PENYEBAB PLAK DAN CARA MENGATASINYA

Plak merupakan lapisan tipis pada gigi yang mengandung kumpulan bakteri melekat pada permukaan gigi akan terbentuk di dalam mulut bercampur dengan gula yang ada dalam makanan sehingga membentuk asam. Plak akan terlihat satu sampai dua hari apabila pembersihan pada permukaan tersebut tidak dilakukan. Penyebab terbentuknya plak gigi di dalam rongga mulut dibentuk pertama kali oleh komponen saliva dan karbohidrat dari sisa-sisa makanan,kemudian dilanjutkan dengan proses yang berurutan.Plak terjadi dalam tiga tahap yaitu pembentukan pelikel,kolonisasi bakteri dan maturasi plak. Plak terbentuk ketika pelikel,sisa makanan dan bakteri bergabung. Tahap pertama proses pembentukan plak gigi adalah melekatnya pelikel pada email gigi. Pelikel merupakan lapisan tipis protein saliva yang melekat pada permukaan gigi hanya dalam beberapa menit setelah dibersihkan. Pelikel melindungi email dari aktivitas asam dan sebagai perekat dua sisi, sisi yang satu melekat pada permukaan gigi dan menyediakan permukaan lengket pada sisi yang lainnya yang memudahkan bakteri menempel pada gigi. Ketika plakgigi,kekuningan atau transparan,menumpuk dan termineralisasi, karang gigi terbentuk.Ketika karang gigi sudah terlanjur terbentuk, Anda tidak bias menghilangkannya hanya dengan menyikat gigi. Dampak yang ditimbulkan dari plak yang menjadi karang gigi yaitu penyakit jaringan periodontal seperti gingivitis (radang gusi) atau periodontitis (radang gusi berlanjut),dalam keadaan yang parah, gigi dapat goyang dan tanggal. Plak gigi pasti akan terbentuk di semua gigi manusia.

Jika tidak ingin terkena konsekuensi dari membiarkan plak menumpuk di gigi, lakukan langkah-langkah berikut ini untuk membersihkan plak gigi.

  1. Rutin sikat gigi dengan cara yang benar Sikat gigilah setidaknya dua kali sehari,yaitu saat sehabis sarapan dan sebelum tidur. Jika memungkinkan,menyikat gigi setiap sehabis makan lebih dianjurkan. Jangan lupa untuk menyikat gigi dengan cara yang benar, yaitu dari arah gusi kegigi. Gunakan sikat gigi berbulu lembut, agar gusi tidak tergores saat menggosok gigi. Ganti juga sikat gigi setiap tiga sampai empat bulan sekali, atau saat bulu sikat sudah mulai terlihat rusak.
  2. Gunakan benang gigi atau dental floss Area di sela - sela gigi suli terjangkau oleh sikat gigi.Padahal, sama seperti permukaan gigi lainnya,plak gigi dan bakteri juga dapat menumpuk di area tersebut. Untuk membersihkan sela – sela gigi,gunakanlah benang gigi atau dental floss yang bias Anda beli di apotek maupun supermarket. Cara menggunakannya pun mudah. Anda cukup menegangkan benang dengan diikatkan di kedua jari telunjuk, lalu masukkan secara perlahan kesela – sela gigi. Setelah itu, sapukan secara perlahan benang gigi dari arah gusi kegigi. Jangan menyapukan benang gigi terlalu keras karena akan membuat gusi Anda berdarah. Saat ini, juga sudah terdapat benang gigi yang disertai pegangan, sehingga Anda bias dengan lebih mudah menggunakannya.
  3. Obat kumur juga berguna untuk singkirkan plak gigi Berkumur dengan obat kumur anti bakteri juga bias membantu menghilangkan plak gigi. Pilih obat kumur tanpa alkohol. Sebab bagi beberapa orang, alcohol bias mengiritasi jaringan di rongga mulut dan menyebabkan rasa perih saat berkumur.
  4. Batasi mengonsumsi makanan yang lengket dan manis Mengonsumsi makanan yang manis dan lengket bias membuat bakteri - bakteri yang ada di plak “berpesta” memproduksi asam penyebab gigi berlubang. Perbanyak konsumsi sayur dan buah, untuk meningkatkan produksi air liur, yang dapat bertindak sebagai pembersih alami di rongga mulut.
  5. Periksakan gigi kedokter gigi setidaknya
  6. bulan sekali Memeriksakan gigi secara rutin kedokter gigi merupakan langkah pencegahan sekaligus perawatan yang baik untuk jangka panjang. Dalam setiap pemeriksaan, dokter bias menyarankan Anda untuk menjalani pembersihan karang gigi, plak, maupun perawatan pencegahan seperti pemberian sealant atau zat pelapis untuk mencegah gigi berlubang.

Sumber :

  1. Pantow CB, Warouw SM, Gunawan PN. Pengaruh Penyuluhan Cara Menyikat Gigi Terhadap Indeks Plak Gigi Pada Siswa SD.
  2. Jurnal e-Gigi; 2014 Nina Hertiwi Putri,2019.
  3. Mengenal apa itu plak gigi dan cara merawatnya 
  4. Picture :https://www.plak+gigi+kartun&gs
Penulis: 
Maleni,AMKG
Sumber: 
Perawat Gigi

Artikel

ArtikelPer Kategori