempatan ini, Saya mendapatkan penghargaan Lencana Melati. Saya mengucapkan terimakasih kepada Kwartir Nasional atas penghargaan ini" ungkapnya. 

Ka Kwarda Melati juga berharap agar penghargaan ini dapat menjadi pendorong bagi kemajuan Bangka Belitung. 

"Momen-momen yang membanggakan ini akan menjadi triger atau pemicu bagi Bangka Belitung, untuk terus bergerak maju dan terus optimis. Begitu pula dengan Gerakan Pramukanya," harapnya. 

Ka Kwarda Sapa Kontingen Jamnas XI Bangka Belitung

Usai mengikuti Upacara HUT Ke - 77 RI, Ka Kwarda Melati berkesempatan untuk mengunjungi dan menyapa para peserta Jambore Nasional (Jamnas) XI dari Kontingen Bangka Belitung. 

Selain menanyakan kabar dan keadaan dari masing-masing peserta, dirinya juga berpesan agar apa yang didapat dalam Jamnas bisa ditularkan kepada teman-temannya di Bangka Belitung. 

"Alhamdulillah saya melihat para peserta semuanya senang dan gembira. Saya berharap mereka nanti pulang akan membawa cerita dan ilmu yang akan mereka share kepada teman-teman di Bangka Belitung," harapnya. 

Yang spesial pada pertemuan itu Ka Kwarda juga bertemu dengan Pramuka Berkebutuhan Khusus (PBK) dari Bangka Belitung yang ikut serta dalam Jamnas. 

"Sukses untuk Pramuka Bangka Belitung, dan Sukses untuk Kwarnas atas penyelenggarakan Jamnas XI ini," tegasnya. 

Sumber: Dinas KominfoPenulis: LulusFotografer: LulusEditor: Intan PitalokaKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita Kanal Konten: Faktanya

Pj. Gubernur Kep. Babel, Ridwan Djamaluddin Ikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI Secara Virtual

Berita Provinsi Kepulauan Bangka Belitung - Wed, 08/17/2022 - 15:30

PANGKALPINANG - Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Ridwan Djamaluddin menghadiri Upacara peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Negara secara virtual melalui aplikasi Zoom di Ruang Pasir Padi Kantor Gubernur Kep. Babel, Rabu (17/8/2022). Forkopimda Kep. Babel beserta istri turut hadir pada kegiatan ini. 

Tampak Presiden RI Joko Widodo kembali mengenakan pakaian adat daerah dalam Upacara Detik-Detik Proklamasi ini. Presiden memilih baju adat asal Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Peringatan detik-detik proklamasi Diditandai dengan tembakan meriam 17 kali dan sirine di Istana Negara. Dilanjutkan dengan pembacaan teks Proklamasi oleh Ketua DPD RI La Nyalla.

Pengibaran Sang Merah Putih terpantau berjalan lancar yang dilakukan oleh 68 anggota Paskibraka Nasional 2022. Abi Fadilla Ramadhan dan Chikar Novrya Putri Caesaria merupakan putra putri Kep. Babel yang terpilih menjadi anggota Paskibraka Nasional 2022.

Acara selanjutnya flypast pesawat tempur milik TNI AU yang melintas di atas Istana Negara, pesawat bermanuver dengan membentuk angka 77 di udara. Dilanjutkan dengan melintasnya formasi helikopter gabungan TNI/Polri yang mengibarkan Bendera Merah Putih di udara. Hal ini menggambarkan sinergitas TNI/Polri dalam mengabdikan diri untuk Ibu Pertiwi. 

TNI Angkatan Laut juga tak ketinggalan melakukan pengibaran bendera merah putih oleh prajurit Jalasena Samudera di 77 titik laut nusantara, yang berlokasi dari Sabang hingga Merauke. Titik utama dilakukan di Pulau Putri Kepulauan Seribu. 

Sumber: Dinas KominfoPenulis: Lisia AyuFotografer: FajarEditor: NatasyaKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita Kanal Konten: Faktanya

Pj. Gubernur Ajak Masyarakat Hargai Pahlawan Bangsa

Berita Provinsi Kepulauan Bangka Belitung - Wed, 08/17/2022 - 14:06

PANGKALPINANG - Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Ridwan Djamaluddin usai menjadi Inspektur Upacara dalam rangka memperingati HUT ke-77 RI yang dilaksanakan di Halaman Kantor Gubernur, Rabu (17/08/22), atas nama Pemprov Babel dan masyarakat mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia. 

Di kesempatan ini juga, ia mengajak semua lapisan masyarakat untuk menghargai jasa para pahlawan, sehingga dapat membangun kesejahteraan rakyat.

Menurutnya, peringatan hari jadi republik ini, merupakan keharusan untuk diperingati oleh segenap Rakyat Indonesia baik di luar negeri maupun di dalam negeri termasuk di Babel, sebagai bentuk menghormati para pejuang kemerdekaan.

"Selamat Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia, terutama masyarakat Babel yang merayakan, kita menghormati dan menghargai para pejuang kita yang telah berjasa memerdekakan negeri ini," ujar Ridwan Djamaluddin.

Dirinya mengajak seluruh masyarakat untuk mengisi kemerdekaan ini dengan membagun negeri, terutama para generasi penerus bangsa sehingga seluruh Masyarakat dapat menikmati kesejahteraan di negeri ini. 

Ridwan Djamaluddin kepada awak media menuturkan, bahwa Bangsa Indonesia lebih cepat pulih dari Pandemi Covid-19, seiring tingginya kesadaran masyarakat yang melaksanakan vaksinasi, dengan harapan wabah ini cepat berlalu dan ekonomi pulih kembali.

"Kita adalah salah satu negara yang paling banyak melakukan vaksinasi, artinya kesadaran sangat tinggi untuk pulih lebih cepat, kita harus sehat, kita harus bersatu padu memperkuat hal-hal positif, meningkatkan kebersamaan, menjaga kondisi sosial dan mengurangi semua pertentangan di kalangan masyarakat agar kita pulih lebih cepat, sehingga kita kuat sekokoh batu karang," tegasnya.

Sebagai bentuk menghargai jasa para pahlawan, termasuk pahlawan dari Babel, Pj. Gubernur pada kesempatan ini mengenakan baju salah seorang pahlawan yaitu Depati Amir.
Sarung berbahan Cual khas Babel dan Destar yang dipakai Depati Amir, semuanya merupakan budaya dan potensi daerah yang harus di pertahankan.

"Saya memakai pakaian Destar Depati Amir, seorang Pahlawan Nasional dari Babel. Saya sekarang juga bangga bahwa anak-anak dari Babel yang berprestasi baik dari bidang akademik, dari bidang kulikuler dan bidang lainnya," ungkapnya.

Sebagai penutup, Ridwan Djamaluddin mengatakan bahwa Pemprov Babel telah mengusulkan salah seorang pejuang kemerdekaan asal Belitung yang bernama H.A.S Hanandjoeddin untuk menjadi Pahlawan Nasional.
Usaha ini merupakan bentuk menghormati jasa perjuangan H.A.S Hanandjoeddin, selain menjadikan nama beliau sebagai nama Bandar Udara di Belitung.

"Kita telah usulkan kepada pemerintah pusat supaya H.A.S Hanandjoeddin masuk daftar Pahlawan Nasional di tahun ini," ungkapnya.

Dalam pelaksanaan Upacara Bendera ini, petugas pengibar bendera di tingkat provinsi diantaranya
- Komandan Paskibraka adalah Deon Augustdya chandra dari SMA Negeri 1 Sungailiat, anak dari Ady chandra dan Maya Angguni Deliza.
- Pembawa baki adalah Kalya Putri Salsabiela dari SMA Negeri 1 Sungailiat, anak dari Andiyana dan Fitriani Sagita.
- Petugas pengibar bendera adalah Fathurrahman Safari Lubis dari SMA Negeri 1 Jebus, anak dari Aminullah Hadin Lubis dan Sarihabti. 
- Sebagai jangkar adalah Vaqih Albar SMK Negeri 1 Tukak Sadai, anak dari Romadhon Saputra dan Mufasihatul Fahmi.
- Pengerek bendera adalah Helmi Dwi Andika dari SMA Negeri 1 Pangkalpinang, anak dari Agus Mulyadi dan ibu bernama Violy Sri Andika.

Sementara Perwira Upacara AKBP. Arif Kurniatan S.IK, M.M, Kasubdit 1 Ditreskrimsus Polda Babel dan
Komandan upacara AKBP. Fisie Rahmat Putra, Kasubdit 1 Ditreskrimsus Polda Babel.
 

Sumber: Dinas KominfoPenulis: Hasan. A. MFotografer: Iyas ZiEditor: Nona DPKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita Kanal Konten: Faktanya

HUT ke-77 RI, Forkopimda Kep. Babel Gelar Apel Kehormatan dan Renungan Suci

Berita Provinsi Kepulauan Bangka Belitung - Wed, 08/17/2022 - 08:01

PANGKALPINANG - Seperti tahun sebelumnya, tiap malam jelang detik-detik peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Kep. Babel) menggelar Apel Kehormatan dan Malam Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Pawitralaya, Pangkalpinang, Selasa (16/8/2022). 

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan dalam memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI, yang bertujuan untuk mengenang jasa dan mendoakan arwah para pahlawan bangsa yang gugur di medan perang maupun pahlawan pasca kemerdekaan RI. 

Tiga menit sebelum pergantian hari, pada 17 Agustus 2022. Penjabat (Pj) Gubernur Kep. Babel Ridwan Djamaluddin yang didampingi Sekretaris Daerah Naziarto, bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kep. Babel, serta dan Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemprov Kep Babel memulai upacara tersebut. Bertindak sebagai Inspektur Upacara yakni, Kapolda Kep. Babel Irjen Pol Yan Sultra. 

Meskipun Apel kehormatan dan Malam Renungan Suci digelar dini hari dalam kegelapan malam yang hanya disinari bulan dan cahaya obor, namun acara berlangsung lancar dan khidmat. 

Ditemui usai acara, Pj Gubernur Ridwan Djamaluddin menuturkan momen ini diharapkan menjadi pengingat makna perjuangan para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan RI, sehingga dapat meningkatkan rasa nasionalisme, serta rasa persatuan dan kesatuan sesama rakyat Indonesia. 

"Karenanya, generasi penerus harus mampu mengisi kemerdekaan di segala bidang, sehingga para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raga demi memperjuangkan kemerdekaan Indonesia akan bangga kepada kita," ujarnya. 

Rangkaian renungan suci ditutup dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan oleh seluruh peserta upacara. 

Sumber: Dinas KominfoPenulis: BudiFotografer: SaktioEditor: NatasyaKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita Kanal Konten: Faktanya

Sampaikan Pidato, Presiden Jokowi Tekankan Hilirisasi dan Industrilisasi Dalam Negeri

Berita Provinsi Kepulauan Bangka Belitung - Tue, 08/16/2022 - 14:54

PANGKALPINANG - Berbalut Pakaian Adat Paksian dari Kepulauan Bangka Belitung Presiden Jokowi sampaikan Pidato Kenegaraan Tahun 2022 Jelang HUT ke-77 RI pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI & DPD RI di Gedung MPR RI yang disaksikan secara serentak oleh seluruh masyarakat Indonesia melalui siaran langsung TVRI maupun streaming, Selasa 16/8/2022. 

Pidato Kenegaraan Jelang HUT ke-77 RI, juga didengarkan bersama dalam Rapat Paripurna DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung  di Ruang Paripurna DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan kekuatan Indonesia antara lain sumber daya alam yang melimpah. Wilayah yang luas dengan keanekaragaman hayati terkaya di dunia pasti menjadi kekuatan besar Indonesia, jika kita kelola secara bijak dan berkelanjutan. 

"Syaratnya satu. Harus dihilirkan dan diindustrikan di dalam negeri, agar nilai tambahnya bisa maksimal untuk kepentingan nasional," tegasnya. 

Hilirisasi dan manufaktur di dalam negeri dikatakannya terus tumbuh pesat. Pertumbuhan investasi juga meningkat tajam, 52% di antaranya, berada di luar Pulau Jawa. Ekonomi kita disebutkannya bukan hanya tumbuh pesat, tetapi juga tumbuh merata, menuju pembangunan yg Indonesia Sentris. 

"Hilirisasi nikel misalnya, telah meningkatkan ekspor besi baja 18 kali lipat. Tahun 2014, hanya sekitar Rp16 triliun, tapi di tahun 2021 meningkat menjadi Rp306 triliun. Di akhir tahun 2022 ini, kita harapkan bisa mencapai Rp440 triliun," ujarnya. 

Setelah nikel, pemerintah juga akan mendorong hilirisasi bauksit, hilirisasi tembaga, dan timah. Kita harus membangun ekosistem industri di dalam negeri yang terintegrasi, yang akan mendukung pengembangan ekosistem ekonomi hijau dunia. 

"Hal ini akan membuka lapangan kerja, meningkatkan ekspor, menghasilkan devisa, meningkatkan pendapatan negara, serta mendongkrak pertumbuhan ekonomi," ujarnya. 

Dengan kekuatan dan peluang besar tersebut, Indonesia mempunyai kesempatan besar untuk membangun Indonesia yang inklusif, berkeadilan, dan berkelanjutan. 

"Untuk itu, hilirisasi dan industrialisasi sumber daya alam harus terus dilakukan," ujarnya menegaskan. 

Diakuinya perekonomian dunia saat ini belum sepenuhnya bangkit. Ujian ini tidak mudah bagi dunia dan juga tidak mudah bagi Indonesia. Semua ini harus dihadapi dengan kehati-hatian dan dengan kewaspadaan. 

Namun, di tengah tantangan yang berat, dirinya mengajak untuk bersyukur, mengingat Indonesia termasuk negara yang mampu menghadapi krisis global ini. 

"Ekonomi kita berhasil tumbuh positif di 5,44% pada kuartal II tahun 2022. Neraca perdagangan juga surplus selama 27 bulan berturut-turut, dan di semester I tahun 2022 ini surplusnya sekitar Rp364 triliun," ungkapnya. 

Di satu sisi, dikatakannya masyarakat memang harus tetap waspada dan harus tetap hati-hati. Namun di sisi lain, agenda-agenda besar bangsa harus  dilanjutkan untuk meraih Indonesia Maju. 

"Saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersatu padu, mendukung agenda besar bagi pencapaian Indonesia Maju. Dengan komitmen dan kerja keras, dengan inovasi dan kreativitas,"ujarnya. 

Oleh karenanya, budi pekerti yang luhur, ideologi Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, dan patriotisme merupakan pilar utama. Seni dan tradisi lokal dengan semangat kebangsaan harus terus digairahkan. 

"Terima kasih kepada ulama, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh kebudayaan, yang berkontribusi besar memperkokoh fondasi kebangsaan, serta merawat persatuan dan kesatuan nasional,"ujarnya. 

Presiden RI Jokowi dalam kesempatan ini mengajak seluruh masyarakat Indonesia bersatu padu untuk Indonesia Maju. 

"Semoga  Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa mempermudah upaya kita, dalam meraih Indonesia Maju yang kita cita-citakan. Marilah kita bersatu padu, 
Indonesia pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat. Dirgahayu Republik Indonesia! Dirgahayu Negeri Pancasila! Merdeka!," pungkasnya. 

Sumber: Dinas KominfoPenulis: ImeldaFotografer: Iyas ZiEditor: NatasyaKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita Kanal Konten: Pertambangan

Kenakan Pakaian Adat Paksian dari Kep Babel, Presiden Jokowi sampaikan Pidato Kenegaraan Tahun 2022

Berita Provinsi Kepulauan Bangka Belitung - Tue, 08/16/2022 - 14:51

PANGKALPINANG - Presiden Republik Indonesia Jokowi, kenakan pakaian adat Paksian dari Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) saat menyampaikan Pidato Kenegaraan jelang HUT ke 77 RI pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI & DPD RI Tahun 2022 di Gedung MPR RI, Selasa (16/8/2022).

"Pakaian adat yang saya kenakan ini adalah pakaian adat Paksian dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan motif Pucuk Rebung, yang melambangkan kerukunan dan warna hijau yang dipilih mengandung filosofi kesejukan, harapan dan pertumbuhan," ujar Presiden Jokowi pada akhir pidatonya. 

Ungkapan ini membuat peserta Rapat Paripurna DPRD Provinsi Kep. Babel yang mendengarkan Pidato kenegaraan Presiden RI di Ruang Paripurna DPRD Prov. Kep. Bangka Belitung hari ini riuh bertepuk tangan, bangga akan Negeri Serumpun Sebalai.

Sedangkan untuk ornamen di kepala, Presiden Jokowi juga mengenakan Sungkon (tutup kepala) berwarna emas yang melambangkan keagungan dan keluhuran.

Sebagaimana diketahui, Presiden RI Jokowi setiap tahunnya mengenakan pakaian khas dari daerah yang ada di Indonesia untuk menunjukkan kekayaan dan keberagaman budaya yang tanah air kita miliki. Pada tahun 2019, dirinya mengenakan Pakaian Adat Sasak dari NTB, tahun 2020 beliau mengenakan Baju Adat Sabu dari NTT, sementara pada tahun 2021 beliau mengenakan Baju Adat Badui dari Banten. Dan tahun ini menjadi tahun bersejarah dan kehormatan bagi Kep. Bangka Belitung karena Presiden RI memilih menggunakan baju adat dari Negeri Serumpun Sebalai ini.

Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin melalui  Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kep. Babel Naziarto mengungkapkan rasa bangganya.

"Provinsi Kepulauan Bangka Belitung merasa sangat bangga, bahagia dan senang sekali, seorang Kepala Negara mengenakan pakaian adat Kepulauan Bangka Belitung," ujarnya saat di wawancara usai Rapat Paripurna DPRD Prov. Kep. Babel hari ini. 

Senada dengan yang dikatakan Presiden Jokowi, filosofi pucuk rebung juga digambarkan Sekda Naziarto sebagai sebuah harapan, pertumbuhan dan persatuan.

"Kita tahu, bahwa rebung tumbuh menjadi bambu, bambu tumbuh rimbun dan kembali menghasilkan rebung, begitu siklusnya secara terus menerus. Ini menggambarkan rakyat Indonesia yang terus tumbuh, bersatu dan kuat bersama-sama mencapai Indonesia sejahtera," ujarnya.

Dikatakannya juga, dalam hal ini sebagai Kepala Negara, Presiden Jokowi betul-betul menunjukkan kecintaannya terhadap Bhineka Tunggal Ika. 

"Tentunya kita sebagai masyarakat Kep. Bangka Belitung ke depan harus terus melestarikan adat dan budaya di daerah kita. Tidak hanya untuk dikenal di sini saja, melainkan dikenal hingga ke tingkat nasional bahkan internasional," pungkasnya. 

Sumber: Dinas KominfoPenulis: ImeldaFotografer: Iyas ZiEditor: DiniKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita Kanal Konten: Faktanya

Pj. Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin Sampaikan RKUA PPAS APBD Perubahan TA 2022 dan KUA PPAS APBD Tahun Anggaran 2023

Berita Provinsi Kepulauan Bangka Belitung - Tue, 08/16/2022 - 13:16

PANGKALPINANG - Pejabat (Pj) Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Prov. Kep. Babel) Ridwan Djamaluddin menghadiri rapat paripurna penyampaian Rancangan Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Tahun Anggaran 2022 dan Rancangan KUA PPAS APBD Tahun Anggaran 2023 di Ruang Paripurna Kantor DPRD Prov. Kep. Babel, Senin (15/8/2022).

Dirinya mengatakan, melalui kesempatan baik ini  disampaikan rencana KUA PPAS APBD Perubahan Tahun Anggaran (TA) 2022 dan Rancangan KUA PPAS 2023, agar selanjutnya berkenan untuk dibahas bersama baik dengan para Kepala Perangkat Daerah maupun dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

"Inilah wujud sinergi dan kerja sama yang baik antara eksekutif dan legislatif dalam membangun daerah yang kita cintai semoga apa yang kita lakukan ini dapat berkontribusi secara positif terhadap kemajuan Prov. Kep. Babel yang pada akhirnya akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat," ujarnya. 

Pj Gubernur Kep. Babel Ridwan Djamaluddin mengatakan, penyusunan KUA PPAS APBD Perubahan TA 2022 dan KUA PPAS APBD TA 2023 juga telah mempedomani Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 90 Tahun 2019 tentang Klasifikasi, Kodefikasi, dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah yang telah dimutakhirkan melalui Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 050-5889 Tahun 2021 tentang Hasil Verifikasi dan Validasi Pemutakhiran Klasifikasi Kodefikasi dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah sehingga diharapkan dapat terwujudnya penyelarasan antara perencanaan dan penganggaran.

Prioritas pembangunan jangka panjang daerah Prov. Kep. Babel pada tahap ketiga ini adalah "Meningkatnya Ekonomi Daerah dan Terpenuhinya Kapasitas dan Kualitas Sumber Daya Manusia." Fokus pembangunan pada tahap ketiga Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Prov. Kep. Babel 2005-2025 adalah pada upaya menjaga dan meningkatkan perekonomian daerah serta upaya pemenuhan kapasitas dan kualitas Sumber Daya Manusia.

Usai memberikan sambutan, dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis RKUA-RPPAS Perubahan APBD 2022 dan RKUA PPAS APBD TA 2023. 

Sementara itu, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Prov. Kep. Babel Hendra Apollo selaku pemimpin rapat, mengimbau kepada Badan Anggaran DPRD agar dapat mengkaji dan membahas secara detail dan mendalam substansi kebijakan dan prioritas perencanaan pembangunan Prov. Kep. Babel di Tahun 2022 ini dan di tahun 2023 mendatang. 

"Serta diharapkan kepada TAPD Prov. Kep. Babel agar menyiapkan dokumen-dokumen perencanaan yang rinci fokus dan terukur dalam pembahasan nantinya bersama Badan Anggaran DPRD," ujarnya. 

Sumber: Dinas KominfoPenulis: Lisia AyuFotografer: NatasyaEditor: ImeldaKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita Kanal Konten: Faktanya

Pemprov Kep Babel Optimis Wujudkan Zero Case PMK

Berita Provinsi Kepulauan Bangka Belitung - Mon, 08/15/2022 - 19:10

PANGKALPINANG - Merebaknya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan berkuku belah atau genap, seperti sapi, kambing, kerbau, babi, kijang/rusa di Indonesia akhir-akhir ini pastinya membuat resah masyarakat dan berimplikasi pada kerugian ekonomi. Untuk itu, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov. Kep. Babel) langsung melakukan penanganan segera.

Salah satunya melalui Rapat Koordinasi (Rakor) Satuan Tugas (Satgas) PMK yang dilakukan secara daring, Senin (15/8/2022). Dalam rakor yang diikuti oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan tingkat Provinsi hingga Kabupaten/Kota se-Babel, TNI/POLRI, BNPB, dan BPBD ini membahas mulai dari progres penanganan, hingga pembahasan strategi penanganan ke depannya.

Jarwansah, selaku Deputi IV Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB mengatakan setelah tanggal 6 Juli 2022 yang lalu sempat naik kasus aktifnya, bahkan ada 22 provinsi yang terinfeksi. Pemerintah telah berupaya menekan kasus PMK ini, sehingga per tanggal 15 Agustus 2022, hanya 19 provinsi saja yang masih terinfeksi.

"Namun, kami tetap berharap dari 19 provinsi ini, dalam waktu tidak terlalu lama, bisa mencapai zero case, terutama di Bangka Belitung. Karena berdasar data yang ada di kami, kasus aktif di Babel sedikit. Jadi, insya Allah bisa segera 0 kasusnya," ujar Jarwansah.

Adapun berdasarkan data dari Satgas PMK, di Babel terdapat 107 kasus PMK, diantaranya Bangka (46), Bangka Tengah (26), Bangka Selatan (1), Bangka Barat (1), dan Pangkalpinang (33). Sementara itu, Belitung dan Belitung timur dilaporkan sudah zero case.

Untuk menangani PMK, pemerintah telah menetapkan 4 strategi, yakni biosecurtity, pengobatan, vaksinasi, dan potong bersyarat. Dalam hal ini, Pemprov. Kep. Babel telah melakukan progres kegiatan seperti vaksinasi terhadap hewan ternak, testing dan trading, pengobatan hewan ternak yang sakit, dan potong bersyarat.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kep. Babel, Edi Romdhoni mengatakan bahwa vaksinasi hewan di Babel sudah mencapai 63,93 %, dimana realisasi vaksin mencapai 6.393 dosis, dari target vaksinasi yaitu 10.000 dosis. 

"Vaksinnya pertama kali sekitar 800 dosis, lalu tiba lagi sekitar 10.000 dosis. Jadi totalnya ada 10.800 dosis yang masuk. Dan sisanya kini 4.407 dosis per-tanggal 14 Agustus 2022," ujar Edi.

Diketahui strategi yang diambil dalam hal penanganan PMK ini belajar dari kasus Covid-19, yang mana kini sudah mulai melandai. Tentu, untuk mencapai terus melandainya kasus PMK ini, perlu kolaborasi dan sinergi yang solid antar instansi, baik itu Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota, TNI/POLRI, BNPB, BPBD, juga masyarakat.

Sumber: Dinas KominfoPenulis: Intan PitalokaFotografer: Iyas ZiEditor: BudiKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita Kanal Konten: Pertanian

Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin Siap Menjadi Inspektur Upacara Bendera HUT Kemerdekaan ke-77 RI

Berita Provinsi Kepulauan Bangka Belitung - Mon, 08/15/2022 - 12:18

PANGKALPINANG - Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Ridwan Djamaluddin berharap, upacara HUT ke-77 RI pada 17 Agustus 2022 tingkat Prov. Kep. Babel dapat berjalan lancar sesuai yang diinginkan.

Untuk itu, Pj. Gubernur Ridwan ketika mengikuti rangkaian kegiatan gladi resik upacara HUT ke-77 RI di halaman kantor gubernur, Senin (15/08/22), terlihat serius mengikuti hingga acara selesai. Harapannya, saat tiba waktu kegiatan nanti, upacara dapat dilaksanakan dengan baik.

Pj. Gubernur Ridwan Djamaluddin mengatakan, bahwa dirinya menjadi inspektur upacara pada hari kemerdekaan RI nanti sebagai Pj. Gubernur, dan ini merupakan hal yang pertama kalinya ia alami. Sehingga, kegiatan semacam ini merupakan momentum dalam hidupnya.

Dalam kesempatan ini, Pj Gubernur memakai baju kemeja berwarna putih dan celana hitam yang membuatnya terlihat gagah dan berwibawa.

Selesai mengikuti gladi resik, Pj Gubernur Ridwan Jamaluddin berpesan, agar semua peserta gladi resik dapat selalu menjaga kesehatan supaya pada tanggal 17 Agustus 2022 saat upacara bendera peringatan HUT ke-77 RI berlangsung nanti, dapat dilaksanakan dengan baik, lancar dan aman.

Pj. Gubernur juga bersyukur selama latihan atau gladi resik, upacara berjalan dengan lancar. Dirinya yakin, peserta upacara yang bertugas saat ini sudah berlatih dengan sungguh-sungguh. 

Adapun komandan upacara pada peringatan HUT ke-77 RI nanti adalah AKBP Fisie Rahmad Putra S.IK, Kasubdit Reskrim Polda Kep. Babel. Perwira upacara Arif Kurniawan S.IK, Kasubdit I Direskrimsus Polda Kep. Babel. Dan sebagai pengibar bendera adalah pasukan paskibraka provinsi.
Kegiatan ini juga diikuti oleh jajaran TNI yang terdiri dari TNI AD, TNI  AL,TNI AU, POLRI, POL PP, ASN dan undangan lainnya.

Sumber: Dinas KominfoPenulis: Hasan. A. MFotografer: FajarEditor: DiniKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita Kanal Konten: Faktanya

Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin Kukuhkan PASKIBRAKA Tahun 2022

Berita Provinsi Kepulauan Bangka Belitung - Mon, 08/15/2022 - 05:02

PANGKALPINANG - Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Ridwan Djamaluddin didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kep. Babel Naziarto kukuhkan 30 putra-putri terbaik Babel yang terdiri dari 16 Putra dan 14 Putri sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (PASKIBRAKA) Provinsi Kep. Babel tahun 2022, bertempat di Mahligai Rumah Dinas Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Minggu (14/8/2022). 

Sebagai tanda pengukuhan, Pj Gubernur memasangkan kendit dan pin Merah Putih Garuda (MPG) kepada salah satu perwakilan PASKIBRAKA, yang kali ini diwakili oleh Muhammad Kurnain, siswa asal MAN IC Bangka Tengah.

Pengukuhan berjalan dengan khidmat, di mana sebelum dikukuhkan, Para putra-putri terbaik daerah Kep. Babel ini mengucapkan Ikrar Putra Indonesia.

Dilanjutkan dengan menyampaikan amanat oleh Pj Gubernur Kep. Babel, ia mengatakan bahwa pemuda adalah generasi penerus yang diharapkan dapat melanjutkan cita-cita leluhur bangsa. Karena itu, perlu untuk mengikuti kegiatan-kegiatan positif, salah satunya dengan menjadi PASKIBRAKA. Dalam momen ini, Ridwan berpesan kepada 30 Pemuda Babel terpilih tersebut.

"Saya berharap adik-adik yang tergabung dalam PASKIBRAKA Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2022 untuk dapat saling mengingatkan dan bahu membahu dalam mengembangkan diri untuk membuka wawasan dan menambah pengetahun, serta asah, asuh dan asih dalam melaksanakan kegiatan PASKIBRAKA. Sehingga, para anggota dapat menjadi motor penggerak dalam mencapai pembangunan Indonesia," ujar Pj Gubernur.

"Kepada PASKIBRAKA Babel, saya ucapkan Selamat bertugas," tambahnya.

Sesuai dengan arahan pemerintah, untuk tetap waspada dan menjaga protokol kesehatan, kegiatan pengukuhan ini hanya menghadirkan tamu secara terbatas, para orangtua dari PASKIBRAKA kep. Babel ini hanya dapat menyaksikan momen sakral anaknya secara daring di kediaman masing-masing.

Hadir pula dalam acara ini, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kep. Babel, Pimpinan Instansi Vertikal, Pimpinan Perangkat Daerah.

Sumber: Dinas KominfoPenulis: Intan PitalokaFotografer: SaktioEditor: Listya AninditaKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita Kanal Konten: Faktanya

Pesan Pj Gubernur Babel Ridwan Djamaluddin: Kerajinan Resam Harus Dilestarikan!

Berita Provinsi Kepulauan Bangka Belitung - Mon, 08/15/2022 - 04:38

KELAPA - Menutup kunjungan kerjanya ke Kabupaten Bangka Barat (Babar), Minggu (14/8/2022), Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Ridwan Djamaluddin, memenuhi undangan masyarakat Desa Dendang, Kecamatan Kelapa.

Hadirnya Pj Gubernur Ridwan di Sentra UMKM Desa Dendang, dimanfaatkan masyarakat desa setempat menunjukkan buah karya khas desa, yakni produk anyaman resam. Berbagai produk seperti kopiah, topi, hingga tas wanita dipamerkan.

Pada kesempatan itu, Pj Gubernur Ridwan Djamaluddin bersama Istri Sri Utami, dan Wakil Bupati Babar Bong Ming Ming, melihat langsung proses produksi anyaman resam. Semangat yang ditunjukkan ibu-ibu anggota Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pun membuat Pj Gubernur Ridwan kagum.

Ada beberapa pesan yang disampaikan Pj  Gubernur kepada para pengrajin maupun aparat desa setempat. Pertama, meningkatkan kuantitas serta kualitas produk, kedua menambah inovasi produk yang tidak hanya pada satu jenis saja. Pesan terakhir yaitu terus menjaga kelestarian kerajinan.

"Inovasi yang dimaksud adalah kita harus meningkatkan model. Kami dari pemerintah coba membantu pemasaran. Kalau tidak ada regulasi yang menghalangi, untuk kita pasarkan ke luar, Insyaallah ada jalannya. Semoga tercapai doa kita resam ini sebagai produk kelas dunia," katanya.

"Kemudian, mari kita dukung ibu-ibu ini dengan berbagai cara agar tidak berhenti jadi pengrajin, di tengah-tengah sekarang banyak generasi yang mungkin sedikit abai. Jangan sampai kebanggaan ini mati dengan sendirinya," katanya.

Bahkan, Pj Gubernur Ridwan langsung memberikan request kepada para pengrajin untuk membuat kopiah, dan topi resam dengan logo G20. Ia berjanji menjadikan pertemuan tingkat menteri dunia itu sebagai ajang mempromosikan kopiah, dan topi resam asal Dendang.

"Kami dari Pemprov Babel akan menjadikan resam atau kerajinan lainnya sebagai souvenir resmi di ajang G20 yang akan diadakan di Belitung bulan depan. Kita upayakan kerajinan resam ini sebagai produk kelas dunia," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming menyebutkan, Pemkab Babar telah melakukan berbagai upaya untuk mengenalkan kerajinan resam sebagai produk UMKM unggulan yang dipunyai Negeri Sejiran Setason.

"Untuk pemasaran kita tidak berbicara hanya di Bangka Barat saja, tapi juga luar Babel. Kita sudah melakukan kerja sama dengan kabupaten/kota, tukar-menukar UMKM. Jadi (pemasaran) produk resam ini nanti ada di Palembang, Semarang. Tinggal standarisasi produksinya saja dikuatkan," katanya.

Sumber: Dinas KominfoPenulis: RanggaFotografer: Iyas ZiEditor: Nona DPKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita Kanal Konten: Kerajinan

Hijau Biru Babelku, Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin Lakukan Penghijauan di Tahura Muntok

Berita Provinsi Kepulauan Bangka Belitung - Sun, 08/14/2022 - 19:37

MUNTOK - Penjabat Gubernur (Pj) Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Ridwan Djamaluddin melakukan penghijauan di hamparan lahan kritis di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Menumbing, Muntok, Kabupaten Bangka Barat (Kab. Babar), Minggu (14/8/22). Penghijauan ini ditandai dengan penanaman perdana bibit pohon pelawan, alpukat, dan kopi. 

Kemudian, penanaman juga dilakukan secara bergantian oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kab. Babar sebagai tanda dimulainya Parade Penghijauan di enam kecamatan yang ada di Kabupaten Bangka Barat sebagai kegiatan dari Gerakan Hijau Biru Babelku yang diinisiasi oleh Pj. Gubernur Kep. Babel, Ridwan Djamaluddin. 

Pj Gubernur Ridwan dalam sambutannya merasa semangat dan antusias. Sebab, pada kegiatan “Gerakan Hijau Biru Babelku” telah melibatkan berbagai pihak seperti PT. Pupuk Indonesia selaku BUMN, dinas terkait, Karang Taruna setempat, dan juga pelajar. 

Terutama penggagas serta panitia kegiatan yang juga melibatkan anak-anak muda dari Karang Taruna Kabupaten Bangka Barat.

“Saya sangat berbangga hati karena anak-anak ini antusias untuk terlibat. Mereka juga paham serta sadar terhadap kondisi alam di masa depan,” kata pria yang berasal dari Muntok ini.

Menurutnya, semua pihak yang turut serta pada kegiatan penghijauan ini menunjukkan komitmen yang sama, yang sesuai dengan tujuan dan misinya sebagai Pj Gubernur untuk melakukan penghijauan dan menjaga hutan di Kep. Babel agar kembali asri.

“Ini adalah gerakan akar rumput, semoga nanti rumput-rumput ini akan tumbuh menjadi pohon-pohon yang besar. Ini juga merupakan gerakan masyarakat yang insyaAllah masifnya tidak kalah dari pertambangan ilegal,” katanya.

Gerakan penghijauan ini menurutnya sangat bermanfaat dalam mengurangi lahan kritis yang ada di Provinsi Kep. Babel. 

Menurutnya lagi, Prov. Kep. Babel merupakan provinsi yang relatif muda, sehingga gerakan penghijauan ini akan memberikan dampak yang baik dalam membangun daerah di masa depan.

“Saya mengucapkan terima kasih atas kebesaran hati para pemuda Bangka Barat yang telah terlibat langsung pada kegiatan ini. Semoga masa depan kalian pemuda Bangka Barat secara khusus, dan Kep. Babel secara keseluruhan akan jauh lebih baik dan lebih sejahtera daripada saat ini,” katanya.

Dalam kesempatan ini, Pj Gubernur Ridwan juga mengajak seluruh masyarakat untuk bergerak sebagai satu keluarga dalam penanggulangan lahan kritis yang ada, khususnya di Kabupaten Bangka Barat.

Dirinya juga menyampaikan kembali arahan dari Ketua Tim Penggerak Gerakan Hijau Biru Babelku, Bambang Dwi Hartono bahwa setelah kegiatan ini, ada bibit-bibit tanaman jeruk manis yang akan diserahkan kepada masyarakat melalui pelajar yang hadir pada kegiatan, agar setiap rumah dapat menanam dalam rangka mendukung program &“one house one tree”.

“Mari kita pupuk dan siram tanaman yang telah ditanam hari ini agar tidak berhenti sebagai seremonial belaka. Hal ini demi mempertanggungjawabkan semua tindakan kita tidak hanya di mata publik, tetapi juga di mata Allah SWT,” katanya.

Pj Gubernur Ridwan berharap acara penghijauan kali ini dapat memberikan dampak yang baik dan menghasilkan kebaikan di masa depan.

“Semoga kegiatan yang kita lakukan dapat membawa kebaikan khususnya masyarakat Bangka Barat dan Kep. Babel umumnya agar suatu saat kita dapat mengatakan “apa yang kita tanam hari ini akan membawa kebaikan di masa yang akan datang,” harapnya.

Selain penanaman bibit pohon, acara pencanangan Gerakan Hijau Biru Babelku ini dirangkaikan dengan pelepasan ikan air tawar endemik Kep. Babel yang terdiri dari delapan jenis ikan native atau ikan asli di perairan Kep. Babel oleh Pj. Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kep. Babel, pelepasan burung perkutut oleh Pj. Gubernur beserta Forkopimda Kab. Babar, serta penyerahan secara simbolis pupuk dari PT. Pupuk Indonesia kepada Ketua Tim Penggerak Gerakan Hijau Biru Babelku.

Sumber: Dinas KominfoPenulis: SabrinaFotografer: DeoEditor: DiniKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita Kanal Konten: Lingkungan

Ka Kwarnas Pimpin Upacara Hari Pramuka Ke-61 dan Pembukaan Jambore Nasional XI

Berita Provinsi Kepulauan Bangka Belitung - Sun, 08/14/2022 - 15:04

CIBUBUR- Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-61 dan Pembukaan Jambore Nasional XI tahun 2022 dipimpin oleh Pembina Upacara yaitu Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Budi Wasesa, di Lapangan Utama Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (14/8/22). 

Dihadapan 9.468 peserta Jambore Nasional XI, dalam arahanya, Ka Kwarnas, Budi Waseso menjelaskan bahwa pada hari ini Gerakan Pramuka Indonesia genap berusia 61 tahun, namun demikian Gerakan Pendidikan Kepanduan di Indonesia sudah ada sejak tahun 1912, yang artinya tahun ini sudah berusia 110 tahun. 

Dijelaskannya juga, bila dulunya gerakan Kepanduan terpecah-pecah dengan berbagai organisasi, maka atas peran dan prakarsa Presiden Soekarno, semua organisasi kepanduan itu disatukan dengan wadah yang diberi nama Gerakan Pramuka melalui Keputusan Presiden No 238 tahun 1961. 

"Gerakan Pramuka menjadi penting dalam berperan mendidik pemuda Indonesia, sehingga dapat menjadi manusia-manusia yang Pancasilais, berkarakter baik dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta siap mengabdi bagi bangsa dan negara" ungkapnya. 

Oleh sebab itu Tema Peringatan Hari Pramuka ke 61 tahun 2022 ini adalah Mengabdi Tanpa Batas, Membangun Ketangguhan Bangsa, diwujudkan dalam bentuk bhakti sosial, bhakti masyarakat, dan menolong berbagai kondisi bencana alam, bergerak pertama dalam membantu menanggulangi pandemi Covid-19. 

Selain itu juga dilaksanakan program untuk meningkatkan pemahaman terhadap Pancasila, yang diwujudkan dalam perilaku keseharian maupun berbagai kegiatan lainnya, yang dilakukan oleh para anggota Pramuka. 

"Seorang Pramuka harus mengabdi tanpa pamrih, mengabdi tanpa henti serta membantu untuk terus meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat" tegasnya. 

Dan salahsatu kegiatan yang diadakan adalah Jambore Nasional ke XI yang diselenggarakan pada tanggal 14 sampai dengan 21 Agustus 2022 melalui tema Ceria, Berdedikasi dan Berprestasi. 

Selain ketrampilan Kepramukaan, dalam Jamnas ini juga diisi dengan berbagai kegiatan, seperti Kampung Pengembangan Berkelanjutan, Teknologi, Seni dan Budaya, Kampung digital dan Komputasi Awan (Cloud), serta dilaksanakan kegiatan Bhakti Masyarakat. 

Di tempat ini juga telah disediakan kebun buah dan tanaman nusantara. Jamnas XI ini menurut Ka Kwarnas adalah bagian dari pendoktrisasian cara kepramukaan, yang dikemas dalam kegiatan Jambore. 

Pesan Ka Kwarda Babel di Hari Pramuka 

Sementara itu sesuai dengan Tema Hari Pramuka Ke-61, Ka Kwarda Babel, Melati Erzaldi berpesan agar seluruh anggota Pramuka di Kwarda Bangka Belitung untuk terus mengabdi tiada henti melalui program dan kegiatannya sehingga dapat mewujudkan ketangguhan bangsa. 

"Terimakasih kepada seluruh anggota Pramuka di Kwarda Babel, yang dengan berbagai program dan kegiatan, telah menjadi pelopor khususnya dalam membantu penanganan Covid-19 dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Namun tidak berhenti di sini, Pramuka harus terus mengabdi tanpa henti untuk mewujudkan ketangguhan bangsa" harapnya. 

Kepada seluruh peserta Jambore Nasional XI, Ka Kwarda Melati berharap agar para peserta mengikuti seluruh rangkaian Jamnas dengan sebaik-baiknya. Karena menurutnya, materi yang diberikan dalam Jamnas XI tahun ini sangat menarik dengan diisi pembekalan tentang ekonomi kreatif di dalamnya. Hal ini sangat sesuai dengan apa yang menjadi konsen programnya. 

Tak lupa Kak Melati berpesan agar dapat menjaga kesehatan selama berlangsungnya Jambore. Kwarda Babel dalam Jambore Nasional XI ini mengirimkan 144 Kontingen, baik perserta berkebutuhan khusus, serta pembina pendamping dari seluruh Kwartir Cabang yang ada. 

Sumber: Dinas KominfoPenulis: LulusFotografer: LulusEditor: Listya AninditaKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita Kanal Konten: Faktanya

Sekda Kibarkan Bendera Start Lepas Peserta Lomba Lari Babel Run 2022

Berita Provinsi Kepulauan Bangka Belitung - Sun, 08/14/2022 - 15:00

PANGKALPINANG - Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Prov. Kep. Babel) Naziarto melepas peserta lomba lari yang bertajuk Babel Run 2022 di depan Rumah Sakit Bayangkara Polda Kep. Babel. Lomba lari ini digelar dalam rangka memeriahkan HUT Ke-77 RI, serta untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam melakukan aktivitas olahraga. 

Sesuai jadwal, sekitar pukul 06.00 WIB, ribuan peserta dari berbagai kalangan sudah memadati lokasi lomba. Dari garis start, Sekda Naziarto bersama Kapolda Kep. Babel Irjen Pol. Yan Sultra langsung mengibarkan bendera start tanda dimulainya perlombaan. 

Arena balap lari seketika riuh ketika peserta mulai berlari dengan jersey bertuliskan 'Babel Run 2022.' Mereka berlari dengan rute jalan perkantoran Kantor Gubernur Air Itam, dan finish di Jembatan Emas. 

"Selamat pagi dan semangat pagi. Selamat bertanding untuk semuanya karena hadiah sudah menunggu nantinya digaris finish," ujar Sekda Naziarto dalam sambutannya, Minggu (14/8).

Adapun dalam kegiatan yang diinisiasi Badan Pembina Olahraga Korpri Kep. Babel ini terdapat beberapa nomor dilombakan, yaitu kategori pelajar SD, umum kategori usia di bawah 35 tahun, umum kategori usia di atas 36 tahun, kategori atlet, dan kategori TNI/Polri dengan total hadiah Rp73 juta.  

Sekda Naziarto menuturkan melihat animo masyarakat yang berpartisipasi cukup banyak, membuktikan bahwa Kep. Bangka Belitung dalam kondisi sehat di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang sudah semakin mereda, dan bisa menunjukan Kep. Bangka Belitung sehat untuk Indonesia yang lebih sehat.

"Bukan hanya sehat secara raga dan jiwa, namun juga sosial dan ekonominya," ungkapnya.

Selain itu, dikatakannya tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan tali persaudaran antara masyarakat di Kep. Babel, dan dalam rangka menunjang program pemerintah dalam mencari bibit atlet potensial yang nantinya diharapkan dapat mengharumkan Kep. Babel di pentas nasional dan internasional. 

Melihat berbagai kalangan masyarakat dari berbagai etnis dan unsur yang berpartisipasi dalam Babel Run 2022, Sekda Naziarto mengatakan bahwa itu bentuk partisipasi masyarakat untuk turut berperan serta merayakan kemerdekaan RI dengan melakukan aktivitas olahraga bersama-sama, sehingga terwujud kebersamaan untuk membangun Kep. Bangka Belitung lebih sejahtera.

"Ini menunjukkan kebersaman, satu dalam kebersamaan, bersama dalam kekeluargaan," tutupnya.

Sumber: Dinas KominfoPenulis: BudiFotografer: FajarEditor: Lisia AyuKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita Kanal Konten: Olahraga

Pesepeda Asal Jakarta Terpesona Akan Rute Gowes Go Green Bangka 2022

Berita Provinsi Kepulauan Bangka Belitung - Sat, 08/13/2022 - 15:51


PANGKALPINANG - Bertujuan untuk sehat sekaligus menggalakkan 'go green', upaya melindungi hewan endemik mentilin, hingga mempromosikan pariwisata, Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Ridwan Djamaluddin, menginisiasi kegiatan Gowes Go Green Bangka 2022.

Kegiatan yang diadakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kep. Babel bekerja sama dengan Kementerian ESDM RI, yang diikuti oleh 781 peserta termasuk Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Babel, digelar pada Sabtu (13/8/2022). 

Start dan finish bersepeda di Rumah Dinas Gubernur Babel, kegiatan terbagi menjadi dua kategori yaitu, fun fondo (25 km) dengan rute 0 kilometer Pangkalpinang, serta Pantai Pasir Padi dan grand fondo (100km), dengan rute melewati 0 kilometer Pangkalpinang, Pagoda Tri Agung, Pantai Rambak, Pantai Tikus Emas, dan Pantai Pasir Padi.

Menariknya, peserta Gowes Go Green Bangka 2022 ini bukan hanya masyarakat Babel saja, melainkan ada yang rela datang dari Jakarta, Bandung, dan sekitarnya untuk mengikuti kegiatan ini. Salah satunya adalah Narita. 

"Saya memang sengaja ke sini untuk ikut gowes, karena undangan juga. Pantainya bagus, alamnya bagus," ujar Narita, pesepeda Asal Jakarta saat namanya dipanggil ke panggung, menjadi salah satu yang beruntung mendapatkan doorprize.

Sesuai dengan tujuan Pj Gubernur, memang inilah yang diharapkannya, mengenalkan keindahan pariwisata Babel, juga menjaga kelestarian alam Babel. Ini dibuktikan dengan adanya agenda penanaman bibit cemara laut di sepanjang jalan Pantai Pasir Padi, juga pembagian 500 bibit pohon alpukat mentega untuk peserta gowes. 

Tak hanya itu saja, sebagai bentuk menyambut Hari Kemerdekaan ke-77 RI, juga diadakan pembagian 10 juta bendera merah putih kepada masyarakat, yang mana ini merupakan salah satu program nasional. 

Acara gowes semakin meriah, karena di sela-sela pembagian hadiah doorprize, hadir dua putra terbaik daerah yang berhasil memenangkan kontes dangdut nasional, yakni Yendri KDI dan Zainul Rising Star Dangdut untuk menghibur peserta dengan suara emasnya.

Sumber: Dinas KominfoPenulis: Intan PitalokaFotografer: SaktioEditor: RanggaKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita Kanal Konten: Olahraga

844 Peserta Semarakkan Gowes Go Green Bangka 2022

Berita Provinsi Kepulauan Bangka Belitung - Sat, 08/13/2022 - 05:17

PANGKALPINANG - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Kep. Babel) bekerjasama dengan Kementrian ESDM RI akan menggelar acara bersepeda bersama ratusan peserta. Event yang bertajuk Gowes Go Green Bangka 2022 ini digelar pada esok hari (13/8) untuk menyambut peringatan HUT Ke-77 RI.

Antusias peserta cukup tinggi mengikuti fun bike ini, terdata sejumlah 844 peserta turut berpartisipasi pada gelaran yang diinisiasi Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Ridwan Djamaluddin. Ia mengatakan dengan adanya kegiatan ini, disamping bertujuan untuk memotivasi masyarakat akan pentingnya berolahraga, sekaligus mempromosikan pariwisata di Babel.

"Animo peserta cukup banyak untuk mengikuti even ini, karena rute gowesnya menarik dengan mengeksplor keindahan alam dan wisata," ujar Pj Gubernur saat menyambut peserta Gowes Go Green Bangka 2022 dalam acara Gala Dinner di Swiss-belhotel Pangkalpinang, Jumat (12/8). 

Disamping itu, dirinya mengatakan ajang ini sebagai sarana silaturahmi dan mempererat tali persaudaran antar instansi pemerintah, Forkopimda, dan rider sepeda, sekaligus mengedukasi masyarakat agar peduli dengan penghijauan. 

Maka dalam giat Gowes Go Green Bangka 2022 ini yang terbagi dalam dua kategori kelas, yakni fun fondo (25 km) dan grand fondo (100 km), akan juga diadakan penanaman bibit cemara laut di Pantai Pasir Padi.

Selain gelaran ini, ia menjelaskan dalam waktu dekat Pemprov Kep. Babel juga akan mengadakan lomba lari bertajuk Babel Run 2022. Dirinya berharap even-even seperti ini dapat terus diadakan karena efek positif utamanya dapat mempromosikan wisata Babel.

"Terima kasih kepada para sponsor yang memberikan dukungan untuk menyukseskan acara ini, kita berharap akan terus berlanjut even-event berikutnya melihat animo yang begitu besar," ungkapnya.

Dalam acara gala dinner ini, Pj Gubernur yang hadir bersama istri Sri Utami Ridwan Djamaluddin menerima jersey dari Ketua Panitia Sugeng Mujiyanto sebagai tanda peresmian. Tak lupa Dirjen Minerba ini juga memberikan plakat kepada pihak sponsor yang berpartisipasi menyukseskan gelaran tersebut.

Sumber: Dinas KominfoPenulis: BudiFotografer: DeoEditor: NonaKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita Kanal Konten: Olahraga

Dari Babel untuk Indonesia Pulih dan Bangkit Lebih Cepat

Berita Provinsi Kepulauan Bangka Belitung - Sat, 08/13/2022 - 05:12

PANGKALPINANG - Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Ridwan Djamaluddin melakukan _taping_ Dialog 21 Bersama TVRI dalam rangka Peringatan Kemerdekaan ke-77 RI Tahun 2022, bertempat di Rumah Dinas Gubernur Kep. Babel, Jumat (12/8/2022).

Acara yang akan tayang pada 17 Agustus ini mengangkat tema "Dari Babel untuk Indonesia Pulih dan Bangkit Lebih Cepat". Acara ini dipandu oleh host TVRI Kep. Babel yakni Dick Revolino.

Dikatakan Pj. Gubernur Ridwan, usia 77 tahun bukanlah usia yang muda. Banyak hal yang tidak mudah dalam perjalanannya. 

"Mari mengisi kemerdekaan negara ini dengan hal-hal positif yang semakin menyejahterakan, visioner, dan sesuai dengan isu global. Di Kep. Babel yang menurut saya menarik dengan terobosan. Kalau dulu kebiasaan masyarakat sini menambang, sekarang bisa dengan mengolahnya, yakni hilirisasi pertambangan. Yang penting kita harus menyiapkan generasi muda, agar mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang lebih bermanfaat," katanya. 

Lebih lanjut ia menjelaskan, menurut para ahli kurang lebih 20 tahun ke depan timah akan habis. Dua pulau besar yang ada di Kep. Babel yakni pulau Belitung arahnya ke pariwisata dan pulau Bangka arahnya ke industrialisasi. Namun menurutnya tantangan ke depan akan lebih besar, seperti masalah stunting dan masalah pendidikan.

"Untuk itu, kita harus membangun Kep. Babel dengan membangun Sumber Daya Manusianya (SDM). Saya sudah beberapa kali bertemu dengan kelompok anak muda Kep. Babel. Selain mengedepankan konsep ekonomi, kita juga harus mengembangkan SDM kita," ujarnya. 

Terkait dengan tema kemerdekaan ke-77 RI Tahun 2022, Pulih dan Bangkit Lebih Cepat, Pj. Gubernur Ridwan memandang bahwa dalam hal ini kita tidak boleh bertindak biasa-biasa saja. 

"Harus melihat lebih cepat, lebih kuat dalam ekspresi, dan tindakan yang tak biasa. Di pemerintahan sendiri, kami bekerja lebih keras dalam meningkatkan pelayanan publik. Dan dalam ekonomi misalnya, kita memudahkan perizinan, memudahkan masyarakat mendapatkan informasi, menggunakan kemajuan teknologi sehingga dari manual bisa menjadi online," jelasnya. 

Untuk pemulihan lebih cepat, ia mengatakan bahwa kita tak bisa bertindak sendiri, mengingat kondisi provinsi kita yang merupakan kepulauan, sehingga kita harus bekerja sama dengan daerah sekitar kita seperti daerah-daerah yang ada di Sumatera, Jawa dan lainnya. 

Terkait hal konkret yang melibatkan masyarakat, Pj. Gubernur Ridwan mengatakan bahwa untuk saat ini meskipun jumlah penerbangan ke Kep. Babel sedikit, namun jumlah kunjungan sudah mulai membaik. Ditambah adanya upaya seperti dilaksanakannya even tertentu yang diselenggarakan di Kep. Babel seperti, G20 pada bulan September mendatang.

"Kita memanfaatkan momen kedatangan orang dari luar negeri ke Belitung. Kami membuka promosi, dimana kelebihan kuliner kita yang enak walaupun promosi belum masif. Kekuatan budaya, investasi, serta kohesi sosial yang mendukung terciptanya keamanan di Kep. Babel," terangnya. 

Mengingat sebentar lagi kontestasi pemilu akan di gelar di Kep. Babel, untuk menjaga persatuan dan kesatuan, Pj. Gubernur Ridwan menerangkan bahwa masyarakat perlu bijak dalam menggunakan media sosial. Ia mengajak masyarakat untuk mampu mengendalikan diri dalam menyampaikan isu-isu melalui media sosialnya. 

"Kalimat positif jauh lebih bermakna, jangan sampai teknologi yang harusnya membawa kebaikan, justru malah sebaliknya. Meskipun banyak pendatang di Kep. Babel, kita juga hendaknya tak membeda-bedakan. Kalau saya, menilai orang dari apa yang dia lakukan, bukan siapa dia, namun seberapa besar dia membawa kebaikan dan ini untuk menjaga kohesi sosial kita," pungkasnya. 

Turut hadir dalam dialog ini yakni dari unsur Polda Kep. Babel, Kombes Pol. Drs. A. Maladi; dari Danrem 045/ Garuda Jaya, Kasi Op. Letkol Inf Diantoro. 

Sumber: Dinas KominfoPenulis: Lisia AyuFotografer: NatasyaEditor: DiniKategori Info Publik: Tersedia Setiap SaatKategori Konten: Berita Kanal Konten: Faktanya

Pages

Subscribe to RS JIWA DAERAH aggregator