BABY BLUES SYNDROME CIRI DAN CARA MENGATASINYA

Sekitar 80 persen wanita yang baru melahirkan mengalami baby blues. Walau gejalanya kadang terlihat sepele, baby blues bisa berdampak negative bagi ibu maupun bayi dan harus segera ditangani. Baby blues merupakan gangguan suasana hati yang dialami oleh ibu setelah melahirkan. Kondisi ini menyebabkan ibu mudah sedih, lelah, lekas marah, menangis tanpa alasan yang jelas, mudah gelisah, dan sulit untuk berkonsentrasi. Dilansir dari American Pregnancy Association, baby blues biasanya terjadi 2-3 hari setelah ibu melahirkan dan dapat bertahan hingga 2 minggu. Namun jika perasaan sedih yang ibu alami bertahan hingga lebih dari dua minggu, ada baiknya segera berkonsultasi. Bisa jadi baby blues yang ibu alami akan mengarah pada depresi pasca melahirkan atau postpartum depression yang lebih berat. S

elain perasaan sedih hingga emosi yang tidak menentu, berikut berbagai ciri baby blues:

1. Menangis tanpa alasan yang jelas Tanda baby blues yang pasti sering ibu alami adalah menangis. Pasti selalu ada alasan jelas mengapa menangis.Tapi saat mengalami baby blues, dapat mengeluarkan air mata tiba-tiba tanpa disertai alasan.

2. Lebih mudah tersinggung dan cepat marah Ada saja perkataan atau perbuatan orang lain yang dapat membuat tersinggung dan marah. Pada hal mungkin maksud orang tersebut baik dan bukan bermaksud menyinggung perasaan. Bisa juga merasa kesal dan marah terhadap sikecil yang rewel atau sebab lainnya.

3. Tidak sabaran Salah satu ciri baby blues adalah bisa berubah menjadi tidak penyabar.

4. Cepat merasa lelah, tak bertenaga, dan konsentrasi menurun Ketika baru melahirkan tenaga memang akan banyak terkuras mengasuh bayi. Ditambah jam tidur tidak menentu! Kelelahan luar biasa juga bisa menjadi tanda baby blues.

5. Merasa cemas berlebihan Rasa cemas sebenarnya tidak masalah. Tapi jika merasa khawatir atau cemas yang berlebihan terhadap sesuatu sebaiknya hati-hati karena bisa jadi itu adalah pertanda sindromini.

6. Hipersensitif terhadap kritik Ada saja kritikan ketika jadi ibu baru. Sebaiknya tidak perlu ditanggapi yang tidak penting. Tapi ketika merasa sensitive terhadap kritikan tersebut, emosi pun bisa meletup-letup yang akhirnya bemuara pada sindrom baby blues.

7. Tidak nafsu makan Setelah melahirkan biasanya akan mempunyai nafsu makan yang lebih dari biasanya, apalagi sambil memberi ASI. Namun ketika merasa tidak bergairah dan tidak nafsu makan, bisa jadi itu adalah pertanda umum baby blues. Cara Mengatasi Syndrome Baby Blues Salah satu kunci untuk menghilangkan baby blues adalah tubuh yang fit.

Ibu yang habis melahirkan mungkin masih kelelahan setelah melewati proses melahirkan yang panjang dan menegangkan. Perlu juga menambah vitalitas dengan cara mengasup makanan dan minuman bergizi. Ikutlah menghangatkan tubuh bersama dengan sikecil yang perlu dijemur, sambil sekaligus menghirup udara segar. Kerjasama dengan orang lain juga amat sangat dibutuhkan, janganlah menjadi supermom di saat-saat ini. Minta bantuan dari orang lain (asisten rumah tangga) untuk mengurus makanan dan kerapihan rumah, sehingga tak membuat ibu lebih lelah. Peran suami juga sangat penting dalam mengatasi syndrome baby blues. Bantulah isteri anda, dan Tanya keperluan apa yang diminta olehnya. Pada dasarnya, setiap perempuan ingin jika suaminya lebih peka tanpa diminta bantuan terlebih dahulu. Oleh karena itu, cobalah untuk bersikap sigap dan lebih perhatian terhadap isteri selama isteri dalam masa pemulihan setelah kehamilan. Baby blues terjadi dalam beberapa minggu pertama setelah melahirkan. Itu adalah waktu dimana keluarga harus ada di sekitar untuk membantu ibu baru dan membuat mereka mendapatkan sebanyak mungkin istirahat, Jika memang merasakan tanda-tanda baby blues, ada baiknya tidak menyimpannya seorang diri. Saatnya berbagi dengan suami dan keluarga atau sahabat.

Daftar Pustaka :

Murtiningsi, Afin: 2012, Mengenal Baby Blues dan pencegahannya Jakarta : Dunia Sehat

 

Penulis: 
Ridho Handari Dwansi, S.Kep, Ners
Sumber: 
Perawat RSJD

Artikel

27/05/2020 | Nova
27/05/2020 | Boifrida Butar-Butar, S.Kep,Ners
18/05/2020 | Ramses Tobing,SKM
18/05/2020 | Ridho Handari Dwansi, S.Kep, Ners
30/06/2016 | Wieke Erina Ariestya, S.Kep.Ners
02/02/2017 | Muhammad Isnaini.S.Kep
14/11/2015 | Sri Ayu Indayani, S. Farm., Apt
16/03/2017 | Boifrida,S.Kep,Ns

ArtikelPer Kategori