PENTINGNYA MINUM AIR PUTIH SAAT BEKERJA

Tanpa kita sadari bekerja dapat membuat lelah dan mengalami dehidrasi.Untuk mengatasinya kita harus minum air putih sebanyak mungkin.Air putih dapat secara efektif melawan sejumlah hawa negatif,khusunya bagi kita yang bekerja dikantor.Pada dasarnya air putih dianjurkan untuk dikonsumsi sebanyak 2 liter dalam satu hari.Minum bukan saja perlu tapi wajib.Dimana tubuh kita sebagian besar mengandung cairan.Dengan mengkonsumsi air putih dapat memberikan manfaat seperti meningkatkan kemampuan berfikir kita ketika sedang sibuk bekerja.
Adapun manfaat minum air putih yaitu :
• Mencegah Dehidrasi
Tubuh sangat membutuhkan cairan agar dapat memproses yang terjadi dalam tubuh, seperti membuang sisa-sisa metabolisme dalam tubuh. Pada saat melakukan aktivitas maka cairan yang ada dalam tubuh membantu untuk mengatur temperatur tubuh dan air juga berfungsi sebagai sumber mineral bagi tubuh.
• Menjaga Kesegaran kulit
Penggunaan pendingin ruangan didalam ruangan yang terlalu lama dapat membuat kulit jadi kering.Tapi dengan meminum air putih dapat membuat kulit kita tidak kering atau berkerut.
• Mencegah Penyakit
Minum air putih dapat menjaga kadar air dalam tubuh sehingga tubuh tidak mengalami gangguan fungsi pencernaan dan penyerapan makanan, serta dapat membantu fungsi ginjal agar terhindar dari infeksi saluran kemih dan batu ginjal.
• Membantu proses Metabolisme
Cairan di dalam tubuh manusia sangat membantu untuk melakukan proses metabolisme tubuh. Proses pembuangan sisa-sisa makanan dalam tubuh membutuhkan bantuan dari cairan yang ada di dalam tubuh. Sehingga hasil dari metabolisme tersebut akan dikeluarkan dalam bentuk keringat, buang air kecil, dan buang air besar
• Meningkatkan Konsentrasi
Air putih juga dapat membantu tubuh untuk mengembalikan keseimbangan diakibatkan kurangnya cairan dalam tubuh.Sebaiknya sediakan air putih diatas meja pada saat kita bekerja agar kita dapat mengkonsumsi air putih untuk mencegah dari dehidrasi.Jika dehidrasi dapat teratasi dan cairan dalam tubuh kita kembali seimbang, ini dapat mengembalikan daya konsentrasi terhadap pekerjaan.
Tidak ada perbedaan antara orang yang bekerja kantoran dengan yang bukan pekerja kantoran dalam kebutuhan air minum. Hanya saja kita yang bekerja di dalam ruangan sejuktubuh kita tidak banyak mengeluarkan cairan dibandingkan dengan orang yang bekerja di luar ruangan.
Didalam ruangan yang sejukakan menambah tinggi penarikan cairan.Ruangan sejuk tidak meningkatkan rasa haus. Rasa haus di ruangan yg dingin akankurang peka untuk memberikan tanda ketika tubuh mulai kekurangan cairan. Padahal pekerja kantoran kebanyakan pada umumnya kegiatan fisik lebih sedikit selama bekerja.
Oleh karena itu orang yang bekerja di kantoran kurang peka terhadap timbulnya rasa haus, sehingga sering tidak bergerak untuk minum.Dengan kondisi ruangan yang sejuk, kurang bergerak, nyaris tidak berkeringat sehingga menekan rasa hausnya.Jika hanya mengandalkan munculnya rasa haus, bisa jadi minum hariannya tidak terpenuhi.
Bila kekurangan cairan dalam tubuh maka kerja ginjal lebih berat, karena harus terus menahan beban lebih banyak cairan agar tidak terbuang menjadi kencing. Dan bila sampai kekurangan melebihi kemampuan ginjal, tubuh akan terancam mengalami dehidrasi. Dehidrasi ringan sering terjadi pada orang yang bekerja kantoran akibat malas minum.

DaftarPustaka :
www.cekaja.com,www.sahabatnestle.co.idwww.health.detik.com,www.kompasian...

Penulis: 
Erlen Gustiana,SKM
Sumber: 
Humas RSJD

Artikel

27/05/2020 | Nova
27/05/2020 | Boifrida Butar-Butar, S.Kep,Ners
18/05/2020 | Ramses Tobing,SKM
18/05/2020 | Ridho Handari Dwansi, S.Kep, Ners
30/06/2016 | Wieke Erina Ariestya, S.Kep.Ners
02/02/2017 | Muhammad Isnaini.S.Kep
14/11/2015 | Sri Ayu Indayani, S. Farm., Apt
16/03/2017 | Boifrida,S.Kep,Ns

ArtikelPer Kategori