SURAT KESEHATAN JIWA DAN NARKOBA

Bahwa UPTD Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sejak tanggal 31 Oktober 2020, telah dipenuhi dengan kedatangan masyarakat umum se-Wilayah Provinsi Bangka Belitung. Sejak diumumkannya kelulusan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2020, kedatangan masyarakat tersebut dalam hal untuk membuat Surat Keterangan Kesehatan Jiwa / Rohani dan Surat Keterangan Bebas Narkoba sebagai salah satu kelengkapan berkas diterbitkan SK CPNS, yang akan disampaikan ke BKPSDMD baik di lingkungan pemerintah provinsi maupun kabupaten / kota se-Bangka Belitung. Kedatangan juga berasal dari masyarakat yang berobat jalan maupun yang rawat inap.

Karena pelayanan yang diberikan oleh UPTD RSJD DINKES PROV.KEP.BABEL meliputi banyak hal antara lain :

1. Pelayanan Poliklinik Umum

2. Pelayanan Poliklinik Jiwa

3. Pelayanan Klinik Tumbuh Kembang

4. Pelayanan Rehabilitasi Napza

5. Pelayanan Perawatan Pasien ODGJ

Namun untuk pelayanan kepada masyarakat terutama dalam hal surat keterangan kesehatan jiwa dibatasi dalam 1 hari, yakni kurang lebih 120 calon peserta. Mengingat saat ini penyebaran Covid 19 masih berlangsung, solusinya UPTD RSJD Dinkes Prov.Kep.Babel membatasi jumlah masyarakat pengunjung agar protokol kesehatan tetap terjaga. Adapun syarat untuk mendapat surat keterangan kesehatan jiwa dari UPTD RSJD Dinkes Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, para peserta diharuskan dan diwajibkan mengerjakan test MMPI-2 dan wawancara psikiatri yang diberikan oleh petugas medis pofesional UPTD RSJD Dinkes. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sedang penetapan mengenai biaya untuk mendapatkan Surat Keterangan Kesehatan Jiwa ditentukan sebesar Rp. 290.000,- dan untuk Surat Keterangan Bebas Narkoba sebesar Rp. 220.000,- sesuai dengan Peraturan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Nomor : 30 Tahun 2017.

Fotografer: 
ADE HERFITRIYANTI