SOSIALISASI KOMUNIKASI EFEKTIF

Pelayanan pasien di Rumah Sakit diberikan oleh berbagai profesi kesehatan yang terdiri dari dokter, perawat, apoteker, laboratorium, ahi gizi,radiologi,dll. pelayanan kesehatan di Rumah Sakit dilakukan terus menerus selama 24 jam, dimana diperlukan untuk menjaga komunikasi pelayanan. dalam memberikan pelayanan yang komprehensief maka antar petugas kesehatan dibutuhkan komunikasi yang efektif sehingga proses perawatan dapat diberikan secara menyeluruh.

Sefrita Danur menjelaskan komunikasi bagi petugas kesehatan merupakan media untuk menyampaikan pesan kepada pasien, keluarga pasien dan juga antar petugas  kesehatan itu sendiri. petugas kesehatan dituntut harus mampu berkomunikasi secara efektif dan terumetik dengan pasien dan keluarga pasien dan keluarga agar pesan yang disampaikan efektif dan tidak membuat salah interprestasi ujar Sefrita kepada seluruh peserta sosialisasi di ruang pertemuan lantai II UPTD Rumah Sakit Jiwa Daerah Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (17/02)

komunikasi efektif antar petugas kesehatan berkaitan dengan sasaran keselamatan (patient safety) komunikasi yang efektif bertujuan untuk mencegah terjadinya kesalapahaman dalam menerima informasi antar petugas kesehatan, seperti menerima pasien dalam therapi pasien. kompentensi komunikasi yang efektif merupakan keharusan bagi petugas kesehatan untuk itu melatih petugas kesehatan. untuk itu melatih petugas kesehatan supaya memiliki kemapuan berkomunikasi merupakan keharusan ungkap Diansari Evita.

diharapkan dengan adanya sosialisasi komunikasi efektif seluruh pegawai dapat memberikan pelayanan kesehatan jiwa yang terbaik kepada pasien rawat inap maupun rawat jalan. 

 

Sumber: 
Humas RSJD
Penulis: 
Adeherfitriyanti
Fotografer: 
Rangga Aditya
Editor: 
Gugianti, SH