REHABILITASI PSIKOSOSIAL PADA PASIEN SKIZOFRENIA; KETERAMPILAN MENYULAM

Kecacatan timbul pada pasien skizofrenia sebagai akibat dari proses penyakit maupun efek samping dari proses pengobatan. Kecacatan yang dimaksud di sini adalah keterbatasan individu dalam melaksanakan suatu aktivitas seperti layaknya orang normal, misalnya ketidakmampuan individu dalam berhias/berdandan, atau membersihkan diri. Kecacatan dapat juga dimanifestasikan dengan ketidakmampuan individu dalam berfungsi secara sosial di masyarakat, seperti belanja,  menggunakan transportasi umum, atau mengikuti kegiatan-kegiatan sosial di masyarakat. Penurunan kemampuan yang terberat adalah kemampuan finansial. Untuk itu pasien skizofrenia perlu dibekali dengan terapi modalitas agar mampu mandiri dan berdikari, terutama dalam masalah finansial.

Ada berbagai macam terapi modalitas, sesuai dengan kondisi dan kemampuan pasien. Tujuan dari terapi modalitas adalah sembuh/remisi/gejala terkendali, fungsi yang tersisa bisa diselamatkan/ tidak cacat permanen. Mandiri/berdaya, dapat menjalani kehidupan sehari-hari tanpa membebani orang lain. Mampu menikmati dan merasakan kepuasan dari kehidupannya sehari-hari. Meningkatnya penerimaan diri, kepercayaan diri, harga diri/martabat, perasaan mampu mengendalikan hidupnya sendiri, spiritualitas, dll. Mengalami peningkatan dalam kualitas hidupnya secara keseluruhan. Untuk itu pasien perlu dibekali keterampilan yang mampu memenuhi kebutuhan finansial agar tujuan dapat tercapai.

Penurunan kondisi pasien skizofrenia membuat pasien terbatas secara kognitif dan memerlukan keterampilan yang lebih menonjolkan kemampuan vokasional. Salah satu jenis terapi modalitas yang dapat dilakukan adalah menyulam. Menyulam adalah suatu teknik untuk membuat hiasan yang dibuat di atas kain atau bahan-bahan lain dengan jarum jahit dan benang. Selain benang, hiasan untuk sulaman dapat menggunakan bahan-bahan seperti potongan logam, mutiara, manik-manik, bulu burung dan payet. Ada beberapa jenis sulaman. Sulaman yang sering dilakukan adalah sulaman benang. Sulaman benang adalah jenis seni menghias kain dengan menggunakan bahan utama benang yang dilakukan secara dekoratif menggunakan berbagai macam teknik tusukan sehingga membentuk suatu pola atau desain yang diinginkan. Sulam benang adalah jenis sulaman yang sering dilakukan sebagai terapi untuk terapi pasien dengan skizofrenia, karena tingkat kesulitannya rendah dan murah. Jenis selanjutnya adalah sulaman dengan menggunakan pita. Tingkat kesulitannya lebuh tinggi karena menimbulkan efek tiga dimensi. Perlu skrining dan pelatihan lebih lanjut pada pasien skizofrenia agar mampu sampai tahap ini.

Kendala-kendala yang dihadapi saat melakukan terapi menyulam pada pasien skizofrenia antara lain pasien memiliki kekakuan pada otot sehingga menyulitkan motorik halusnya untuk melakukan sulaman. Untuk mengatasinya, perlu dilakukan prosedur senam sederhana untuk mengurai kekakuan otot. Selain itu juga perlu melakukan terapi dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan kondisi pasien. Kendala selanjutnya adalah adanya resiko dengan penggunaan alat-alat yang tajam. Perlu memastikan kondisi pasien dalam kondisi tenang dan mampu mengontrol halusinasi dan wahamnya.

Kendala klasik yang terjadi adalah pasien dengan skizofrenia kesulitan dalam hal manajemen produksi dan pemasaran. Pasien skizofrenia mungkin mampu untuk membuat sulaman, akan tetapi kesulitan dalam memperoleh bahan baku, perhitungan biaya produksi sampai proses pemasaran. Perlu pembekalan yang menyeluruh proses dari hulu yaitu tentang bahan baku, biaya produksi, sampai hilir yaitu pemasaran dan branding.

Pemberian terapi menyulam merupakan salah satu jenis terapi modalitas yang memiliki tujuan agar pasien dengan skizofrenia mampu mandiri. Kendala-kendala yang dihadapi merupakan hal yang perlu dipecahkan bersama , baik oleh pasien yang harus selalu proaktif, pemberi pelayanan kesehatan yang berkewajiban memberikan terapi, masyarakat sebagai stake holder dan juga sasaran pemasaran, baik juga oleh pemerintah yang memberikan kebijakan dan kemudahan dalam akses produksi sampai pemasaran. Diharapkan proses ini terintegrasi sehingga pasien dengan skizofrenia tercapai kesejahteraan yang diharapkan.

DAFTAR PUSTAKA

Hikmah, Nur. 2014.Pemberdayaan keterampilan menyulam bagi penyandang tunarungu di sekolah luar biasa SLB B-C Sumber Budi Jakarta Selatan. Program Studi Kesejahteraan Sosial Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negei Syarif Hidayatullah; Jakarta.

Diakses di http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/26371/1/NUR%20HIKMAH-FDK.pdf pada tanggal 28 September 2017 jam 11.00

Pangesti, Mutia . 2016. Konseling Behavior dan Pelatihan Keterampilan Sosial untuk Meningkatkan Interaksi Sosial pada Pasien Skizofrenia. S E M I N A R A S E A N 2nd PSYCHOLOGY & HUMANITY © Psychology Forum UMM, 19 – 20 Februari 2016.

Diakses di http://mpsi.umm.ac.id/files/file/291-%20296%20mutia%20pangesti.pdf pada tanggal 28 September 2017 jam 11.15

Widyaningsih, Linda. 2014. Pengembangan Modul Pembuatan Sulaman Aplikasi Pada Mata Pelajaran Membuat Hiasan Di SMK Ma’arif 2 Piyungan. Program Studi Pendidikan Teknik Busana Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta; Yogyakarta.

 Diakses di http://eprints.uny.ac.id/29976/1/Linda%20Widyaningsih-09513241011.pdf pada tanggal 28 September 2017 jam 10.00

Penulis: 
Resi,SKM
Sumber: 
Humas RSJ Babel

Artikel

13/12/2017 | Gita Riskika, S.Farm, APT
13/12/2017 | Gita Riskika, S.Farm, APT
13/12/2017 | Gita Riskika, S.Farm, APT
13/12/2017 | Jun Winasto, S.Kep
30/06/2016 | Wieke Erina Ariestya, S.Kep.Ners
4,893 kali dilihat
30/05/2016 | Sri Chandra Dewi, SKM
815 kali dilihat
04/04/2016 | Sri Chandra Dewi, SKM (Perekam Medis)
781 kali dilihat
03/12/2015 | dr. H Heru Effendi, Sp.KJ
451 kali dilihat
14/11/2015 | Sri Ayu Indayani, S. Farm., Apt
438 kali dilihat

ArtikelPer Kategori