SADURAN

Pembuangan limbah medis adalah salah satu tantangan terbesar sehari-hari yang dihadapi oleh penyedia layanan kesehatan. Ini sering dipersulit oleh kekhawatiran lain seperti HIPAA, epidemiologi, litigasi sipil potensial, dan peraturan negara bagian dan lokal. Karena di MedPro Waste Disposal kami bertujuan untuk membantu penyedia menjadi penyedia yang lebih baik, kami melihat konsep-konsep utama seputar limbah medis.
Contoh Limbah Medis?
1. Apa pun yang direndam dalam darah (sarung tangan, kain kasa, gaun, dll.)
2. Jaringan manusia atau hewan dibuat selama prosedur
3. Budidaya penyakit / agen infeksi
4. Setiap limbah yang dihasilkan di kamar pasien dengan penyakit menular
5. Vaksin yang dibuang
Definisi Limbah Medis
Limbah medis adalah segala jenis limbah yang mengandung bahan infeksius (atau bahan yang berpotensi infeksius). Definisi ini mencakup limbah yang dihasilkan oleh fasilitas kesehatan seperti kantor dokter, rumah sakit, praktik gigi, laboratorium, fasilitas penelitian medis, dan klinik hewan.
Limbah medis dapat mengandung cairan tubuh seperti darah atau kontaminan lainnya. Undang-undang Penelusuran Limbah Medis USA tahun 1988 mendefinisikan sebagai limbah yang dihasilkan selama penelitian medis, pengujian, diagnosis, imunisasi, atau perawatan manusia atau hewan. Beberapa contoh adalah piring kultur, gelas, perban, sarung tangan, benda tajam yang dibuang seperti jarum atau pisau bedah, penyeka, dan tisu.
Limbah medis berasal dari beberapa nama yang semuanya memiliki definisi dasar yang sama. Semua istilah di bawah ini mengacu pada limbah yang dibuat selama proses perawatan kesehatan yang terkontaminasi atau berpotensi terkontaminasi oleh bahan infeksi.
Limbah Medis
Limbah Biomedis
Limbah Klinis
Limbah Biohazardous
Limbah Medis Teratur (RMW)
Limbah Medis Menular
Limbah layanan kesehatan
Istilah ini digunakan secara bergantian, tetapi ada perbedaan antara limbah layanan kesehatan umum dan limbah medis berbahaya. WHO mengategorikan benda tajam, jaringan manusia, cairan, dan persediaan yang terkontaminasi sebagai “biohazardous,” dan peralatan dan jaringan hewan yang tidak terkontaminasi sebagai “limbah medis umum”.
Faktanya, kertas kantor, limbah pembersih, dan limbah dapur dari fasilitas perawatan kesehatan masih merupakan limbah medis, meskipun tidak diatur dan tidak berbahaya secara alami.
Jenis Limbah Medis
Istilah "limbah medis" dapat mencakup berbagai macam produk sampingan yang berbeda dari industri perawatan kesehatan. Definisi paling luas dapat mencakup kertas kantor dan limbah pembersih rumah sakit. Daftar di bawah ini menampilkan kategori limbah yang paling umum sebagaimana diidentifikasi oleh WHO.

Benda tajam. Limbah jenis ini termasuk apa saja yang dapat menembus kulit, termasuk jarum, pisau bedah, pisau bedah, pecahan kaca, pisau cukur, ampul, staples, kabel, dan trocar.
Limbah Menular. Apa pun yang menular atau berpotensi menular masuk dalam kategori ini, termasuk penyeka, jaringan, tinja, peralatan, dan kultur laboratorium.
Radioaktif. Limbah jenis ini umumnya berarti cairan radioterapi yang tidak digunakan atau cairan penelitian laboratorium. Itu juga dapat terdiri dari gelas atau persediaan lain yang terkontaminasi dengan cairan ini.
Patologi. Cairan manusia, jaringan, darah, bagian tubuh, cairan tubuh, dan bangkai hewan yang terkontaminasi masuk dalam kategori limbah ini.
Obat-obatan Pengelompokan ini mencakup semua vaksin dan obat yang tidak digunakan, kedaluwarsa, dan / atau terkontaminasi. Ini juga mencakup antibiotik, suntikan, dan pil.
Bahan kimia. Ini adalah desinfektan, pelarut yang digunakan untuk keperluan laboratorium, baterai, dan logam berat dari peralatan medis seperti merkuri dari termometer yang rusak.
Limbah Genotoksik. Ini adalah bentuk limbah medis yang sangat berbahaya yang bersifat karsinogenik, teratogenik, atau mutagenik. Ini dapat termasuk obat sitotoksik yang dimaksudkan untuk digunakan dalam pengobatan kanker.
Limbah Medis Umum yang Tidak Diatur. Juga disebut limbah tidak berbahaya, jenis ini tidak menimbulkan bahaya kimia, biologis, fisik, atau radioaktif tertentu.
Daftar di bawah ini memberikan gambaran singkat tentang fakta-fakta topline di sekitar limbah medis, termasuk jumlah, kerusakan, bahaya, dan bagaimana limbah tersebut diolah.
Kuantitas. Rumah sakit A.S. diperkirakan membuat 5,9 juta ton limbah medis dan biohazardous lainnya setiap tahun. Itu £ 33 limbah per tempat tidur staf setiap hari.
Kerusakan. 85% dari semua limbah medis dianggap tidak berbahaya dan umum. 15% lainnya berbahaya dan dapat menular, radioaktif, atau beracun.
Bahaya. Limbah biohazardous dapat mengandung mikroorganisme berbahaya yang dapat menginfeksi petugas kesehatan, pasien, dan masyarakat umum.
Cara pengobatannya. Limbah layanan kesehatan dapat diolah di lokasi atau di luar lokasi, dengan layanan truk atau melalui surat. Itu bisa dibakar, diautoklaf, di-microwave, atau diolah dengan cara kimia atau biologis.
Tempat Sampah Medis Dibuang
Ada beberapa metode pembuangan limbah medis yang dapat dipilih oleh penyedia layanan kesehatan. Pertanyaan pertama adalah di mana limbah dibuang: di tempat atau di luar lokasi? Yang kedua adalah bagaimana limbah diangkut jika dibuang di luar lokasi.
Inilah layanan hebat lainnya untuk kantor medis: Pembuangan Limbah MedPro menawarkan pembuangan limbah medis yang aman dan murah dengan layanan yang dapat diprediksi dan biaya yang dapat diprediksi. Lihatlah kalkulator tabungan praktik kami di sini untuk melihat seberapa banyak Anda dapat menghemat pembuangan limbah medis Anda.
Perawatan di Tempat
Pengolahan limbah medis di tempat umumnya terbatas pada rumah sakit dan fasilitas besar yang dimonasi dengan baik. Perawatan di tempat sangat mahal. Itu karena peralatan yang dibutuhkan mahal untuk dibeli, mahal untuk dirawat, dan mahal untuk dikelola dan dijalankan. Labirin pengatur di sekitar peralatan tersebut (dan penggunaannya) menghadirkan hambatan lain untuk masuk.
Perawatan Di Luar Lokasi
Pengolahan limbah medis di luar lokasi merupakan pilihan yang jauh lebih hemat biaya untuk sebagian besar praktik dan fasilitas medis berukuran kecil dan menengah. Vendor pihak ketiga yang bisnis utamanya adalah pengumpulan dan pembuangan limbah layanan kesehatan memiliki peralatan dan pelatihan yang diperlukan untuk menangani proses tersebut. Vendor dapat mengumpulkan limbah baik dengan truk atau melalui pos.
Layanan truk memerlukan kontrak dengan perusahaan pembuangan yang memiliki izin khusus untuk mengangkut limbah untuk penghancuran rutin. Limbah tersebut diangkut dalam wadah khusus ke fasilitas pembuangan khusus.
Layanan pos atau kotak menggunakan Layanan Pos A.S. untuk mengirimkan limbah dengan aman ke fasilitas untuk perawatan. Ini umumnya yang paling hemat biaya dari semua metode. Ini membutuhkan vendor yang sepenuhnya berpengalaman dan berpengalaman dalam semua peraturan dan praktik terbaik Layanan Pos.
Metode Perawatan Limbah Medis
Tidak peduli di mana limbah medis diproses, limbah itu akhirnya diolah dengan insinerasi, pemotongan otomatis, gelombang mikro, perawatan biologis, atau kimia. Insinerasi, yang dulu merupakan metode yang paling populer, telah menurun dalam penggunaan sejak tahun 1990-an, karena peraturan telah memaksa metode lain untuk online.
Pembakaran. Sebelum 1997, lebih dari 90% dari semua limbah medis infeksius dibuang melalui pembakaran. Perubahan pada peraturan EPA telah menyebabkan penyedia mencari cara pembuangan lainnya. Ini masih satu-satunya metode yang digunakan pada limbah patologis, misalnya bagian tubuh dan jaringan yang dapat dikenali.
Pencetakan otomatis. Sterilisasi uap menjadikan limbah biohazardous tidak menular. Setelah disterilkan, limbah dapat dibuang secara normal di tempat pembuangan sampah, atau dapat dibakar dengan peraturan yang tidak terlalu ketat.
Gelombang mikro. Cara lain untuk membuat limbah layanan kesehatan yang berbahaya tidak berbahaya adalah dengan microwave dengan peralatan bertenaga tinggi. Seperti halnya dengan autoklaf, metode ini membuka limbah untuk dibuang ke tempat pembuangan sampah biasa atau insinerasi sesudahnya.\
Bahan kimia. Beberapa jenis limbah kimia dapat dinetralkan dengan menerapkan bahan kimia reaktif yang membuatnya lembam. Ini umumnya dicadangkan untuk limbah yang bersifat kimiawi.
Biologis. Metode eksperimental pengolahan limbah biomedis ini menggunakan enzim untuk menetralisir organisme berbahaya yang menular. Masih dalam pengembangan dan jarang digunakan dalam praktik.
Praktik Terbaik untuk Penanganan Limbah Medis
Petugas kesehatan dapat menghindari sebagian besar masalah limbah medis dengan mengikuti beberapa praktik terbaik utama. Karyawan harus mengetahui undang-undang, lalu mengklasifikasikan dan memisahkan semua limbah berdasarkan jenis ke dalam wadah limbah dengan kode warna yang benar. Limbah harus diberi label tergantung pada kategorinya, dan dokumentasi yang tepat harus menyertai semua kontainer selama transit. Perusahaan pembuangan limbah medis yang andal dapat membantu fasilitas menerapkan praktik terbaik ini.
Ketahui hukum limbah layanan kesehatan. Limbah layanan kesehatan diatur oleh DOT, EPA, OSHA, dan DEA. Sangat penting untuk menyadari semua pedoman dari masing-masing lembaga ketika mempersiapkan, mentransfer, dan membuang limbah berbahaya.
Klasifikasi limbah medis dengan benar. Mengidentifikasi jenis limbah yang Anda tangani adalah langkah pertama untuk membuangnya dengan benar. Hindari memasukkan limbah tidak berbahaya ke dalam sisanya untuk mencegah pengeluaran berlebihan.
Pisahkan limbah berdasarkan jenis. Limbah harus dipisahkan ke dalam berbagai kategori, termasuk benda tajam, farmasi, kimia, patologis, dan tidak berbahaya. Limbah medis yang diatur masuk dalam kantong merah. Benda tajam yang masuk ke dalam kantong ini harus dimasukkan ke dalam wadah anti bocor terlebih dahulu.
Gunakan wadah limbah medis yang tepat. Masukkan semua limbah ke dalam wadah yang disetujui tergantung pada bagaimana diklasifikasikan. Beberapa limbah dapat dimasukkan ke dalam kotak kardus bersertifikat, sementara limbah lainnya dimasukkan ke dalam bak khusus atau bahkan dikunci untuk transit.
Siapkan wadah dengan benar. Wadah dan kantong limbah layanan kesehatan harus direkam untuk pengiriman, kemudian dikemas sesuai dengan batasan berat DOT. Wadah harus disimpan di tempat yang aman dan kering sebelum diambil atau dikirim. Sangat penting untuk memberi label dengan benar semua limbah sebelum diangkut juga.
Sertakan dokumentasi yang tepat. Dokumentasi yang tepat dari limbah layanan kesehatan sangat penting untuk melindungi penyedia dan perusahaan pembuangan limbah. Dokumen yang tepat harus menyertai setiap wadah dan tas selama proses berlangsung.
Gunakan kode warna pembuangan limbah medis. Sistem kode warna untuk pemilahan limbah membutuhkan semua benda tajam untuk masuk dalam wadah biohazard merah yang tahan tusukan. Limbah Biohazard dimasukkan ke dalam kantong dan wadah merah. Wadah kuning untuk bekas jejak kemo, sedangkan limbah farmasi masuk ke wadah hitam untuk bahan berbahaya dan biru untuk semua lainnya. Limbah radioaktif seperti Fluorine-18 atau Iodine-131 dimasukkan ke dalam wadah berpelindung yang ditandai dengan simbol radioaktif.
Pekerjakan perusahaan pembuangan limbah yang tepat. Berbagai badan pengatur, berbagai bahaya, dan beberapa jenis limbah berbeda menghadirkan tantangan yang menakutkan bagi karyawan layanan kesehatan. Bermitra dengan vendor yang andal seringkali penting.
Sejarah Limbah Medis
Pendekatan untuk menangani limbah medis di A.S. telah berkembang pesat sejak tahun 1980-an. Pada dasawarsa itu, serangkaian insiden limbah layanan kesehatan menghantam pantai-pantai Pantai Timur mendapat perhatian luas dari media. Peristiwa tersebut menyebabkan seruan untuk peningkatan regulasi, yang datang dalam bentuk Undang-Undang Pelacakan Limbah Medis Federal tahun 1988.
UU tersebut memberlakukan aturan ketat tentang pengangkutan limbah dari rumah sakit dan fasilitas lainnya. Ketika kadaluwarsa pada tahun 1991, sebagian besar negara bagian menanggung beban regulasi, mendasarkan program masing-masing pada pelajaran yang dipetik dari UU tersebut.
Solusi baru dalam industri limbah medis terus menawarkan kemajuan dalam keamanan, kenyamanan, penghematan biaya, dan kecepatan layanan. Di antara yang paling berguna adalah beberapa perusahaan pembuangan limbah yang menerima transfer limbah melalui surat.
Bahaya Limbah Medis
Kecuali jika dikelola dengan baik, limbah medis dapat menimbulkan beberapa bahaya kesehatan bagi karyawan layanan kesehatan, pekerja limbah, dan masyarakat umum. Jarum yang dibuang dapat membuat kita terkena jarum suntik dan kemungkinan infeksi jika mereka secara tidak sengaja dikirim ke fasilitas daur ulang, atau jika kontainer pecah saat transit. Pengurus rumah tangga dan petugas kebersihan juga beresiko ketika benda tajam menembus melalui kantong plastik.
Limbah berbahaya dapat membuat kita terkena mikroorganisme, radiasi, racun, polusi, dan bahaya lainnya. Akhirnya, limbah yang diolah dengan tidak benar ke tempat pembuangan sampah dapat mencemari air minum dan lingkungan kita.
Siapa yang Mengatur Limbah Medis?
Tidak ada kekurangan regulasi limbah medis. Pada akhir 1980-an, limbah tersebut diawasi oleh EPA dan Pemerintah Federal. Setelah itu, peraturan disahkan ke negara bagian. Lembaga kesehatan negara dan program lingkungan memiliki informasi tentang siapa yang mengatur limbah layanan kesehatan di setiap negara bagian.
Beberapa badan federal memelihara undang-undang tentang limbah medis. Ini termasuk Administrasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (OSHA), Pusat Pengendalian Penyakit (CDC), Administrasi Makanan dan Obat-obatan AS (FDA), Departemen Transportasi (DOT), dan Administrasi Penegakan Obat (DEA).
Siapa yang Membuat Limbah Medis?
Limbah medis dapat berasal dari aktivitas atau sumber medis atau biologis apa pun. Misalnya, pencegahan, diagnosis, atau perawatan berbagai penyakit dapat membuat limbah berbahaya.
Daftar fasilitas penghasil limbah di bawah ini mencakup semua lokasi pengasuh seperti praktik dokter pribadi dan kantor gigi, tetapi juga praktik dokter hewan, laboratorium penelitian, rumah duka, dan tempat lain yang memenuhi kebutuhan medis.
Praktek Dokter
Klinik Kesehatan Ritel
Kantor Gigi
Klinik Perawatan Mendesak
Praktik Kedokteran Hewan
Laboratorium Penelitian Medis
Rumah jompo
Perawatan Kesehatan di Rumah atau Situasi Infus
Rumah Pemakaman
Rumah sakit
Kantor dan Bangunan Komersial
Alat dan Sumber Daya Limbah Medis
Kami telah membuat kotak alat kecil di bawah ini dari berbagai sumber daya dan solusi limbah medis, dari situs web dan dokumen pemerintah hingga undang-undang, vendor, dan materi pendidikan.
EPA menyimpan daftar tautan berdasarkan peta ke lembaga lingkungan negara dan program limbah berbahaya di seluruh negara.
Pembuangan Limbah MedPro menyediakan solusi pengangkutan, transportasi, perawatan, dan pembuangan yang berbiaya rendah dan sepenuhnya sesuai untuk limbah medis, farmasi, dan benda tajam yang diatur. Mereka juga menawarkan layanan kontainer benda tajam dan pelatihan kepatuhan untuk kebutuhan keselamatan.
WHO Menyediakan Manual Halaman 308 Gratis tentang pengelolaan limbah layanan kesehatan yang aman, termasuk info umum seperti definisi dan klasifikasi untuk meminimalkan, digunakan kembali, pengumpulan, penyimpanan, dan banyak lagi.
Dokumen EPA ini adalah sumber yang bagus untuk alat dan gagasan pembuangan benda tajam. Ini mencakup fakta-fakta yang tajam, bahaya, opsi pembuangan, dan tautan ke beberapa program negara bagian dan lokal.
Kalkulator Penghematan Limbah ini menunjukkan seberapa banyak praktik yang dapat dihemat dengan menggunakan layanan pembuangan limbah khusus seperti Pembuangan Limbah MedPro, dapat diprediksi baik dalam harga maupun layanan berkualitas tinggi.
Kesimpulan
Limbah medis diklasifikasikan sebagai produk sampingan yang mungkin terkontaminasi dari penelitian medis, perawatan, atau kegiatan kesehatan lainnya. Itu bisa datang dari kantor dokter, dokter gigi, klinik hewan, laboratorium penelitian, atau rumah duka.
Panduan di atas menjelaskan definisi, jenis, sejarah, dan bahaya limbah layanan kesehatan, termasuk cara pembuangannya, praktik terbaik, peralatan, sumber daya, dan badan pengatur.
Punya komentar atau pertanyaan? Beri kami teriakan melalui formulir komentar di bawah ini! Mencari untuk menangani kebutuhan pembuangan limbah medis Anda? Lihat kalkulator penghematan Pembuangan Limbah MedPro di sini untuk melihat seberapa banyak Anda bisa menghemat. MedPro memberikan layanan yang andal dengan harga yang andal untuk mencakup semua kebutuhan pelatihan kepatuhan dan kepatuhan Anda.

Disadur dari :
https://www.medprodisposal.com/what-is-medical-waste-medical-waste-defin... (Apa Itu Sampah Medis? Definisi Limbah Medis, Jenis, Contoh, Dan Lebih Banyak)
Kamis, 16 januari 2020
Apa itu Sampah Medis? DEFINISI LIMBAH MEDIS, JENIS, CONTOH, DAN LEBIH BANYAK

Penulis: 
Erlen Gustinah,SKM
Sumber: 
K3 RSJD

Artikel

11/02/2020 | Erlen Gustiana,SKM
11/02/2020 | Novariani,S.Si.Apt
11/02/2020 | Erlen Gustinah,SKM
05/02/2020 | Novariani,S.Si.Apt
05/02/2020 | Novariani,S.Si.Apt
30/06/2016 | Wieke Erina Ariestya, S.Kep.Ners
02/02/2017 | Muhammad Isnaini.S.Kep
14/11/2015 | Sri Ayu Indayani, S. Farm., Apt
04/04/2016 | Sri Chandra Dewi, SKM (Perekam Medis)

ArtikelPer Kategori